PENGARUH PENINGKATAN MEDIA VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS VII SMP NEGERI 1 MARBAU

Lili Rohanita

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah Penggunaan Media Visual dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika di Kelas VII SMP Negeri 1 Marbau. Masalah dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui Penggunaan Media Visual dapat  meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika serta untuk mengetahui Pengaruh peningkatan Media Visual terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika di Kelas VII SMP Negeri 1 Marbau. Jenis penelitian ini adalah penelitian Eksperimen dengan menggunakan 2 Kelas yang terdiri dari Kelompok eksperimen adalah kelas VII1 sebanyak 30 orang, sedang kelompok kontrolnya adalah kelas VII2 sebanyak 30 orang. Dari hasil penghitungan diperoleh thitung (th) sebesar 2,565. Setelah dikonsultasikan dengan ttabel pada taraf signifikansi 5% dan db 58 sebesar 1,69 ternyata thitung lebih besar dari ttabel ( 2,565 > 1,69b ). Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran dengan menggunakan Media Visual pada mata pelajaran matematika dikatakan hasil belajar menjadi meningkat karena terbukti dari tes dan observasi. Maka dapat disimpulkan bahwa media visual dapat meningkatan hasil belajar matematika. Meskipun kedua kelompok mengalami peningkatan rerata nilai, tetapi rerata nilai kelompok eksperimen lebih tinggi dibandingkan rerata nilai kelompok kontrol. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pemberian perlakuan


Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 2008. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan (Edisi Revisi). Jakarta: Bumi Aksara.

Arsyad, Azhar. 2008. Media pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers, 2010.

Gagne, dalam Dimyanti dan Mudjiono, 2006, Belajar dan Pembelajaran, Jakarta: Rineka Cipta.

Karso. 2007. Pendidikan matematika 1. Jakarta: Universitas terbuka, 2009

Marfu‟ah, Siti. 2014. “Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Menengah Atas Negeri I Pagak Malangâ€. Skripsi. Malang : Fakultas Pendidikan, Universitas Negeri Malang.

Mukhoyyaroh, Anisa.2013. “Penggunaan Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Tentang Peristiwa Proklamasi Pada Siswa kelas V C Mata Pelajaran IPS Di SDI Wahid Hasyim Selokajang Kabupaten Blitarâ€. Skripsi. Malang: Fakultas Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Malang.

Purwadarminta W.J.S. 2008. Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: PN. Balai Pustaka, 1983.

Rohani, Ahmad. 2008. Pengelolaan Pengajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Sarjono. 2000. Perkembangan Peserta Didik. Bojonegoro: Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan Persatuan Guru Republik Indonesia. Sinaga, Muaraputra. 2013. “Pemanfaatan Program Power Point dalam Pembelajaran Sejarahâ€. Forum Penelitian, I (1):33-47.

Slameto, 2010, Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi, Jakarta: Rineka Cipta.

Sudjana, Nana. 2007. Penilaian Hasil Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Sugiyono. 2009. Statistika Untuk Penelitian. Bandung: CV Alvabeta.

Suryabrata, Sumadi, 2010. Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada.

Yusuf. 2006. Motivasi Dalam Belajar. Jakarta. P2LPTK




DOI: https://doi.org/10.36987/jpms.v2i1.1288

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


https://resiprokal.unram.ac.id/pages/idnslot/https://ijeeemi.poltekkesdepkes-sby.ac.id/pages/pulsayuk/https://psdkukediri.polinema.ac.id/jte/mthailand/

JURNAL PEMBELAJARAN DAN MATEMATIKA SIGMA (JPMS)


Indexed by:

     

 




















JPMS (JURNAL PEMBELAJARAN DAN MATEMATIKA SIGMA) oleh Universitas Labuhanbatu disebarluaskan dibawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.