PENGARUH PENDEKATAN PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMEMPUAN BERPIKIR KRITIS DI MTs NEGERI RANTAUPRAPAT

Maharani Gultom, Dini Hariyati Adam

Abstract


Hasil belajar yang kurang maksimal menunjukkan kemampuan berpikir kritis siswa yang kurang maksimal pula. Salah satu model pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa adalah problem based learning. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model problem based learning terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi biologi. Tekhnik pengambilan sampel denngan cara purposive sample. Sampel yang digunakan adalah kelas VIII-H sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII-I sebagai kelas kontrol. Penelitian quasi eksperimental ini menggunakan Pretest-posttest control design. Variabel yang diukur adalah kemampuan berpikir kritis siswa yang diperoleh dari skor pretest dan postest dengan uji-t. Berdasarkan hasil penelitian, rata-rata skor kemampuan berpikir kritis kelas eksperimen adalah 66,67 sedangkan kontrol adalah 60. Hasil uji-t menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara pembelajaran biologi model Problem Based Learning terhadap kemampuan berpikir kritis siswa di MTs Negeri 1 Rantauprapat. Simpulan dari penelitian ini adalah model problem based learning berpengaruh meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada pembelajaran biologi.

References


Akinoglu O & RO Tandogan. 2007. The Effect Of Problem Based Learning In Science Education On Students Academic Achievement, Attitude And Concept Learning: Eurasia Journal Of Mathematics, Science & Technology Educational, 3 (1), 71-78.

Ejin, S. 2016 Pengaruh Model Problem Based Learning (Pbl) Terhadap Pemahaman Konsep Dan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas IV SDN Jambu Hilir Baluti 2 Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam. Jurnal Pendidikan 1 (1) : 65 - 71

Farisi, A., Hamid, Abdul., Melvina. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Konsep Suhu Dan Kalor. Jurnal Ilmiah Mahasiswa (JIM) Pendidikan Fisika: Vol 2 (3): 283-287.

Kurniahtunnisa., Dewi, N K., Utami, N R. 2016. Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Materi Sistem Ekskresi. Journal Of Biology Education: 5 (3) : 310-318

Kusumaningtias, A., Zubaidah, S., Indriwati, S E., 2013. Pengaruh Problem Based Learning Dipadu Strategi Numbered Heads Together Terhadap Kemampuan Metakognitif, Berpikir Kritis, dan Kognitif Biologi. Jurnal Penelitian Kependidikan: 1.

Lien PC. 2009. Learning from problem-based learning in a web-based environment: a systematic review. Reflection on PBL, 2(9): 12-17.

Riyanto, Y. 2001. Metodologi Penelitian Pendidikan. Surabaya: SIC.

Sari DD. 2012. Penerapan model Problem Based Learning (PBL) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik pada pembelajaran IPA kelas VIII SMP N 5 Sleman. Skripsi. Yogyakarta: FMIPA UNY.

Sarnapi. 2016. Pikiran Rakyat: Peringkat Pendidikan Indonesia Masih Rendah. www.pikiran-rakyat.com. Diakses 7 September 2018.




DOI: https://doi.org/10.36987/jpbn.v4i2.1595

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 1970 Maharani Gultom, Dini Hariyati Adam

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Lisensi Creative Commons

Jurnal Pembelajaran dan Biologi Nukleus by LPPM Universitas Labuhanbatu is under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License (CC BY - NC - SA 4.0)