ANALISIS SISTEM ANTRIAN PELAYANAN TIKET KERETA API STASIUN RANTAU PRAPAT

Rizki Mulia, Muhammad Rizki, Harun siregar

Abstract


Penelitian ini menganalisis sistem antrean pada layanan tiket di Stasiun Kereta Api Rantau Prapat. Fenomena antrean merupakan pengalaman yang umum namun sering kali tidak efisien bagi pelanggan. Penelitian inibertujuan untuk mengidentifikasi model dan metrik kinerja yang tepat untuk layanan tiket, yang meliputi Layanan Pelanggan, Pemesanan/Penjadwalan Ulang/Pengembalian Dana Tiket, Pembatalan Tiket, dan Cetak Tiket Mandiri (CTM). Metodologi yang digunakan melibatkan pengumpulan data primermelalui observasi yang dilakukan antara 26 Desember 2024 hingga 3 Januari 2025. Indikator kinerja utama seperti frekuensi kedatangan, waktu layanan, dan waktu tunggu pelanggan diukur. Temuan penelitian menyoroti pentingnya penerapan teori antrean untuk meningkatkan efisiensi layanandan kepuasan pelanggan di stasiun. Rekomendasi untuk meningkatkansistem antrean diberikan untuk mengoptimalkan pengalaman layanan tiket secara keseluruhan.

Full Text:

Untitled

References


Taha, H. A. (1996). Operations Research: An Introduction. Prentice Hall.

Kakiay, A. (2004). "Queuing Theory and its Application in Public Services". Journal of Operations Management, 22(3), 299-315.

Hillier, F. S., & Lieberman, G. J. (2015). Introduction to Operations Research. McGraw-Hill Education.

Gross, D., & Harris, C. M. (1998). Fundamentals of Queuing Theory. Wiley.

Baker, R. C., & Dwyer, N. (2008). "Improving Customer Satisfaction through Queue Management". International Journal of Service Industry Management, 19(2), 145-159.

Barlow, R. E., & Hunter, L. (1960). "Optimum Queuing Systems". Management Science, 6(2), 165-178.

Zeithaml, V. A., Bitner, M. J., & Gremler, D. D. (2018). Services Marketing: Integrating Customer Focus Across the Firm. McGraw-Hill Education.

Lovelock, C. H., & Wirtz, J. (2016). Services Marketing: People, Technology, Strategy. Pearson.

Liu, Y., & Chen, Y. (2017). "Impact of Waiting Time on Customer Satisfaction in Public Transport". Transportation Research Part A: Policy and Practice, 95, 256- 272.

] Universitas Labuhan Batu. (2025). Laporan Penelitian: Sistem Antrian Pelayanan Tiket Kereta Api di Stasiun Rantau Prapat.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.