PENERAPAN METODE NAIVE BAYES UNTUK MEMPREDIKSI HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK “STUDI KASUS SD SWASTA METHODIST-1 RANTAUPRAPAT”

Arnes Dian Putri, Kessia Inriani Nahampun, Putri Ritonga, Ivo Andre

Abstract


Sekolah dasar adalah lembaga pendidikan yang menyelenggarakan program untuk mempersiapkan peserta didik melanjutkan ke jenjang pendidikan selanjutnya. Agar dapat melanjutkan ke jenjang berikutnya, dibutuhkan hasil belajar yang baik agar siswa bisa lulus tepat waktu. Hasil belajar berfungsi sebagai indikator prestasi siswa, sehingga diperlukan model algoritma yang mampu memprediksi hasil belajar. Tujuan dari model ini adalah untuk membantu lembaga dalam mengevaluasi proses pembelajaran. Hasil belajar seorang siswa mencerminkan tingkat penguasaan mereka terhadap materi pelajaran, dan sebaiknya hasil tersebut selalu dievaluasi oleh pendidik untuk mengetahui kemampuan tiap siswa. Dalam penelitian ini, digunakan tiga fitur yaitu nilai akademik, absensi dan peringkat. Naive Bayes adalah metode klasifikasi probabilistik sederhana yang menghitung probabilitas berdasarkan frekuensi dan kombinasi nilai dari dataset yang diberikan. Dengan Naive Bayes Classifier, kita dapat memprediksi hasil belajar siswa sekolah dasar berdasarkan variabel nilai akademik, absensi dan peringkat. Hasil pengujian menggunakan 10-Fold Cross Validation pada RapidMiner menunjukkan akurasi sebesar sebesar 97,00%, nilai presisi sebesar 100,00% dan nilai sebesar 72,73%.


Full Text:

Untitled

References


K. &. Septian, "Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Assure Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa," Jurnal Inovasi Penelitian, vol. 1, no. 6, pp. 1139-1148, 2020.

D. H. F. N. S. S. S. A. H. Eva Melianti, "Pentingnya Pendidikan Yang Ada di Sekolah Dasar," Jurnal Pendidikan dan Konseling, vol. 5, no. 1, pp. 3549-33554, 2023.

L. V. a. A. Zhedanov, "A "missing" family of classical orthogonal polynomials," Journal of Physics A: Mathematical and Theoretical, vol. 44, no. 8, pp. 1-16, 2010.

F. K. I. A. Andika Dinar Pamungkas, "Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) pada Siswa Kelas 4 SD," Naturalistic: Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran, vol. 3, no. 1, pp. 270-293, 2018.

M. Dr. Ahmad Susanto, Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar, Jakarta: Kencana- Prenadamedia Group, 2013.

S. A. Rajagukguk, "Tinjauan Pustaka Sistematis: Prediksi Prestasi Belajar Peserta Didik dengan Algoritma," Jurnal Sains, Nalar, dan Aplikasi Teknologi Informasi, vol. 1, no. 1, pp. 22-32, 2021.

M. A. d. R. Utomo, "Kecerdasan Visual-Spasial, Kemampuan Numerik, dan Prestasi Belajar Matematika," Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, vol. 7, no. 3, pp. 234-245, 2017.

I. N. A. d. D. B. Widjajanti, "Keefektifan pembelajaran berbasis proyek ditinjau dari prestasi belajar, kemampuan berpikir kritis, dan kepercayaan diri siswa," Jurnal Riset Pendidikan Matematika, vol. 6, no. 2, pp. 233-243, 2019.

S. S. S. Tina R. Patil, "Performance Analysis of Naive Bayes and J48 Classification Algorithm for Data Classification," International Journal Of Computer Science And Applications, vol. 6, no. 2, pp. 256-261, 2013.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.