Analisis Kompetensi Sumber Daya Manusia Dalam Menghadapi Era Industri 4.0

Zulfadli Prawira Matondang

Abstract


In the era of globalization, the problem of human resources is a focus for both government and private organizations. Human resources is a valuable asset or property owned by an organization. In achieving this success, a strong foundation is needed such as human resources who have competencies such as hardskill or softskill. This competence also includes knowledge, skills, and attitudes that are key components in management and become strategic in improving employee performance. management and Human Resources. Management means directing and encouraging HR to work as a partner in achieving the success of the company in the present and the future. Besides that, it can be said that the definition of Human Resource Management, is a way of how to regulate the relationship and role of human resources (labor) owned by individuals who are managed by HR professionals and managers so that 5 M can be managed efficiently and effectively and can be used optimally to achieve the goal (goal). Management has a function called the management functions function to manage 6 M namely: Man, Machine, Material, Money, method and Market. Man is a human or human resources that serves to manage the other 5 M .


Full Text:

PDF

References


Bangun, Wilson, 2008, Budaya Organisasi: Dampaknya pada peningkatan daya saing perusahaan, Jurnal Manajemen Universitas Kristen Maranatha, Bandung, Vol.8, No.1 November 2008 (www.budaya organisasi-wilson bangun)

Bendriyanti, Rita Prima, 2015, Manajemen mutu layanan akademik dalam meningkatkan kompetensi lulusan di perguruan tinggi swasta di Provinsi Bengkulu, Jurnal Tarbawi, Volume No.1, Januari – Juni 2015, Universitas Dehasen Bengkulu (www.manajemenmutulayanan .gmail.com)

Dahlia, Pengaruh kompetensi SDM dalam sistem pengendalian internal terhadap kualitas penyajian laporan keuangan pada Badan Pendapatan Daerah Kabupaten Majene, Jurnal Ilmiah Akuntansi Peradaban, Volume 2 No.1 Juli 2016 (www, Pengaruh kompetensi SDM-dahlia)

Ellitan, Lena, 2002, Praktik-praktik pengelolaan Sumber Daya Manusia dan Keunggulan Kompetitif berkelanjutan, Jurnal Ekonomi Manajemen, Universitas Kristen Petra, Surabaya.

Hadian, Dedi, Yani Suharyani (2014) Pengaruh Motivasi, Komunikasi, dan Kompetensi dan efektifitas kinerja aparatur negara serta dampaknya terhadap efektifitas organisasi Badan Promosi dan Penanaman Modal Daerah Propinsi Jawa Barat , Jurnal Ekonomi, Bisnis, & Entrepreuneurship, STIE Pasundan, Bandung, Volume 8 Nomor 1 April 2014, (www.pengaruh motivasi,komunikasi,dan kompetensi-Hadian)

Hartanto (2012), Modal Insani: Konsep dan Operasionalnya, dalam: Hendrawan, Sanerya, dkk, (2012), Pengembangan Human Capital, Graha Ilmu,Yogyakarta

Hidayat, N., Hubeis, M., Sukmawati, A., & Eriyatno, E. (2020). Model Pengelolaan Sumberdaya Manusia Berbasis Kompetensi Era Industri 4.0. Jurnal Aplikasi Bisnis Dan Manajemen, 6(3), 501–513. https://doi.org/10.17358/jabm.6.3.501

Kasmir, (2016) Manajemen Sumber Daya Manusia, Rajagrafindo Persada, Jakarta

Kydd, Lesly, Megan Crawford, dkk, 1997, Proffesional Development for Educational Management Pengembangan profesional untuk manajemen pendidikan, (Terjemahan Dra. Ursula Gyari B), Penerbit Grasionda, Jakarta

Olisah, O., Hernawan, D., & Purnamasari, I. (2019). Analisis Kompetensi Sumber Daya Manusia Pada Dinas Pekerjaan Umum Dan Penataan Ruang Kota Bogor. Jurnal Governansi, 5(2), 149–156. https://doi.org/10.30997/jgs.v5i2.1745

Tanjung, M. R. (2020). Manajemen sumberdaya manusia stratejik. In UR Press Pekanbaru.




DOI: https://doi.org/10.36987/jcoins.v5i3.6009

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Hasil gambar untuk committee on publication ethics logo
 

Jurnal ini mengikuti pedoman dari Committee on Publication Ethics (COPE) dalam menghadapi semua aspek etika publikasi dan, khususnya, bagaimana menangani kasus penelitian dan kesalahan publikasi. Pernyataan ini menjelaskan etika perilaku semua pihak yang terlibat dalam proses penerbitan artikel di jurnal ini, termasuk Penulis, Pemimpin Redaksi, Dewan Redaksi, Mitra Bebestari, dan Penerbit (Akademi Kepolisian Republik Indonesia). Journal of Computer Science and Information System(JCoInS) berkomitmen untuk mengikuti praktik terbaik tentang masalah etika, kesalahan, dan pencabutan. Pencegahan malpraktek publikasi merupakan salah satu tanggung jawab penting dewan redaksi. Segala jenis perilaku tidak etis tidak dapat diterima, dan jurnal tidak mentolerir plagiarisme dalam bentuk apa pun.

 

Journal of Computer Science and Information System(JCoInS)
Journal URL: https://jurnal.ulb.ac.id/index.php/JCoInS/index
Journal DOI: 10.36987/jcoins
E-ISSN: 2747-2221

Alamat Redaksi :
Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas Labuhanbatu
Gedung Fakultas Sains dan Teknologi,
Jalan Sisingamangaraja No.126 A KM 3.5 Aek Tapa, Bakaran Batu, Rantau Sel., Kabupaten Labuhan Batu, Sumatera Utara 21418