TEKNOLOGI MEDIA PEMBELAJARAN PENGENALAN SEJARAH ISLAM DI INDONESIA BERBASIS ANDROID

Ali Akbar Ritonga, Masrizal Masrizal, Ibnu Rasyid Munthe

Abstract


Teknologi Mobile merupakan sebuah teknologi yang banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia sebagai alat komunikasi untuk saling terhubung, baik dibidang Bisnis dan juga sebagai media pembelajaran.Teknologi mobile berbeda dengan personal computer atau perangkat komputer perbedaan  yang  mencolok    ada  pada  ukuran  dan  kemampuan dalam mendapatkan informasi. Dalam proses belajar mengajar baik sekolah-sekolah dan diperguruan tinggi berbasis pendidikan islam seperti pesantren,MAN, MTS, Kampus IAIN dan juga sekolah umum membutuhkan teknologi mobile yang memuat isi sejarah-sejarah islam di Indonesia. Melalui aplikasi ini pembejalaran sejarah islam mulai dari sabang hingga merauke mulai darimasuknya sampai penyebaran islam diindonesia akan lebih memudahkan para guru, santri siswa bahkan mahasiswa mengenal perjalanan islam itu sendiri. Dengan memanfaatkan teknologi, audio, animasi, video, dan text digabung dalam sebuah aplikasi yang semua pengguna smartphone dapat melihat dan belajar tentang sejarah islam di Indonesia.


Keywords


sejarah,Android,TeknologiMobile

Full Text:

PDF

References


J. I. Sinaga, M. Mesran, and E. Buulo, “Aplikasi Mobile Pencarian Kata Pada Arti Ayat Al-Qur ’ an Berbasis Android Menggunakan ...,†J. INFOTEK, vol. II, no. Juni 2016, pp. 68–72, 2016.

I. F. M. Rachmat, .“Melalui aplikasi tersebut diharapkan bisa membantu permasalahan akibat kurangnya pengetahuan dalam pembagian harta warisan. Perancangan aplikasi ini menggunakan metode berorientasi objek yaitu,†vol. 5, no. 2, 2017.

N. M. Astiti, “Analisa dan perancangan aplikasi pembelajaran matematika berbasis android,†Konf. Nas. Sist. dan Inform. 2015, vol. 9, no. 10, pp. 982–991, 2015.

R. Novita and S. Z. Harahap, “PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF PADA MATA PELAJARAN SISTEM KOMPUTER DI SMK,†JURNAL INFORMATIKA, vol. 8, no. 1, pp. 36–44, Jan. 2020.

A. Nastuti and S. Z. Harahap, “TEKNIK DATA MINING UNTUK PENENTUAN PAKET HEMAT SEMBAKO DAN KEBUTUHAN HARIAN DENGAN MENGGUNAKAN ALGORITMA FP-GROWTH (STUDI KASUS DI ULFAMART LUBUK ALUNG),†JURNAL INFORMATIKA, vol. 7, no. 3, pp. 111–119, Sep. 2019.

Samsir and S. Z. Harahap, “APPLICATION DESIGN RESUME MEDICAL BY USING MICROSOFT VISUAL BASIC. NET 2010 AT THE HEALTH CENTER APPOINTMENTS,†International Journal Of Science, Technology & Management, vol. 1, no. 1, pp. 14–20, Jun. 2020.

S. Z. Harahap and Samsir, “APPLICATION DESIGN THE DATA COLLECTION FEATURES OF THE HOTEL SHADES OF RANTAUPRAPAT USING VBNET,†International Journal Of Science, Technology & Management, vol. 1, no. 1, pp. 1–6, Jun. 2020.

M. Nasution, S. Pohan, and S. Z. Harahap, “Implementasi Obrim (Option-Based Risk Management) Sebagai Framework Investasi Teknologi Informasi Perguruan Tinggi (Studi Kasus: Amik Labuhan Batu),†JURNAL INFORMATIKA, vol. 8, no. 1, pp. 26–35, Jan. 2020.

S. Z. Harahap and M. H. Dar, “APLIKASI DAN PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PEMESANAN PADA UPI CONVENTION CENTER DENGAN MENGGUNAKAN BAHASA PEMROGRAMAN PHP DAN MYSQL,†JURNAL INFORMATIKA, vol. 6, no. 3, pp. 24–27, Sep. 2019.

M. H. Dar and S. Z. Harahap, “IMPLEMENTASI SNORT INTRUSION DETECTION SYSTEM (IDS) PADA SISTEM JARINGAN KOMPUTER,†JURNAL INFORMATIKA, vol. 6, no. 3, pp. 14–23, Sep. 2017.

S. Samsir, D. Indra, G. Hts, and S. Z. Harahap, “SPK Untuk Pemilihan Kepala Sekolah Menggunakan Metode Saw dan Profile Matching,†U-NET J. Tek. Inform., vol. 4, no. 1, pp. 7–12, 2020.

P. Iwan, S. Z. Harahap, and A. A. Ritonga, “RANCANG BANGUN TEMPAT SAMPAH OTOMATIS PADA UNIVERSITAS LABUHANBATU,†INFORMATIKA, vol. 8, no. 2, pp. 1–5, 2020.

M. Siddik and S. Z. Harahap, “U-NET : Jurnal Teknik Informatika LPPM – Universitas Al Washliyah Labuhanbatu 12 | P a g e U-NET : Jurnal Teknik Informatika LPPM – Universitas Al Washliyah Labuhanbatu 13 | P a g e,†U-NET J. Tek. Inform., vol. 3, no. 3, pp. 12–17, 2019.




DOI: https://doi.org/10.36987/informatika.v8i3.1821

Hasil gambar untuk committee on publication ethics logo

Jurnal ini mengikuti pedoman dari Committee on Publication Ethics (COPE)dalam menghadapi semua aspek etika publikasi dan, khususnya, bagaimana menangani kasus penelitian dan kesalahan publikasi. Pernyataan ini menjelaskan etika perilaku semua pihak yang terlibat dalam proses penerbitan artikel di jurnal ini, termasuk Penulis, Pemimpin Redaksi, Dewan Redaksi, Mitra Bebestari, dan Penerbit (Akademi Kepolisian Republik Indonesia). INFORMATIKA berkomitmen untuk mengikuti praktik terbaik tentang masalah etika, kesalahan, dan pencabutan. Pencegahan malpraktek publikasi merupakan salah satu tanggung jawab penting dewan redaksi. Segala jenis perilaku tidak etis tidak dapat diterima, dan jurnal tidak mentolerir plagiarisme dalam bentuk apa pun.

 

INFORMATIKA
Journal URL: https://jurnal.ulb.ac.id/index.php/informatika
Journal DOI: 10.36987/informatika
P-ISSN: 2303-2863
E-ISSN: 2615-1855

Alamat Redaksi :
Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas Labuhanbatu
Gedung Fakultas Sains dan Teknologi,
Jalan Sisingamangaraja No.126 A KM 3.5 Aek Tapa, Bakaran Batu, Rantau Sel., Kabupaten Labuhan Batu, Sumatera Utara 21418