Pengaruh Strategi Pembelajaran Preview Question Read Reflect Recite Review (PQ4R) Terhadap Hasil Belajar Pada Materi Pokok Sistem Ekskresi Di Kelas XI SMA Negeri 1 Bilah Hulu Kabupaten Labuhanbatu

Halimah Sakdiah Boru Gultom, Nurhakima Ritonga, Novi Fitriandika Sari

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan Strategi Pembelajaran Preview Question Read Reflect Recite Review (PQ4R) terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok sistem ekskresi. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 1 Bilah Hulu Kabupaten Labuhan Batu. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan desain pretest–posttest control group design. Sampel penelitian ini berjumlah 30 siswa kelas XI IPA1 sebagai kelas eksperimen dan 30 siswa kelas XI IPA2 sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes hasil belajar berupa tes objektif pilihan ganda yang telah diuji keabsahannya. Pengujian statistik dari kedua kelas tersebut menggunakan uji-t, diperoleh hasil t hitung sebesar 4,958 dan t tabel 2,045. Hal ini menunjukkan bahwa thit > ttab(4,958 > 2,045) sehingga H0ditolak pada taraf signifikan α = 0.05. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh strategi PQ4R terhadap hasil belajar siswa pada konsep sistem ekskresi

Full Text:

PDF

References


Dimyati., Mudjiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Rineka Cipta: Jakarta.

Djamarah, S.B., Zein A. 2010. StrategiBelajarMengajar. Rineka Cipta: Jakarta.

Puspitasari, R.P. 2003. Strategi Belajar. Materi Pelatihan Terintegrasi Berbasis Kompetensi Guru Mata Pelajaran Biologi. Direktorat Pendidikan Lanjutan Pertama. Ditjen Dikdasmen. Depdiknas: Jakarta.

Surapranata, S. 2009. Analisis, Validitas, Reabilitas dan Interprestasi Hasil Tes: Implementasi Kurikulum 2004. Remaja Rosdakarya: Bandung.

Sudjana. 2002. Metoda Statistika.Tarsito: Bandung.

Trianto. 2007. Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta: Katalog Dalam Terbitan.




DOI: https://doi.org/10.36987/jpbn.v5i2.1333

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Halimah Sakdiah Boru Gultom, Nurhakima Ritonga, Novi Fitriandika Sari

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Lisensi Creative Commons

Jurnal Pembelajaran dan Biologi Nukleus by LPPM Universitas Labuhanbatu is under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License (CC BY - NC - SA 4.0)