PELAKSANAAN PELAJARAN SAINS BIOLOGI DAN PENGARUHNYA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA DI SMA SWASTA MUHAMMADIYAH 09 KUALUH HULU LABUHANBATU UTARA

Risma Delima Harahap

Abstract


Penelitian ini untuk mengetahui pelaksanaan sains biologi di SMA Swasta Muhammadiyah 09 Kualuh Hulu Labuhanbatu Utara, dampak positif bagi siswa yang telah mempelajari sains biologi. Mengetahui bagaimana pengaruh pelajaran sains biologi terhadap prestasi belajar. Dan bagaimana pengaruh antara pelajaran sains biologi dengan pelajaran lainnya. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMA Swasta Muhammadiyah 09 Kualuh Hulu Labuhanbatu Utara dan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik Random Sampling yang berjumlah 75 siswa. instrumen yang digunakan yaitu dengan observasi, wawancara, studi dokumentasi, studi kepustakaan dan angket. Hasil analisa data berdasarkan hasil wawancara dan observasi di SMA Swasta Muhammadiyah 09 Kualuh Hulu Labuhanbatu Utara, bahwa pelaksanaan pelajaran sains biologi terhadap prestasi belajar siswa khususnya pada anak-anak/siswa SMA Swasta Muhammadiyah 09 Kualuh Hulu Labuhanbatu Utara tersebut mampu meningkatkan prestasi bukan saja dibidang sains akan tetapi yang lain. Hasil angket menunjukkan bahwa kondisi pengetahuan belajar sains biologi dikalangan siswa sebanyak 16,0% tergolong tinggi, 66,7% tergolong sedang dan 17,3% tergolong rendah. Pelaksanaan pelajaran sains biologi mempunyai pengaruh yang tinggi (kuat) terhadap peningkatan kualitas atau prestasi belajar siswa SMA Swasta Muhammadiyah 09 Kualuh Hulu Labuhanbatu Utara diketahui dari hasil korelasi kontingensi 9,603 pada analisa data.



DOI: https://doi.org/10.36987/jpbn.v3i2.1124

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Risma Delima Harahap

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 






Jurnal Pembelajaran dan Biologi Nukleus by LPPM Universitas Labuhanbatu is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License (CC BY - NC - SA 4.0)