Pengaruh Citra Perusahaan dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan di Mediasi Keputusan Pembelian Sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus Indihome Bisnis PT. Telkom Witel Medan)
Abstract
This research uses a quantitative descriptive approach with a sample of 100 respondents who are customers of PT Telkom Witel Medan. Data collection techniques in this study used interviews and questionnaires as well as data analysis techniques using Partial Least Square (SmartPls) version 3. The research objective was to identify and analyze the seven conceptual frameworks proposed in the form of the influence of corporate image on customer satisfaction, the influence of corporate image on purchasing decisions, the effect of price on customer satisfaction, the effect of price on purchasing decisions, the effect of purchasing decisions on customer satisfaction, the influence of corporate image on customer satisfaction through purchasing decisions, the effect of prices on customer satisfaction through purchasing decisions. The test results answer the hypotheses of the seven statements in the conceptual framework which are stated as a whole to have a positive and significant effect on this study.
Full Text:
PDFReferences
Agatha, M. (2018). Analisis Pengaruh Harga Terhadap Keputusan Pembelian Batik Barong Gung Tulungagung. Journal of Chemical Information and Modeling, 3(2), 27–35.
Arnindita Marisa, Lestari Anik, (2016). “Pengaruh Kualitas Produk, Kemudahan, Dan Harga Terhadap Niat Beli Ulang Dengan Kepuasan Sebagai Variabel Intervening “(Studi Pada Pelanggan Produk Fashion Melalui Toko Online Di Surabaya)†Universitas Negeri Surabaya. JOURNAL of RESEARCH in ECONOMICS and MANAGEMENT Volume 16, No. 1, Januari – Juni (Semester I) 2016, Halaman 84-104.
Bulele, E. Y. (2016). Analisis Pengaruh Citra Toko, Kualitas Pelayanan dan Ketersediaan Produk Terhadap Keputusan Pembelian Di Toko Buku Gramedia Manado. Berkala Ilmiah Efisiensi, 16(3), 258–269.
Elisabeth Melysa, (2013). “Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk Dan Harga Pengaruhnya Terhadap Loyalitas Pelanggan Kartu As Telkomsel Di Kota Manado†Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Jurusan Manajemen Universitas Sam Ratulangi Manado. Jurnal EMBA Vol.1 No.4 Desember 2013, Hal. 86-94
Fandy Tjiptono dan Gregorius chandra. 2016. Service, Quality & satisfaction. Yogyakarta. Andi.
Fauziyah, A. N., & Tjahjaningsih, E. (2021). Membangun Kepuasan Pelanggan Indihome Telkom Witel Kudus Dengan Meningkatkan Persepsi Harga, Layanan Purna Jual, Dan Promosi. Proseding Sendiu, 978–979.
Firmansyah, D., & Prihandono, D. 2018. Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Perceived Value terhadap Loyalitas Pelanggan dengan Kepuasan. Management Analysis Journal, 7(1), 120–128.
Fony. (2015). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Citra Perusahaan Terhadap Kepuasan Pelanggan Dan Dampaknya Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Pt Hadji Kalla Palu. E Jurnal Katalogis, 3(2), 51–67.
Hasanuddin Makmur (2016). “Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan, Lokasi Dan Harga Terhadap Kepuasan Nasabah Melalui Keputusan Pembelian Sebagai Variabel Intervening Pada Penjualan Logam Mulia Emas†Program Magister Manajemen Fakutas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Sam Ratulangi. Jurnal Riset Bisnis dan Manajemen Vol 4, No.1, 2016: 49- 66
Hurriyati, Ratih. (2005). Bauran Pemasaran dan Loyalitas Konsumen, Bandung Alfabeta
Iriyanti Emik, Nurul Qomariah (2016). “Pengaruh Harga, Kualitas Produk Dan Lokasi Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan Sebagai Variabel Intervening Pada Depot Mie Pangsit Jember†Jurnal Manajemen Dan Bisnis Indonesia Vol 2. No. 1 Juni 2016.
Jersey: Person Prentice Hall, In
Khair Hazmanan (2016). “Dampak Atribut Toko Terhadap Keputusan Pembelian Pada Indomaret Dept Store DiMedan†Fakultas Ekonomi, Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis Volume 2, Nomor 1, Maret 2016.
Kotler, dan Keller. (2012) Manajemen Pemasaran. Edisi 12. Jakarta: Erlangga. Kotler, Philip and Kevin Lane Keller. (2016). Marketing Management 15e New
Kotler, Phillip dan Kevin Lane Keller. (2016). Manajemen Pemasaran edisi 12 Jilid 1 & 2. Jakarta: PT. Indeks
Lubis, I. O., & Suwitho. 2017. Pengaruh Citra Merek, Kualitas Pelayanan, dan Kepuasan Pelanggan terhadap Loyalitas Pelanggan. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen, 6(5), 1–17.
