Pengantar Pengelolaan Data Statistik Melalui Pendekatan Open-Ended Untuk Perkuliahan Statistika Dasar

Nurfanny Hasanah, Hardinur Sakina, Tasya Tri Agustin, Sonya Ardila Nst, Tiara Agustina Siregar

Abstract


Dalam menerapkan pengetahuan statistika dasar tentang definisi statistika dan cabang-cabang metode yang digunakan dalam statistika, serta mengoptimalkan pengumpulan data dan memahami perbedaan antara statistika umum dan statistika sampel, tujuan penelitian ini adalah untuk memahami definisi, metode, dan sampel. Namun, definisi statistika atau ilmu statistika tidak sama dengan istilah statistika itu sendiri. Meskipun banyak mahasiswa mungkin familier dengan perangkat lunak yang dapat digunakan untuk membantu pemrosesan data, mereka seringkali kurang memiliki keterampilan yang diperlukan untuk benar-benar menggunakan perangkat lunak tersebut secara maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji peran pembelajaran terbuka dan tingkat kemampuan statistika matematika awal mahasiswa terhadap kemampuan penalaran statistika dan berpikir kreatif matematika secara keseluruhan, serta terhadap tingkat kemampuan statistika matematika awal mahasiswa (Tinggi, Sedang, Rendah). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa matematika, sedangkan sampelnya adalah dua kelompok mahasiswa semester dua dari satu universitas yang dipilih secara acak dari kelompok yang ada. Instrumen yang digunakan adalah tes kemampuan penalaran statistika dan berpikir kreatif matematika mahasiswa. Berdasarkan hasil tahap definisi, disimpulkan bahwa bahan ajar berupa modul diperlukan untuk memudahkan pemahaman mahasiswa terhadap materi dalam mata kuliah Statistika Dasar

Full Text:

Untitled

References


Alexander, K. L. (2007). Effects instruction in creative problem solving on cognition, creativity, and satisfaction among ninth grade students in an introduction to world agricultural science and technology course. Disertasi pada texas tech university. Retrived from: http://oaktrust.library.tamu.edu/handle/1 969.1/5881.

Dasari, D. (2009). Meningkatkan kemampuan penalaran statisttis mahasiswa melalui pembelajaran model pace. Disertasi SPS.UPI, tidak diterbitkan. Depdiknas. (2006). Permendiknas no.23 tahun 2006 standar kompetensi lulusan untuk satuan pendidikan dasar dan menengah. Jakarta; Depdiknas

Herdiman, I. (2015). Penerapan pendekatan open-ended untuk meningkatkan pemahaman dan penalaran matematik serta kemandirian belajar siswa SMP. Tesis STKIP Siliwangi, tidak diterbitkan.

Mahmudi, A. (2008). Mengembangkan soal terbuka (open-ended problem) dalam pembelajaran matematika. Retrived from: http://zonasabar.blogspot.com/2011/03/m

Alzola, C., and F. Harrell. 2006. An Introduction to S and The Hmisc and Design Libraries. http://biosfat.mc.vanderbilt.edu/RS

Ihaka Ross dan Robert Gentleman. 1996. R: A Language for Data Analysis and Graphics. Journal of Computational and Graphical Statistics. Volume 5. No. 3: 299- 314.

Mavrotheris, M.m dan Mavrotheris, E, 2007. Online Communities of Practice Enhancing Statistics Instruction: the European Project Early Statitics. The Electronic Journal of e- learning. Vol 5, No 2:113-122

Nana, Syaodih Sukmadinata. (2010). Metode Penelitian. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sudjana. 1996. Metoda Statistika. Bandung: Transito

Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: CV. Alfabeta

Arsyam, M.(2020). Manajemen Pendidikan Islam. Herianto, H. (2020).Tehnik Menulis Artikel Konseptual.

Herianto, H. (2020). Telah kurikulum 2013: Hasil Revisi Tahun 2018. Jusmiana, A, & herianto, H. (2020) Suplemen Materi Statistic Terapan Dalam Ilmu Kesehatan.

Sapada, A. O. & Arsyam, M. (2020). Ilmu Pengetahuan Dan Teknologi Menurut Pandangan Islam. Usman, Husaini. 2020. Pengantar Statistika cara Mudah Memahami Statistika, Jakarta Timur: PT Bumi Aksara


Refbacks

  • There are currently no refbacks.