UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN MATEMATIKAMATERI PECAHAN DAN PERBANDINGAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE TALKING STICK DI KELAS V SDN 118168 SEI TAWAR TAHUN 2016

Ishak ishak

Abstract


Dalam proses belajar mengajar permasalahan sering muncul pada dari diri siswa maupun dari guru. Permasalahan sering muncul adalah dalam penggunaan metode yang tidak sesuai pada saat pembelajaran berlangsung, sehingga siswa mudah merasa bosan pada saat proses belajar mengajar. Pelaksanaan perbaikan pembelajaran yang dilakukan peneliti pada siklus I dan II mengalami peningkatan. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan daya serap siswa yang mencapai ketuntasan belajar minimal, pada pra siklus hanya 23,81% atau 5 siswa dari 21 orang siswa. Pada pelaksanaan perbaikan pembelajaran siklus I siswa yang mencapai ketuntasan minimal meningkat menjadi 57,14% atau 12 siswa dari 21 siswa. Kemudian pada perbaikan pembelajaran siklus II jumlah siswa yang mencapai ketuntasan minimal meningkat menjadi 85,71% atau 18 dari 21 siswa. Berdasarkan analisis data yang telah dilakukan peneliti dalam penelitian ini, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa penggunaan metode talking stick pada mata pelajaran matematika dapat meningkatkan hasil belajar siswa.



DOI: https://doi.org/10.36987/jes.v3i2.792

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Ishak ishak

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Lisensi Creative Commons
Jurnal Eduscience (JES) by LPPM Universitas Labuhanbatu is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License (CC BY - NC - SA 4.0)