Mahira, Hadi, P., & Nastiti, H. (2021). Pengaruh Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Indihome. Prosiding Konferensi Riset Nasional Ekonomi, Manajemen, Dan Akuntansi, 2(1), 1267–1283.
Manus, Fanly W dan Bode Lumanauw. 2015. Kualitas Produk, Harga dan Kualitas Layanan Pengaruhnya Terhadap Kepuasan Pelanggan Kartu
Maskur, M., Qomariah, N., & Nursaidah. (2016). Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga, Dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan (Studi Kasus Pada Bengkel Mobil Larasati Lumajang). Jurnal Sains Manajemen & Bisnis Indonesia, Vi(2), 212–221.
Mirza, D. F., Ginting, K. E. N., & Brutu, A. T. A. P. D. W. (2016). Pengaruh Harga Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pengguna Program Indihome Triple Play Pt. Telkom (Cabang Plasa Telkom Medan). 9(July), 1–23.
Munadia Istiqamah, Satria Tirtayasa, Hazmanan Khair Pasaribu, (2021). Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen Melalui Keputusan Pembelian Sebagai Variabel Intervening. Jurnal AKMAMI (Akutansi, Manajemen, Ekonomi,) Vol. 2 No. 1 Hal 68-78.
Nimas Kartika Dewastuti1, dan Dr. Drs. Ngatno, MM. (2017). Pengaruh Harga dan Citra Perusahaan Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Intervening (Studi Pada Giant Kota Semarang).
Ovidani, Z., & Hidayat, W. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga Dan Kepercayaan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Hotel Dafam Semarang. Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 9(2), 167–174.
Pane, D. N., Fikri, M. EL, & Ritonga, H. M. (2018). Pengaruh Harga Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Rumah Makan Sidempuan Medan. Jurnal Manajemen Tools, 9(1), 1–11.
Pongoh, Melysa Elisabeth. (2013). Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk dan Harga Pengaruhnya Terhadap Loyalitas Pelanggan Kartu AS Telkomsel di Kota Manado. Jurnal EMBA, Vol. 4, no. 4 (Desember).
Prabayar Tri di Kelurahan Wawalintouan Tandono Barat. Jurnal EMBA vol.3 No.2 Juni 2015.
Prasetio Ari (2012).†Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga terhadap Kepuasan Pelanggan†Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Semarang, Indonesia. Ari Prasetio / Management Analysis Journal 1 (4) (2012)
Purnama, R., & Hidayah, A. A. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Citra Perusahaan, Dan Kepercayaan Terhadap Kepuasan Pelanggan Serta Pengaruhnya Terhadap Loyalitas Pelanggan. Tirtayasa Ekonomika, 14(2), 187.
Putra, A. W. P., & Sugiyono. 2020. Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Promosi Terhadap Kepuasan Pelanggan. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen, 10(2), 175.
Sari, N. P., & Budiatmo, A. (2019). Pengaruh Harga dan Kualitas Pelayanan terhadap Loyalitas Pelanggan melalui Kepuasan Pelanggan sebagai Variabel Intervening (Studi pada Pelanggan Indihome …. Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 1–9.
Satria Tirtayasa, Anggita Putri Lubis, Hazmanan Khair (2021). Keputusan Pembelian: Sebagai Variabel Mediasi Hubungan Kualitas Produk dan Kepercayaan terhadap Kepuasan Konsumen. Jurnal Inspirasi Bisnis dan Manajemen Vol 5, (1), 2021, 67-86
Satriani, M. (2018). Pengaruh harga dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen dalam penggunaan jasa pengiriman barang jalur nugraha ekakurir (jne) cabang jambi. Ekonomi.
Septayuda, I. 2018. Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan harga Terhadap Kepuasan Pelanggan Go-Jek Di Kota Palembang. Jurnal Ilmiah MBiA, 17(1), 25–34.
Subagja, I. K., & Susanto, P. H. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kepuasan Nasabah Dan Citra Perusahaan Terhadap Loyalitas Nasabah Pt. Bank Central Asia Tbk Kantor Cabang Pondok Gede Plaza. Jurnal Manajemen Bisnis Krisnadwipayana, 7(1), 69–84.
Sudirman, Acai, Fitria Halim, dan Robetmi Jumpakita Pinem. “Kepercayaan Sebagai Pemediasi Dampak Citra Merek dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen Gojek.†Jurnal Pemasaran Kompetitif 3, no. 3 (11 Juni 2020): 66–76. https://doi.org/10.32493/jpkpk.v3i3.4822.
