APLIKASI E-COMMERCE PENJUALAN PAKAIAN BERBASIS ANDROID MENGGUNAKAN FIREBASE REALTIME DATABASE

Richi Andrianto, Musthafa Haris Munandar

Abstract


Jual beli online (e-commerce) merupakan salah satu bisnis yang paling mengalami perkembangan yang sangat pesat dengan menawarkan berbagai kemudahan kemudahan bagi konsumen dalam melakukan transaksi jual beli yang bisa dilakukan kapan pun, dan dimana pun. Perkembangan e-commerce di Indonesia ditandai dengan semakin banyaknya e-commerce seperti tokopedia, lazada, shopee, bukalapak, dan lainnya. Saat ini masih banyak bisnis jual beli pakaian yang masih menggunakan cara manual dalam proses jual beli yaitu data transaksi jual beli belum mengikuti proses transaksi selayaknya e-commerce yang berkembang pada saat ini seperti pembayaran dan pemilihan produk masih manual sehingga konsumen dalam melakukan transaksi tidak diberikan pelayanan yang baik oleh pihak penjual. Maka diperlukan membangun sebuah sistem aplikasi yang dapat meningkatkan pelayanan dan kemudahan dalam bertransaksi, dalam hal ini membangun aplikasi e-commerce berbasis android secara online dengan tujuan membantu dalam proses bertransaksi jual beli sehingga lebih mudah selayaknya bisnis online yang berkembang saat ini. Pengujian yang telah dilakukan aplikasi membantu dalam proses bertransaksi, data produk dimuat dalam bentuk katalog, penjualan, pembayaran, verifikasi pembayaran dan input resi dapat dilakukan didalam aplikasi. Admin melakukan input produk didalam aplikasi sebagai katalog, dan melakukan proses pesanan konsumen didalam aplikasi dan konsumen dapat melakukan transaksi layaknya e-commerce lainnya didalam aplikasi

keyword : android, firebase, e-commerce, transaksi.


Full Text:

PDF

References


B. C. Neyfa and D. Tamara, “Perancangan Aplikasi E-Canteen Berbasis Android Dengan Menggunakan Metode Object Oriented Analisys & Design ( OOAD ) ‘ E

- Canten ’ Android -Based Application Design Using Object Oriented Analysis & Design Method tempat makan pada umumnya , dimana Area k,†pp. 83–92, 2016.

B. Aswi, Bisnis Laundry Kiloan. Jakarta: Penebar Plus*, 2009.

P. Kuswiyata, Mengenal Laundry. Yogyakarta: CV BUDI UTAMA, 2018.

H. B. Handoko, Sukses Wirausaha Laundry Di Rumah. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama, 2009.

N. Firly, Android Application Development for Rookies with Database. Jakarta: PT Elex Media Komputindo, 2019.

N. Firly, Create Your Own Android Applicaation. Jakarta: PT Elex Media Komputindo, 2018.

Y. Yudhanto and A. Wijayanto, Mudah Membuat dan Berbisnis Aplikasi Android dengan Android Studio. Jakarta: PT Elex Media Komputindo, 2017.

E. Tirtana and E. B. Setiawan, “Aplikasi Pengendali Kamera DSLR Nirkabel Tipe Low End Berbasis Android,†J. Ultim. Comput., vol. 9, no. 1, 2017, doi: 10.31937/sk.v9i1.570.

R. H. Z. Yusuf and U. Rusmawan, Membuat Aplikasi Mobile dengan Appsmakerstore. Jakarta: PT Elex Media Komputindo, 2020.

W. Komputer, Membangun Aplikasi Mobile Cross Platform dengan PhoneGap. Jakarta: PT Elex Media Komputindo, 2014.

E. Maiyana, “Pemanfaatan Android Dalam Perancangan Aplikasi Kumpulan Doa,†J. Sains dan Inform., vol. 4, no. 1, pp. 54–65, 2018, doi: 10.22216/jsi.v4i1.3409.

A. A. Hartanto, Mengenal Aspek Teknis dan Bisnis Location Based Service. Jakarta: PT Elex Media Komputindo, 2003.

M. M. Iqbal, R. R. Isnanto, and R. Kridalukmana, “Perancangan Aplikasi Mobile Location Based Service (LBS) Untuk Lokasi Penyewaan Rumah Kos di Kota Semarang Berbasis Android,†J. Teknol. dan Sist. Komput., vol. 3, no. 2, p. 198, 2015, doi: 10.14710/jtsiskom.3.2.2015.198-206.

A. Adil, Sistem Informasi Geografis. Yogyakarta: ANDI (Anggota IKAPI), 2017.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.