Pengaruh Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Komunikasi dan Self Efficacy Matematis Siswa

Ernawati Ernawati

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui ada pengaruh pembelajaran problem based learning terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa di kelas X Smk Swasta Az – Zahra Sonomartani, 2 ) untuk mengetahui ada pengaruh kepercayaan diri siswa setelah mengikuti pembelajaran problem based learning. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dan tempat penulis mengadakan penelitian adalah SMK Swasta Az – Zahra Sonomartani dikelas X Akuntansi tahun pembelajaran 2019/2020. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas X yang berjumlah 89 siswa. Sampel dalam penelitian ini kelas X Akuntasi sebanyak 33 orang sebagai kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data diperoleh dengan cara tes dan nontes, tes berupa uraian dan nontes berupa angket , teknik analisis data yang digunakan adalah, uji normalitas, uji homogenitas, uji hipotesis atau uji t. Berdasarkan hasil tes yang diberikan rata-rata nilai pretest siswa adalah 18.85 dan standar deviasi 4.512 dan  rata-rata nilai posttest siswa adalah 27.57 dan standar deviasi 5.321 hal ini menunjukkan bahwa kemampuan komunikasi siswa berpengaruh setelah diberikan perlakuan ( pembelajaran problem based learning). Hasil nontes  yang diberikan rata-rata nilai pretest siswa adalah 27.45 dan standar deviasi 6.860 dan  rata-rata nilai posttest siswa adalah 46.39 dan standar deviasi 7.318 hal ini menunjukkan bahwa kemampuan self efficacay  siswa berpengaruh setelah diberikan perlakuan ( pembelajaran problem based learning) Berdasarkan pengujian hipotesis pertama menggunakan uji t dengan teknik indenfendent samples t-test ditunjukkan bahwa kelas eksperimen pada taraf signifikan α = 0.05 dalam kasus ini nilai sig 0.000 > 0.005 sehingga dalam hal ini H0 ditolak Ha diterima berarti ada pengaruh pembelajaran  problem based learning terhadap kemampuan komunikasi  matematika siswa. Hipotesis kedua menggunakan uji t dengan teknik indenfendent samples t-test ditunjukkan bahwa kelas eksperimen pada taraf signifikan α = 0.05 dalam kasus ini nilai sig 0.000 > 0.005 sehingga dalam hal ini H0 ditolak Ha diterima berarti ada pengaruh pembelajaran  problem based learning terhadap kemampuan self efficacy  matematika siswa. Berdasarkan hasil penelitian bahwa semakin sering guru menggunakan pembelajaran problem based learning dalam pembelajaran Matematika, maka kemampuan komunikasi dan self efficacy siswa akan semakin meningkat.


Full Text:

PDF

References


Ansari, B. I. 2012. Komunikasi Matematik dan Politik. Banda Aceh: Yayasan Pena.

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Bandura, A.(2001) . Self-efficacy The Exercise of Control. New York: W. H. Freeman.

Erik, D.G., & Anette, K. (2003).Characteristics of problem-based learning.International Journal Engng Ed, 19(5), h 657-662.

Gege, Maria, 2019 pengaruh model pembelajaran problem based learninf terhadap berpikit refleksi dan self efficacy pada Siswa Kelas VIII Semester Ganjil SMP Negeri 8Bandar Lampung. Skripsi ,Universitas Lampung.

Huda, Miftahul. 2013. Model – model pembelajaran dan pengajaran. Pustaka pelajar: Yogyakarta.

Hamdani, dan kadarisman , 2019 . self efficacy dan kemampuan komunikasi siswa smp. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika) Volume 3, No. 1, Maret 2019 DOI: http://dx.doi.org/10.33603/jnpm.v3i1.2033.

Hamzah, B Uno dan Nurdin, Muhamad. 2012. Belajar dengan pendekatan PAILKEM. Jakarta : PT Bumi Aksara.

Hendriana, H., Rohaeti, E. E., & Hidayat, W. (2017).Metaphorical Thinking Learning and Junior High School Teachers' Mathematical Questioning Ability. Journal on Mathematics Education, 8(1), 55-64.

Irmayanti, I. (2019). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN AUDITORY INTELLECTUALLY REPETITION (AIR) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA DAN SELF EFFICACY SISWA. AXIOM: Jurnal Pendidikan dan Matematika, 8(2).

Maddux, J. E. (2016). Self-efficacy.In Interpersonal and Intrapersonal Expectancies (pp. 55-60). Routledge.

Mukaromah (2018). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematika Dan Self Confidence Siswa (Studi pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Sendang Agung Semester Genap Tahun Pelajaran 2017/2018). Skripsi ,Universitas Lampung.

Nurhadi. 2004. Pengantar Problem Based Learning, Edisi Kedua. Yogyakarta : Medika, Fakultas Kedokteran UGM.

Supriadi, etc.Developing High Order Mathematical Thinking Competency On High School Student Through Geogebra-Assisted Blended Learning.Journal Mathematical Theory and Modeling, Volume 4 Nomor6, Oktober 2014.

Suprihatiningrum, J. 2013. Strategi Pembelajaran: Teori & Aplikasi, (Yogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Walle, John A. Van. 2008. Matematika Sekolah Dasar dan Menengah Pengembangan Pengajaran. Jakarta: Erlangga.

Yanti, Hirda (2017). Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) Terhadap Kemampuan Komunikasi Dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa SMP LUBUK LINGGA. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia Vol. 2 No. 2 Tahun 2017.

Yanti, fitri (2016).pengaruh model problem based learning terhadap kemampuan komunikasi dan self confidence siswa kelas VII SMP N 20 Bandar Lampung. Jurnal pendidikan matematika universitas Lampung.

Yanti, Indri (2018). pengaruh model problem based learning terhadap kemampuan komunikasi lisan dan hasil belajar kognitif siswa SMA N 15 Bandar Lampung. Jurnal pendidikan matematika universitas Lampung.

Widiyanto (2013).Pengaruh Self-Efficacy Dan Motivasi Berprestasi Siswa Terhadap Kemandirian Belajar Mata Pelajaran K3 (Keselamatan Dan Kesehatan Kerja) Di Smk N 2 Depok. Skripsi Universitas Negeri Yogyakarta.




DOI: https://doi.org/10.36987/jpms.v6i2.1851

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


https://resiprokal.unram.ac.id/pages/idnslot/https://ijeeemi.poltekkesdepkes-sby.ac.id/pages/pulsayuk/https://psdkukediri.polinema.ac.id/jte/mthailand/

JURNAL PEMBELAJARAN DAN MATEMATIKA SIGMA (JPMS)


Indexed by:

     

 




















JPMS (JURNAL PEMBELAJARAN DAN MATEMATIKA SIGMA) oleh Universitas Labuhanbatu disebarluaskan dibawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.