Analisis Minat Belajar Statistik di Prodi Teknologi Informasi Universitas Labuhanbatu

Anggraini Anggraini, Berta Sarlina, Gina Asanova, Rohani Rohani, Rahma nur fitri

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis minat belajar siswa Statistika di Program Studi Teknologi Informasi. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kualitatif dan metode deskriptif untuk mendapatkan pemahaman mendalam tentang minat belajar siswa. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa minat belajar siswa dipengaruhi oleh beberapa faktor, antara lain persepsi mereka terhadap mata kuliah, metode pengajaran yang digunakan dosen, dan relevansi materi dengan tujuan akademik dan karir mereka. Beberapa mahasiswa menganggap mata kuliah ini sulit dan kurang menarik, sehingga menurunkan motivasi belajar mereka. Oleh karena itu, diperlukan strategi pengajaran yang lebih inovatif dan kontekstual untuk meningkatkan minat dan partisipasi aktif siswa dalam pembelajaran Statistika.

Full Text:

PDF

References


Azzahra, P.T., Asbari, M. and Nugroho, D.E. (2024) ‘Urgensi Peran Generasi Muda dalam Meningkatkan Pendidikan Berkualitas’, 03(01), pp. 90–92.

Belajar, M. (no date) ‘No Title’, pp. 32–41.

Info, A. (2025) ‘PENGERTIAN STATISTIK DAN MANFAAT STATISTIK DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI UNDERSTANDING STATISTICS AND THE BENEFITS OF STATISTICS IN’, pp. 8767–8774.

Islamica, T. et al. (2017) ‘Faktor internal dan eksternal pembelajaran’, 5(1), pp. 17–30.

Iv, M.K. and Adi, S. (2020) ‘Jurnal Inovasi Penelitian’, 1(3).

P-issn, V.N.E., Pendidikan, P. and Dewey, J. (2020) ‘As- Syar ’ i : Jurnal Bimbingan & Konseling Keluarga’, 2, pp. 204–219. Available at: https://doi.org/10.47476/as.v2i2.128.

Pembelajaran, P.D. and Halawa, A.N. (2023) ‘Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Peningkatan Kualitas Mutu Instansi’, 2(2).

Revorma, J. and Tahun, B.A. (2023) ‘No Title’, 3(1), pp. 1–13.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.