ANALISIS KEMAMPUAN MAHASISWA TEKNOLOGI INFORMASI DALAM MENYELESAIKAN SOAL STATISTIKA PADA MATA KULIAH STATISTIK

Sintia Nainggolani, Siti Hasanah, Nurhabibah Nurhabibah, Pudan Pudan

Abstract


Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Subjek penelitian terdiri dari 38 mahasiswa Program Studi Teknologi Informasi Semester 6-A di Universitas Labuhan Batu (ULB). Dari jumlah tersebut, dipilih 5 responden berdasarkan kategori kemampuan, yaitu 2 orang dari kategori tinggi, 2 orang dari kategori sedang, dan 1 orang dari kategori rendah. Data diperoleh melalui tes pemecahan masalah dan wawancara. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi jenis kesalahan dan faktor penyebab kesalahan yang dilakukan mahasiswa dalam menyelesaikan soal terkait mean, median, dan modus dengan menggunakan data penerima bantuan dari Dinas Sosial. Pendekatan deskriptif kualitatif digunakan dengan melibatkan mahasiswa yang menunjukkan tingkat kesalahan tertinggi. Pengumpulan data dilakukan melalui tes tertulis, yang kemudian dianalisis dengan cara memeriksa lembar jawaban, memberikan skor, menghitung persentase jenis kesalahan, dan menarik kesimpulan. Hasil analisis menunjukkan bahwa kesalahan terbesar terletak pada penggunaan rumus sebesar 50%, diikuti oleh kesalahan perhitungan sebesar 25%, dan kesalahan dalam menentukan jumlah frekuensi sebesar 25%. Faktor-faktor penyebab kesalahan meliputi kurangnya ketelitian serta kesulitan dalam memahami dan memilih rumus yang tepat. Dapat disimpulkan bahwa mahasiswa masih sering melakukan kesalahan dalam menyelesaikan soal terkait statistik deskriptif (mean, median, modus), terutama dalam hal pemahaman konsep, penerapan rumus, dan penentuan jawaban akhir.

Full Text:

PDF

References


N. J. Kurniawati, A. Budi Prasetya, P. A. Sekarwangi, and F. Amaliyah, “Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Statistika Pada Siswa Kelas VI SD 7 Gondosari,” BERSATU J. Pendidik. Bhineka Tunggal Ika, vol. 1, no. 4, pp. 33–38, 2023, [Online]. Available: https://doi.org/10.51903/bersatu.v1i4

A. Tjalla, “Pengertian Statistik, Data, Skala Pengukuran, Distribusi Frekuensi, dan Grafik,” Heritage, no. April, pp. 1–9, 2006.

G. Utami, F. Julian, A. Fadilah, E. Harahap, F. Badruzzaman, and D. Darmawan, “Pembelajaran mengenai penyelesaian pengolahan data statistika secara efektif menggunakan SpeQ Mathematics,” JTEP-Jurnal Teknol. Pendidik. dan Pembelajaran, vol. 4, no. 1, pp. 846–851, 2019.

R. Yuniarti, “Kesalahan Mahasiswa Program Studi Administrasi Publik Dalam Menyelesaikan Soal Statistika Deskriptif Dan Statistika Inferensial,” J. Sains Mat. dan Stat., vol. 8, no. 1, p. 46, 2022, doi: 10.24014/jsms.v8i1.13312.

V. Andrianingsih, S. Sahrul, E. I. Asmoro, and S. Samsudin, “Analisis Kesulitan Mahasiswa dalam Menyelesaikan Soal Statistik pada Prodi Teknik Informasi di Universitas X Nusa Tenggara Barat,” J. Pendidik. Mat., vol. 1, no. 4, p. 6, 2024, doi: 10.47134/ppm.v1i4.852.

F. E. Mahendra, I. Rusani, A. Maryam, R. Andini, and N. Yuliani, “Analisis Kemampuan Penyelesaian Soal Modus Median Dan Mean Mahasiswa Pendidikan Matematika Pada Mata Kuliah Statistik Di Universitas Muhammadiyah Sorong,” Qalam J. Ilmu Kependidikan, vol. 13, no. 2, pp. 47–54, 2024.

N. Mayasari, A. K. Amin, and L. Rofiqoh, “Peningkatan pemahaman konsep matematik mahasiswa melalui model pembelajaran active knowledge sharing,” J. Math Educ. Nusant. Wahana Publ. Karya Tulis Ilm. di Bid. Pendidik. Mat., vol. 5, no. 2, pp. 140–152, 2019, doi: 10.29407/jmen.v5i2.13513.

D. A. N. Modus, “BAB 6,” no. January 2022, 2023.

K. Widiyoko and I. Setyawan, “Perbandingan Penggunaan Mean Lokal, Median Lokal dan Invarians Statistik Koefisien DCT dalam Perancangan Image Hashing,” Techne J. Ilm. Elektron., vol. Vol.13, no. No.2, pp. 205–212, 2014.

L. M. Rizki and M. Fauziddin, “Studi Kasus pada Mahasiswa yang Mengalami Kesulitan Belajar Matakuliah Statistika,” J. Pendidik. Tambusai, vol. 5, no. 3, pp. 11304–11314, 2021, [Online]. Available: https://staff.universitaspahlawan.ac.id/upload/publikasi/432-lampiran.pdf

Robin Bastian Waruwu, Nayanda Privanezsa Hao, and Prilia Handayani Hia, “Analisis Kemampuan Pemahaman Mahasiswa Pada Mata Kuliah Statistika di STIKes Santa Elisabeth Medan Tahun 2022,” SEHATMAS J. Ilm. Kesehat. Masy., vol. 1, no. 3, pp. 318–327, 2022, doi: 10.55123/sehatmas.v1i3.653.

H. Satriawan, “Problematika Pembelajaran Matematika Pada Materi Statistika Smp Kelas Ix,” J. Elektron. Pembelajaran Mat., vol. 5, no. 3, pp. 278–285, 2018, [Online]. Available: http://jurnal.uns.ac.id/jpm

R. Maysani and H. Pujiastuti, “Analisis Kesulitan Mahasiswa Dalam Mata Kuliah Statistika Deskriptif,” Al Khawarizmi J. Pendidik. dan Pembelajaran Mat., vol. 4, no. 1, p. 32, 2020, doi: 10.22373/jppm.v4i1.6949.

L. Khusna Maulida, A. N. Ramadhani, L. A. Riswari, U. M. Kudus, J. L. Utara, and K. Kulon, “Creative of Learning Students Elementary Education Analisis kemampuan pemecahan masalah mean, median, modus di SDN Undaan Kidul 3,” J. Elem. Educ., vol. 08, no. 02, pp. 305–311, 2025.

N. Nurlaela, “Penerapan Permainan Pohon Maja Kreatif PadaPembelajaran Mean, Median Dan ModusDengan Bantuan Media Cd Interaktif,” J. Penelit. Pendidik. Indones., vol. 5, no. 2, pp. 1–6, 2020.

A. Azis, “Analisis Kemampuan Dasar Statistik Mahasiswa pada Awal Mata Kuliah Statistik Matematika,” J. Akad. Pendidik. Mat., vol. 6, pp. 67–74, 2020, doi: 10.55340/japm.v6i1.200.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.