Pengaruh Labelisasi Halal Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Minat Beli Produk Kosmetik Wardah Pada Pengguna Tiktok
Abstract
This study aims to determine whether the influence of halal labeling has a positive and significant effect on purchasing decisions through buying interest in wardah cosmetic products on Tiktok. This study uses descriptive quantitative research, the population in this study are wardah cosmetic users who are also tiktok users. The sampling technique used non-probabilty sampling with a sample size of 200 respondents. The results of this study indicate that labeling has a proven positive and significant effect on purchasing decisions, buying interest has a positive and significant effect on purchasing decisions, and halal labeling can directly influence purchasing decisions so that the results of this test indicate a positive and significant amount of influence of halal labeling on purchasing decisions through buying interest.
Full Text:
PDFReferences
Asal Muasal Tikto Yang Kini Mendunia. (2020). berita hari ini. https://kumparan.com/berita-hari-ini/ini-asal-muasal-tiktok-yang-kini-mendunia-1ss18QadAEN/1
Asni. (2017). Pengaruh Labelisasi Halal dan Perilaku Tabarruj Terhadap Minat Beli Kosmetik (Studi Mahasiswi STIM Nitro Makassar). Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, 123. http://repositori.uin-alauddin.ac.id/8117/2/ASNI.pdf
Burhanuddin. (2011). Pemikiran Hukum Perlidungan Konsumen dan Sertifikasi Halal. Universitas Islam Maulanan Malik Ibrahim Maliki Pres. Malang.
Departemen, A. R. (2003). Petunjuk Teknis Pedoman Syestem Produksi Halal. (Bagian Proyek Sarana dan Prasarana Produk Halal Direktorat Jendral Bimbingan Masyarakat Islam dan Penyelenggaraan Haji).
Edi Wibowo, D., & Diah Madusari, B. (2018). Pengaruh Labelisasi Halal Terhadap Keputusan Pembelian Oleh Konsumen Muslim Terhadap Produk Makanan di Kota Pekalongan. Indonesia Journal of Halal, 1(1), 73. https://doi.org/10.14710/halal.v1i1.3400
El-Farobie, F., Muharir, M., & Setiawan, B. (2021). Pengaruh Labelisasi Halal Produk Skincare Terhadap Keputusan Pembeli (Studi Kasus Di Klinik Elsha Kota Palembang). Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Syariah (JIMESHA), 1(2), 115–124.
Fidyah, N. (2017). Efektivitas Iklan Produk Kosmetik Wardah melalui Media Sosial
Instagram (Studi Pada follower @wardahbeauty pada media sosial instagram). 1–
http://eprints.upnyk.ac.id/14233/
Ghozali, I. (2011). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Badan Penerbit
UNDIP.
Hutama, A. S. (2021). PENGARUH SELEBRITI ENDORSE DAN BRAND IMAGE TERHADAP
MINAT BELI PRODUK WARDAH (Studi Kasus Pada Mahasiswa FEB Unisma). 6.
Izzuddin, A. (2018). Pengaruh Label Halal, Kesadaran Halal Dan Bahan Makanan Terhadap Minat Beli Makanan Kuliner. Jurnal Penelitian Ipteks, 3(2), 100–114.
Kamilah, G. (2017). Pengaruh Labelisasi Halal Dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Minat Beli. 6.
Lia, A., Ibdalsyah, I., & Hakiem, H. (2021). Pengaruh Persepsi Konsumen, Labelisasi Halal
dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Produk Herbal Skincare SR12. El-
Mal: Jurnal Kajian Ekonomi & Bisnis Islam, 5(2), 263–273. https://doi.org/10.47467/elmal.v5i2.788
Linda, H. (2022). Industri Kecantikan Tahan Krisis, Laris Manis Meski Pandemi. CNBC
Indonesia. https://www.cnbcindonesia.com/lifestyle/20221104104902-33- 385138/industri-kecantikan-tahan-krisis-laris-manis-meski-pandemi
Mushaf.id. (2017). website Al Qur’an Digital Online Terjemahan Bahasa Indonesia. https://www.mushaf.id
Qardawi, Y. (2007). Halal dan Haram dalam Islam. Era Intermedia.
