PERANAN PENDIDIKAN PANCASILA BAGI MASYARAKAT DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER DAN MORAL BERBANGSA DAN BERNEGARA

Maya Jannah, Kusno Kusno

Abstract


Abstrak — Pendidikan Pancasila seyogyanya tidak hanya dipelajari di dunia pendidikan baik itu SD, SMP, SMA maupun Perguruan Tinggi, akan tetapi sudah semestinya Pendidikan Pancasila Wajib untuk di Pelajari bagi masyarakat yang tinggal dan menetap di wilayah Negara Republik Indonesia. Begitu banyak manfaat yang akan timbul dari kita mempelajari dan memahami nilai-ilai yang terkandung dari Butir-butir Pancasila. Pancasila sebagai Ideologi hidup Bangsa Indonesia merupakan cerminan dari Karakter Jiwa Masyarakat Indonesia yang mengajarkan nilai-nilai luhur budaya bangsa ini. Jenis penelitian menggunakan Penelitian Deskriptif dengan pendekatan Kualitatif, yaitu penelitian yang dilakukan dengan menggambarkan atau menjelaskan tentang peranan Pendidikan Pancasila bagi masyarakat dalam berbangsa dan bernegara. penelitian ini dilakukan dengan cara menelaah berbagai karakter yang ada pada masyarakat serta moral yang berlaku pada masyarakat pada saat ini serta berbagai komponen yang berkaitan dengan masalah yang sedang diteliti. Hasil Penelitian bahwa peranan pendidikan Pancasila memiliki peranan yang sangat besar bagi pembentukan Keperibadian masyarakat yang berkarakter dan mempunyai Moralitas yang menjunjung tinggi persatuan dan kesatuan dalam hidup berbangsa dan bernegara.


Full Text:

XML

References


DAFTAR PUSTAKA

Budimansyah, D. (2011). Aktualisasi nilai-nilai Pancasila dalam membangun karakter warga negara. Bandung: Widya Aksara Press.

Goleman, D. 2001,Kecerdasan Emosional(terjemahanHermayaT), Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Kansil, C.S.T, dan Christine S.T. Kansil, 1971, Pancasila dan UUD 1945 Pendidikan Pancasila Di Perguruan Tinggi, Jakarta:PradnyaParamita.

Kaelan. (2002). Filsafat Pancasila: Pandangan hidup bangsa Indonesia. Yogyakarta: Paradigma.

Kirschenbaum, Howard. 2000.â€From Va-lues Clarification to Character Educa-tion: A Personal Journey.†The Journal of Humanistic Counseling, Education and Development. Vol. 39, No. 1, September, pp. 4-20

Salikun & Lukman Surya, 2014,Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, jakarta: Pusat Kurikulum dan Penerbitan, Balitbang, Kemendikbud.

Suyatno. 2009. Urgensi Pendidikan Karakter. Jakarta: Depdiknas

https://piuskarel.wordpress.com/2017/01/22/artikel-pendidikan-pancasila/ diakses tanggal 24-03-2020 , pukul 14.56

https://id.wikipedia.org/wiki/Pancasila diakses tanggal 24-03-2020, pukul 15.34

https://tipsserbaserbi.blogspot.com/2016/09/dasar-dan-tujuan-pendidikan-pancasila-di-perguruan-tinggi.htmldiakses tanggal 24-03-2020, pukul 16.25




DOI: https://doi.org/10.36987/civitas.v1i1.1667

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Publisher:
LPPM Universitas Labuhanbatu

Editorial Address:
Jln.S.M. Raja No.126 A Aek Tapa Rantauprapat, Kab. Labuhanbatu Sumatera Utara, Indonesia



This work is licensed under a Attribution-NonCommercial 4.0 International (CC BY-NC 4.0)