Analisis Sistem Antrian Pada Umkm Kedai Beansnomo Coffe Dalam Upaya Peningkatan Efesiensi Pelayanan

Nike Marianti, Anggi Erviyanti, Cindi Pratiwi, Khoirunisa Dasopang, Irmayanti Ritonga

Abstract


The aim of the research is to analyze the Queuing System at the UMKM  BEANSNOMO COFFE Shop in an effort to increase service efficiency. This research method conducted direct interviews with the owner and used non-probability sample determination. The research results obtained were that the Beansnomo Coffee Shop uses an unlimited population arrival system, with queuing discipline referring to the First-In, First-Out discipline rules. (FIFO) is the most common queue where customers who arrive first (arrive) are served first (leave). With professional treatment, service efficiency can be increased. Based on the results of the respondent table, it can be seen that men are more interested in coffee lovers than women, both young and old. This research can still be developed, so it is recommended for future researchers to use other methods for comparison.


Full Text:

PDF

References


Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana, Bali, Indonesia email: amaradyah17@gmail.com E-Jurnal Manajemen, Vol. 11, No. 2, 2022 : 318-337 DOI: https://doi.org/10.24843/EJMUNUD.2022.v11.i02.p06

Gross, D., et al. (2008). Fundamentals of Queueing theory Fourth Edition. Hoboken: John Willey & Sons

Hanafiah. (2019).Analisis Sistem Antrian Guna Meningkatkan Efisiensi Pelayanan Register Pada Puskesmas Mekarwangi Bogor. Fakultas Ekonomi. Universitas Pakuan Bogor.

Hardiansyah. (2011).Kualitas Pelayanan Publik Konsep, Dimensi, Indikator dan Implikasinya.Yogyakarta: Gava Media.

Manajemen Universitas Udayana, 7(3), 1481–1509. https://doi.org/10.24843/EJMUNUD.2018.v7.i03.p13

Musyiroh.(2021). Analisis Sistem Antrian pada UMKM KEDAI KOPI DAONG - BOGOR dalam upaya Peningkatan Efisiensi Pelayanan. Fakultas Ekonomi dan Bisnis.Universitas Pakuan.

Sofjan, A. (2012). Manajemen Pemasaran (dalam konsep dan strategi). Jakarta: Rajawali Grafindo.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Bisnis (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi dan R&D). Alfabeta.

Titahena, D. A., Syukur, A., & Utomo, D. (2012). Analisis Pengaruh Orientasi Pasar, Inovasi dan Orientasi Kewirausahaan terhadap Kinerja Pemasaran dengan Intervening Keunggulan Bersaing (Studi Kasus Industri Menengah dan Besar Mebel dan Furniture di Kota Semarang). Jurnal Manajemen Universitas Dian Nuswantoro.




DOI: https://doi.org/10.36987/jcoins.v5i1.5431

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Hasil gambar untuk committee on publication ethics logo
 

Jurnal ini mengikuti pedoman dari Committee on Publication Ethics (COPE) dalam menghadapi semua aspek etika publikasi dan, khususnya, bagaimana menangani kasus penelitian dan kesalahan publikasi. Pernyataan ini menjelaskan etika perilaku semua pihak yang terlibat dalam proses penerbitan artikel di jurnal ini, termasuk Penulis, Pemimpin Redaksi, Dewan Redaksi, Mitra Bebestari, dan Penerbit (Akademi Kepolisian Republik Indonesia). Journal of Computer Science and Information System(JCoInS) berkomitmen untuk mengikuti praktik terbaik tentang masalah etika, kesalahan, dan pencabutan. Pencegahan malpraktek publikasi merupakan salah satu tanggung jawab penting dewan redaksi. Segala jenis perilaku tidak etis tidak dapat diterima, dan jurnal tidak mentolerir plagiarisme dalam bentuk apa pun.

 

Journal of Computer Science and Information System(JCoInS)
Journal URL: https://jurnal.ulb.ac.id/index.php/JCoInS/index
Journal DOI: 10.36987/jcoins
E-ISSN: 2747-2221

Alamat Redaksi :
Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas Labuhanbatu
Gedung Fakultas Sains dan Teknologi,
Jalan Sisingamangaraja No.126 A KM 3.5 Aek Tapa, Bakaran Batu, Rantau Sel., Kabupaten Labuhan Batu, Sumatera Utara 21418