Rahman, R. (2018). Pengaruh Labelisasi Halal dan Citra Merek terhadap Keputusan Pembelian Produk Ponds White Beauty di Kecamatan Tamalate Kota Makassar. In Jurnal Bisnis dan Manajemen. http://repositori.uin-alauddin.ac.id/11796/
Rozalinda. (2016). Ekonomi Islam (Teori dan Aplikasinya pada Aktivitas Ekonomi). Jakarta Rajawali Pers.
Sari, S. P. (2020). Hubungan Minat Beli Dengan Keputusan Pembelian Pada Konsumen.
Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi, 8(1), 147. https://doi.org/10.30872/psikoborneo.v8i1.4870
Sugiyono, D. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Tengku Putri Lindung Bulan. (2016). Pengaruh Labelisasi Halal terhadap Keputusan
Pembelian Sosis di Kuala Simpang Kabupaten Aceh Tamiang. Jurnal Manajemen dan Keuangan Unsam, 5(1), 431–439.
Utami Puspitasari, R. H. (2019). Analisis Pengaruh Keputusan Pembelian Pada Kosmetik
Berlabel Halal. BMAJ: Business Management Analysis Journal, 2(1), 68–77. https://doi.org/10.24176/bmaj.v2i1.3212
Wardani, H. sri. (2015). Pengaruh Kualitas Produk dan Harga Terhadap Minat Beli Konsumen Muslim Pada Jaizah Boutique Tlogosari Semarang. Journal of Physics A:
Mathematical and Theoretical, 44(8), 1–37. https://doi.org/10.1088/1751- 8113/44/8/085201
Widyaningrum, P. W. (2016). Pengaruh Label Halal Dan Celebrity Endorser Terhadap Keputusan Pembelian ( Survei Pada Konsumen Wardah Di Ponorogo ).
Yanti, N. D., & Darwanto. (2021). Analisis Pengaruh Labelisasi Halal dan Digital Selling
Terhadap Minat Beli Kosmetik Halal. Ad-Deenar: Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam, 5(1), 1–21. https://doi.org/10.30868/ad.v5i01.1144
Zayyan, S., & Saino. (2021). The Effect of Using the Tik Tok Application as a Promotional
Medium and The Glow Up Trend on Interest in Buying Beauty Products. Jurnal Manajemen, 13(2), 282–291.
DOI: https://doi.org/10.36987/jcoins.v5i1.5571
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal ini mengikuti pedoman dari Committee on Publication Ethics (COPE) dalam menghadapi semua aspek etika publikasi dan, khususnya, bagaimana menangani kasus penelitian dan kesalahan publikasi. Pernyataan ini menjelaskan etika perilaku semua pihak yang terlibat dalam proses penerbitan artikel di jurnal ini, termasuk Penulis, Pemimpin Redaksi, Dewan Redaksi, Mitra Bebestari, dan Penerbit (Akademi Kepolisian Republik Indonesia). Journal of Computer Science and Information System(JCoInS) berkomitmen untuk mengikuti praktik terbaik tentang masalah etika, kesalahan, dan pencabutan. Pencegahan malpraktek publikasi merupakan salah satu tanggung jawab penting dewan redaksi. Segala jenis perilaku tidak etis tidak dapat diterima, dan jurnal tidak mentolerir plagiarisme dalam bentuk apa pun.
Â
Journal of Computer Science and Information System(JCoInS)
Journal URL:Â https://jurnal.ulb.ac.id/index.php/JCoInS/index
Journal DOI:Â 10.36987/jcoins
E-ISSN:Â 2747-2221
Alamat Redaksi :
Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas Labuhanbatu
Gedung Fakultas Sains dan Teknologi,
Jalan Sisingamangaraja No.126 A KM 3.5 Aek Tapa, Bakaran Batu, Rantau Sel., Kabupaten Labuhan Batu, Sumatera Utara 21418