Pengembangan Media Visual Gerak Untuk Meningkatkan Keterampilan Bercerita Siswa Tema 8 Subtema 3 Kelas IV SDN 091355 Urung Panei

Ruth Imelda Pakpahan, Erlinda Simanungkalit, Risma Sitohang, Robenhart Tamba, Faisal Faisal

Abstract


The aim of this research is to prove the effectiveness of visual motion learning media products in Class IV Indonesian language learning at SDN 091355 Urung Panei. The type of research used in this research is research and development (R&D) with a 4D model. This research and development was carried out at SDN 091355 Urung Panei which is located in Purba District, Simalungun Regency, North Sumatra. The subjects of this research and development were 26 class IV students at SD 091355 Urung Panei. The object of this research is the development of motion visual media in Indonesian language learning. The results of the research show that visual motion learning media is successful in improving student learning outcomes and increasing students' interest inlearning, and educational videos with animation are positive enough to be used in learning and meet the criteria "Very effective". In cycle I, student learning outcomes were obtained with an average of 43,53 with a percentage level of completeness of student learning outcomes of 0% and in cycle II, student learning outcomes were obtained with an average of 86,67 with a percentage level of completeness of student learning outcomes of 100%. This has increased from Cycle I to Cycle II by 100%. The results of the research above prove that using visual motion media can improve student learning outcomes in thematic learning theme 8 subtheme 3 class IV SDN 091355 Urung Panei.


Full Text:

PDF

References


Amri (2013). Strategi & Desain Pengembangan Sistem Pembelajaran. Jakarta: Presentasi Pustaka Karya

Annisa, dkk. (2017) Pengembangan Media Gambar Berbasis Potensi Lokal Pada Pembelajaran Materi Keanekaragaman Hayati di Kelas X SMA 1 PITU

Arsyad. (2013). Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pres

Asyhar Rahandar. (2018). Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran. Jakarta: Referensi Jakarta

Education, 2(1), 137-145.

Eviani. (2012). Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan dan Pemanfaatannya. Jakarta: Rajawali Pers

Faisal. Martha L, Stelly. (2018). Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Medan: CV. Harapan Cerdas

Islam Lukman Hakim Pakisaji Malang. Skripsi. Malang: Universitas Negeri Islam Maulana Malik Ibrahim Malang.

Kusumaningtyas. (2014). Pengembangan Media Pembelajaran Audio Visual Pada Materi Berbicara Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas II Sekolah Dasar

Mahnum, N. (2012). Media Pembelajaran (Kajian terhadap Langkah-langkah Pemilihan Media dan Implementasinya dalam Pembelajaran). Jurnal Pemikiran Islam, 37(1), 27-33.

Media Audio Visual (Video) Pada Anak Usia Dini Di Desa Gerbang Sari, Kecamatan Tapung Hilir Kabupaten Kampar. Jurnal On Teacher

Muklis, M. (2012). Pembelajaran Tematik. Fenomena, 4(1), 63-76 Mulyatiningsih. 2016. Pengembangan Model Pembelajaran. Jurnal Academia Edu.1-8.

Munasik. 2014. Kemampuan Guru Sekolah Dasar Dalam Menerapkan Pembelajaran Temati Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan, 15(2), 105113.

Murfiah, U. (2017). Pembelajaran Terpadu. Bandung: Reika Aditama.

Pakpahan, A. (2017). Penerapan Metode Demonstrasi Dengan Menggunakan Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Pemahaman Mengenai Sistem Tata Surya Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 8 Tebing Tinggi. Jurnal Unimed, 7(1), 46-55.

Priansa, D. (2017). Pengembangan Strategi & Model Pembelajaran. Bandung: CV Pustaka Setia 42

Purwono, (2014). Penggunaan Media Audio-Visual Pada Mata Pelajaran Imu Pengetahuan Alam di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Pacitan, Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran, 2(2), 127-144.

Rezeki, S. (2018). Pemanfaatan Adobe Flash CS6 Berbasis Problem Based Pada Materi Fungsi Komposisi dan Fungsi Invers. Jurnal Perulidikan Tambusai, 2(2), 856-864.

RIASE KAB SIDRAP. Jurnal Pendidikan Dasar Islam. 4(2): 14-28

Rusman: (2015). Pembelajaran Tematik Terpadu Jakarta: Rajawali Press.

Sahara (2020) Upaya Meningkatkan Hafalan Bacaan dan Gerakan Shalat Dengan

Salim & Haidir. 2019. Penelitian Pendidikan: Metode, Pendekatan, dan Jenis. Jakarta: Kencana.

Sanjaya (2008). Perencanaan dan Desain Pembelajaran Jakarta: Prenada media Group.

Setyosari, P. (2015). Metode Penelitian Pendidikan Dan Pengembangan Edisi keempat. Jakarta: Kencana.

Subekti, S. (2019), Pengembangan Media Pembelajaran Audio Visual Menyusun Teks Cerita Pendek Berbasix Adobe Flash Untuk Peserta Didik SMP diakses dari http://lib.unnes.ac.id.

Sudjana, N. (2010) Media Pengajaran (Penggunaan dan Pembuatannya). Bandung: Sinar Baru Algensindo

Sugiyono (2016). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Sugiyono. (2017). Metode penelitian dan pengembangan research and development. Bandung: CV wawancara prima.

Sukmadinata. (2012) Metode Penelitian Pendidikan Bandung: Remaja Rosdakary

Utari, A. (2016). Pembelajaran Tematik Berbasis Kearifan Lokal di Sekolah Dasar Delam Menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN. Jurnal Teori dan Praksi Pembelajaran IPS1 (1), 39-44.

Widyaningrum, R. (2012). Model Pembelajaran Tematik di MI/SD, Jurnal Cendekia 10(1), 119-170.

Yaumi. (2018). Media & Teknologi Pembelajaran. Jakarta: Prenada media Group.




DOI: https://doi.org/10.36987/jcoins.v4i4.5128

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Hasil gambar untuk committee on publication ethics logo
 

Jurnal ini mengikuti pedoman dari Committee on Publication Ethics (COPE) dalam menghadapi semua aspek etika publikasi dan, khususnya, bagaimana menangani kasus penelitian dan kesalahan publikasi. Pernyataan ini menjelaskan etika perilaku semua pihak yang terlibat dalam proses penerbitan artikel di jurnal ini, termasuk Penulis, Pemimpin Redaksi, Dewan Redaksi, Mitra Bebestari, dan Penerbit (Akademi Kepolisian Republik Indonesia). Journal of Computer Science and Information System(JCoInS) berkomitmen untuk mengikuti praktik terbaik tentang masalah etika, kesalahan, dan pencabutan. Pencegahan malpraktek publikasi merupakan salah satu tanggung jawab penting dewan redaksi. Segala jenis perilaku tidak etis tidak dapat diterima, dan jurnal tidak mentolerir plagiarisme dalam bentuk apa pun.

 

Journal of Computer Science and Information System(JCoInS)
Journal URL: https://jurnal.ulb.ac.id/index.php/JCoInS/index
Journal DOI: 10.36987/jcoins
E-ISSN: 2747-2221

Alamat Redaksi :
Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas Labuhanbatu
Gedung Fakultas Sains dan Teknologi,
Jalan Sisingamangaraja No.126 A KM 3.5 Aek Tapa, Bakaran Batu, Rantau Sel., Kabupaten Labuhan Batu, Sumatera Utara 21418