IMPLEMENTASI METODE EXTREME PROGRAMMING UNTUK MERANCANG SISTEM INFORMASI PENDAFTARAN SISWA BARU BERBASIS WEB PADA SMK MULTIMEDIA MANDIRI JAKARTA

Yusnia Budiarti, Risyanto Risyanto

Abstract


Dikembangkannya sistem penerimaan siswa baru secara online di sekolah-sekolah diharapkan akan membuat pelaksanaan penerimaan siswa baru menjadi lebih transparan, efektif, dan efisien. Sistem ini akan menjadikan proses pendataan dan administrasi lebih mudah, cepat, efisien, baik dalam hal waktu, tempat, biaya, maupun tenaga. Tak ketinggalan juga, dengan sistem ini para peserta dan orang tua peserta tidak perlu bersusah payah mendatangi sekolah untuk sekedar melihat
pengumuman atau informasi yang berkaitan dengan pelaksanaan penerimaan siswa baru. SMK Multimedia Mandiri adalah sekolah swasta yang saat ini masih menggunakan sistem pendaftaran siswa baru secara manual, dimana calon siswa harus datang langsung ke sekolah untuk mendaftarkan diri serta banyak terjadi masalah seperti tidak terbacanya tulisan tangan calon siswa baru yang menyebabkan kesalahan data siswa serta hilangnya dokumen-dokumen penting pendaftaran siswa di
sekolah karna tidak didokumentasikan dengan baik. penulis meneliti sistem pendaftaran siswa baru yang sedang berjalan di SMK Multimedia Mandiri dan mengajukan sistem pendaftaran siswa baru berbasis web yang diharapkan dapat menjadi solusi dari masalah-masalah tersebut. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode extreme programming untuk merancang sistemnya.


Kata Kunci: Perancangan Sistem, Pendaftaran Siswa Baru, Metode Extreme Programming


Full Text:

PDF

References


Eviani, S., Rizki, S. D., & Pratiwi, M. (2016). Sistem Informasi Penerimaan Siswa Baru Berbasis Web Pada Smpn 34 Kabupaten Tebo. Jurnal Teknologi, 6(1 ISSN : 2301- 4474), 13–19.

Fatoni, A., & Dwi, D. (2016). Rancang Bangun Sistem Extreme Programming Sebagai Metodologi Pengembangan Sistem. Prosisko, 3(1), 1–4. Retrieved from http://ejurnal.lppmunsera.org/index.php/PROSISKO/article/view/116

Mulyani. (2016). Metode Analisis dan Perancangan Sistem.

Putri, L. D. (2014). Perancangan Sistem Informasi Penerimaan Siswa Baru Pada

Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 3 Pacitan. Indonesian Journal on Networking and Security, 3(4 ISSN : 2302-5700), 2–5.

Sukamto, R. A., & Shalahudin, M. (2013). Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur dan Berorientasi Objek. Bandung: Informatika.

Supriyatna, A. (2018). Metode Extreme Programming Pada Pembangunan Web Aplikasi Seleksi Peserta Pelatihan Kerja. Jurnal Teknik Informatika, 11(1), 1–18. https://doi.org/10.15408/jti.v11i1.6628




DOI: https://doi.org/10.36987/informatika.v8i1.1402

Hasil gambar untuk committee on publication ethics logo

Jurnal ini mengikuti pedoman dari Committee on Publication Ethics (COPE)dalam menghadapi semua aspek etika publikasi dan, khususnya, bagaimana menangani kasus penelitian dan kesalahan publikasi. Pernyataan ini menjelaskan etika perilaku semua pihak yang terlibat dalam proses penerbitan artikel di jurnal ini, termasuk Penulis, Pemimpin Redaksi, Dewan Redaksi, Mitra Bebestari, dan Penerbit (Akademi Kepolisian Republik Indonesia). INFORMATIKA berkomitmen untuk mengikuti praktik terbaik tentang masalah etika, kesalahan, dan pencabutan. Pencegahan malpraktek publikasi merupakan salah satu tanggung jawab penting dewan redaksi. Segala jenis perilaku tidak etis tidak dapat diterima, dan jurnal tidak mentolerir plagiarisme dalam bentuk apa pun.

 

INFORMATIKA
Journal URL: https://jurnal.ulb.ac.id/index.php/informatika
Journal DOI: 10.36987/informatika
P-ISSN: 2303-2863
E-ISSN: 2615-1855

Alamat Redaksi :
Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas Labuhanbatu
Gedung Fakultas Sains dan Teknologi,
Jalan Sisingamangaraja No.126 A KM 3.5 Aek Tapa, Bakaran Batu, Rantau Sel., Kabupaten Labuhan Batu, Sumatera Utara 21418