Pengaruh Labelisasi Halal Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Minat Beli Produk Kosmetik Wardah Pada Pengguna Tiktok

Afifah Nur Rohmah, Ryan Bianda, M. Misbakul Munir

Abstract


This study aims to determine whether the influence of halal labeling has a positive and significant effect on purchasing decisions through buying interest in wardah cosmetic products on Tiktok. This study uses descriptive quantitative research, the population in this study are wardah cosmetic users who are also tiktok users. The sampling technique used non-probabilty sampling with a sample size of 200 respondents. The results of this study indicate that labeling has a proven positive and significant effect on purchasing decisions, buying interest has a positive and significant effect on purchasing decisions, and halal labeling can directly influence purchasing decisions so that the results of this test indicate a positive and significant amount of influence of halal labeling on purchasing decisions through buying interest.


Full Text:

PDF

References


Asal Muasal Tikto Yang Kini Mendunia. (2020). berita hari ini. https://kumparan.com/berita-hari-ini/ini-asal-muasal-tiktok-yang-kini-mendunia-1ss18QadAEN/1

Asni. (2017). Pengaruh Labelisasi Halal dan Perilaku Tabarruj Terhadap Minat Beli Kosmetik (Studi Mahasiswi STIM Nitro Makassar). Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, 123. http://repositori.uin-alauddin.ac.id/8117/2/ASNI.pdf

Burhanuddin. (2011). Pemikiran Hukum Perlidungan Konsumen dan Sertifikasi Halal. Universitas Islam Maulanan Malik Ibrahim Maliki Pres. Malang.

Departemen, A. R. (2003). Petunjuk Teknis Pedoman Syestem Produksi Halal. (Bagian Proyek Sarana dan Prasarana Produk Halal Direktorat Jendral Bimbingan Masyarakat Islam dan Penyelenggaraan Haji).

Edi Wibowo, D., & Diah Madusari, B. (2018). Pengaruh Labelisasi Halal Terhadap Keputusan Pembelian Oleh Konsumen Muslim Terhadap Produk Makanan di Kota Pekalongan. Indonesia Journal of Halal, 1(1), 73. https://doi.org/10.14710/halal.v1i1.3400

El-Farobie, F., Muharir, M., & Setiawan, B. (2021). Pengaruh Labelisasi Halal Produk Skincare Terhadap Keputusan Pembeli (Studi Kasus Di Klinik Elsha Kota Palembang). Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Syariah (JIMESHA), 1(2), 115–124.

Fidyah, N. (2017). Efektivitas Iklan Produk Kosmetik Wardah melalui Media Sosial

Instagram (Studi Pada follower @wardahbeauty pada media sosial instagram). 1–

http://eprints.upnyk.ac.id/14233/

Ghozali, I. (2011). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Badan Penerbit

UNDIP.

Hutama, A. S. (2021). PENGARUH SELEBRITI ENDORSE DAN BRAND IMAGE TERHADAP

MINAT BELI PRODUK WARDAH (Studi Kasus Pada Mahasiswa FEB Unisma). 6.

Izzuddin, A. (2018). Pengaruh Label Halal, Kesadaran Halal Dan Bahan Makanan Terhadap Minat Beli Makanan Kuliner. Jurnal Penelitian Ipteks, 3(2), 100–114.

Kamilah, G. (2017). Pengaruh Labelisasi Halal Dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Minat Beli. 6.

Lia, A., Ibdalsyah, I., & Hakiem, H. (2021). Pengaruh Persepsi Konsumen, Labelisasi Halal

dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Produk Herbal Skincare SR12. El-

Mal: Jurnal Kajian Ekonomi & Bisnis Islam, 5(2), 263–273. https://doi.org/10.47467/elmal.v5i2.788

Linda, H. (2022). Industri Kecantikan Tahan Krisis, Laris Manis Meski Pandemi. CNBC

Indonesia. https://www.cnbcindonesia.com/lifestyle/20221104104902-33- 385138/industri-kecantikan-tahan-krisis-laris-manis-meski-pandemi

Mushaf.id. (2017). website Al Qur’an Digital Online Terjemahan Bahasa Indonesia. https://www.mushaf.id

Qardawi, Y. (2007). Halal dan Haram dalam Islam. Era Intermedia.