Supertini, Ni Putu Sri, Ni Luh Wayan Sayang Telagawati, dan Ni Nyoman Yulianthini. “Pengaruh Kepercayaan Dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Pusaka Kebaya Di Singaraja.†Prospek: Jurnal Manajemen Dan Bisnis 2, no. 1 (6 Juli 2020): 61–73. https://doi.org/10.23887/pjmb.v2i1.26201.
Suratno, Aziz Fathoni, Andi Tri Haryono. (2016). Pengaruh Citra Perusahaan Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Dengan Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Intervening Pada PT Pelabuhan Indonesia III Semarang.
Tjahjaningsih, E., & Maskur, A. (2015). Pengaruh Citra Perusahaan Dan Kepuasan Terhadap Kepercayaan Dan Dampaknya Pada Loyalitas (Studi Pada Klien Asuransi Prudential Pru Vision Kabupaten Pati). Proceeding Fakultas Ekonomi
Tjiptono, Fandy (2014), Pemasaran Jasa – Prinsip, Penerapan, dan Penelitian, Andi Offset: Yogyakar
Weenas, Jackson R.S. 2013. Kualitas Produk, Harga, Promosi, dan Kualitas Pelayanan Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian Spring Bed Comforta. Jurnal EMBA vol.1 no.4 Desember 2013
Wijayanti, Ika Wahyu, dan Wahyono. “Pengaruh Kualitas Pelayanan, Persepsi Harga dan Nilai Pelanggan Terhadap Loyalitas Konsumen Melalui Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Intervening Terhadap Konsumen Kartu Seluler IM3-Indosat di Kota Semarang.†Management Analysis Journal Vol. 4 No.1 (2015): 50–57.
Winata, Andri, dan Isnawan Ahlul Fiqri. “Pengaruh Harga Dan Kualitas Jasa Terhadap Loyalitas Pelanggan Hotel Emersia Di Bandar Lampung.†Jurnal Manajemen Magister Darmajaya 3, no. 02 (2 Juli 2017): 133–49. https://jurnal.darmajaya.ac.id/index.php/jmmd/article/view/989/644.
Yemmi. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Kantor Plasa Telkom Group Kabupaten Barru
Zain Taufiq (2013).†Pengaruh Kualitas Layanan Dan Promosi Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Pelanggan Speedy Instan†Program Studi Magister Manajemen Fakultas Ekonomi, Universitas Jember. JEAM Vol XII No. 1/2013.
Zakaria, D. G., & Suwitho. 2020. Pengaruh kualitas Layanan Dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Pelanggan. Ilmu Ekonomi Indonesia, 7(2), 201–212.
Zulkarnaen, Wandy, dan Neneng Nurbaeti Amin. “Pengaruh Strategi Penetapan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen.†Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi) 2, no. 1 (8 Januari 2018): 106–28. https://doi.org/10.31955/mea.vol2.iss1.pp106-128.
DOI: https://doi.org/10.36987/josdim.v3i2.5071
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal ini mengikuti pedoman dari Committee on Publication Ethics (COPE) dalam menghadapi semua aspek etika publikasi dan, khususnya, bagaimana menangani kasus penelitian dan kesalahan publikasi. Pernyataan ini menjelaskan etika perilaku semua pihak yang terlibat dalam proses penerbitan artikel di jurnal ini, termasuk Penulis, Pemimpin Redaksi, Dewan Redaksi, Mitra Bebestari, dan Penerbit (Akademi Kepolisian Republik Indonesia). Journal of Student Development Informatics Management (JoSDIM) berkomitmen untuk mengikuti praktik terbaik tentang masalah etika, kesalahan, dan pencabutan. Pencegahan malpraktek publikasi merupakan salah satu tanggung jawab penting dewan redaksi. Segala jenis perilaku tidak etis tidak dapat diterima, dan jurnal tidak mentolerir plagiarisme dalam bentuk apa pun.
Â
Journal of Student Development Informatics Management (JoSDIM)
Journal URL:Â https://jurnal.ulb.ac.id/index.php/JoSDIM/index
Journal DOI:Â 10.36987/josdiM
E-ISSN:Â 2774-8219
Alamat Redaksi :
Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas Labuhanbatu
Gedung Fakultas Sains dan Teknologi,
Jalan Sisingamangaraja No.126 A KM 3.5 Aek Tapa, Bakaran Batu, Rantau Sel., Kabupaten Labuhan Batu, Sumatera Utara 21418