Rahman, R. (2018). Pengaruh Labelisasi Halal dan Citra Merek terhadap Keputusan Pembelian Produk Ponds White Beauty di Kecamatan Tamalate Kota Makassar. In Jurnal Bisnis dan Manajemen. http://repositori.uin-alauddin.ac.id/11796/

Rozalinda. (2016). Ekonomi Islam (Teori dan Aplikasinya pada Aktivitas Ekonomi). Jakarta Rajawali Pers.

Sari, S. P. (2020). Hubungan Minat Beli Dengan Keputusan Pembelian Pada Konsumen.

Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi, 8(1), 147. https://doi.org/10.30872/psikoborneo.v8i1.4870

Sugiyono, D. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Tengku Putri Lindung Bulan. (2016). Pengaruh Labelisasi Halal terhadap Keputusan

Pembelian Sosis di Kuala Simpang Kabupaten Aceh Tamiang. Jurnal Manajemen dan Keuangan Unsam, 5(1), 431–439.

Utami Puspitasari, R. H. (2019). Analisis Pengaruh Keputusan Pembelian Pada Kosmetik

Berlabel Halal. BMAJ: Business Management Analysis Journal, 2(1), 68–77. https://doi.org/10.24176/bmaj.v2i1.3212

Wardani, H. sri. (2015). Pengaruh Kualitas Produk dan Harga Terhadap Minat Beli Konsumen Muslim Pada Jaizah Boutique Tlogosari Semarang. Journal of Physics A:

Mathematical and Theoretical, 44(8), 1–37. https://doi.org/10.1088/1751- 8113/44/8/085201

Widyaningrum, P. W. (2016). Pengaruh Label Halal Dan Celebrity Endorser Terhadap Keputusan Pembelian ( Survei Pada Konsumen Wardah Di Ponorogo ).

Yanti, N. D., & Darwanto. (2021). Analisis Pengaruh Labelisasi Halal dan Digital Selling

Terhadap Minat Beli Kosmetik Halal. Ad-Deenar: Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam, 5(1), 1–21. https://doi.org/10.30868/ad.v5i01.1144

Zayyan, S., & Saino. (2021). The Effect of Using the Tik Tok Application as a Promotional

Medium and The Glow Up Trend on Interest in Buying Beauty Products. Jurnal Manajemen, 13(2), 282–291.




DOI: https://doi.org/10.36987/jcoins.v5i1.5571

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Hasil gambar untuk committee on publication ethics logo
 

Jurnal ini mengikuti pedoman dari Committee on Publication Ethics (COPE) dalam menghadapi semua aspek etika publikasi dan, khususnya, bagaimana menangani kasus penelitian dan kesalahan publikasi. Pernyataan ini menjelaskan etika perilaku semua pihak yang terlibat dalam proses penerbitan artikel di jurnal ini, termasuk Penulis, Pemimpin Redaksi, Dewan Redaksi, Mitra Bebestari, dan Penerbit (Akademi Kepolisian Republik Indonesia). Journal of Computer Science and Information System(JCoInS) berkomitmen untuk mengikuti praktik terbaik tentang masalah etika, kesalahan, dan pencabutan. Pencegahan malpraktek publikasi merupakan salah satu tanggung jawab penting dewan redaksi. Segala jenis perilaku tidak etis tidak dapat diterima, dan jurnal tidak mentolerir plagiarisme dalam bentuk apa pun.

 

Journal of Computer Science and Information System(JCoInS)
Journal URL: https://jurnal.ulb.ac.id/index.php/JCoInS/index
Journal DOI: 10.36987/jcoins
E-ISSN: 2747-2221

Alamat Redaksi :
Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas Labuhanbatu
Gedung Fakultas Sains dan Teknologi,
Jalan Sisingamangaraja No.126 A KM 3.5 Aek Tapa, Bakaran Batu, Rantau Sel., Kabupaten Labuhan Batu, Sumatera Utara 21418