Analisis Kesulitan Belajar IPA Pada Siswa Kelas IV SD Negeri 064017 Medan Kec. Medan Perjuangan

Romi Fitriyani, Lala Jelita Ananda, Irsan Rangkuti, Fahrur Rozi, Imelda Free Unita Manurung

Abstract


Thisresearchaimsto: (1) Determinethetypesofstudents' learningdifficulties in sciencesubjects in classIV of SD Negeri064017 Medanand (2) To describe the factors causing each student's learning difficulties in understanding science learning in grade IV SD Negeri064017 Medan. The population in this study was class IV students, totaling 24 students.  The data collection method used in this research is a questionnaire method with a research instrument in the form of the guttman scale.The analysis technique uses quantitative techniques which are calculated using percentages.  The results of this research show that the difficulty of learning science in class IV students at SD Negeri 064017 Medan is in the high category with a percentage of 57.83%.  With the percentage of alternative answers for each indicator, namely the interest indicator learning difficulty is 59.08%, the motivation indicator learning difficulty is 50.83%, the readiness indicator learning difficulty is 48.61%, the Physical indicator learning difficulty is 39.58%, the learning indicator is learning difficulty  family environment was 59.72%, learning difficulties were school environment indicators at 63.54%, and learning difficulties were community environment indicators at 89.58%.


Full Text:

PDF

References


Ahmadi, A. dan Supriyono, W. 2013. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta

Amelia, R. R., & Setyawan, A. (2020). Analisis Penyebab Kesulitan Belajar IPA pada Siswa Kelas IV SDN SOCAH 2. Prosiding Nasional Pendidikan: LPPM IKIP PGRI Bojonegoro, 1(1).

Ananda, L. J., & Annisa, C. (2020). Pengembangan Media Monopoli Tematik Berbasis Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray Pada Tema Indahnya Keragaman Di Negeriku Untuk Siswa Kelas IV SDN 104204 Sambirejo Timur Kab. Deli Serdang. SchoolEducationJournalPgsdFipUnimed, 10(2), 131-140.

Ananda, L. J., & Khairani, S. (2019). Perbedaan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Problem Solving Dengan Model Everyone Is A Teacher Here. In Seminar Nasional PgsdUnimed (Vol. 2, No. 1, pp. 54-64).

Arikunto, Suharsini. 2013. Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik. (Edisi Revisi VD). PT Ranika Cipta. Jakarta.

Dewi, H. R., & Yusro, A. C. (2016). Analisis Kesulitan Belajar IPA Materi Gerak Pada Siswa Kelas VII MTs Sunan Ampel. In Prosiding SNPF (Seminar Nasional Pendidikan Fisika).

Haqiqi, A. K. (2018). Analisis faktor penyebab kesulitan belajar IPA siswa SMP Kota Semarang. Edu Sains: Jurnal Pendidikan Sains Dan Matematika, 6(1), 37-43.

Hulwah, B., & Ahmad, M. (2022). Analisis Kesulitan Belajar Menulis Permulaan pada Siswa Kelas II Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 7360-7367.

Kallesta, K. S., & Erfan, M. (2017). Analisis Faktor penyebab kesulitan belajar IPA fisika pada materi bunyi. Jurnal Pendidikan Fisika, 1(1), 49-50.

Maharianti, R., Parijo, P., & Purwaningsih, E. (2019). Identifikasi Kesulitan Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Akuntansi. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 8(11).

Majid Abdul. 2013. Strategi Pembelajaran. Bandung . PT Remaja Rosdakarya.

Maulana, A. (2023). Analisis Kemampuan Guru PAI dalam Menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) di SMP Swasta Generasi Bangsa Medan. All FieldsofScienceJournalLiaisonAcademiaandSosiety, 3(1), 153-164.

Munarsih, M. (2022). Implementasi Digital Marketingpada Usaha Ternak Burung Puyuh di Masa Pandemic Covid-19 (Studi Kasus pada Yayasan Yatim Piatu Manarul Ichsan Curug Depok). Jurnal Ilmiah Publika, 10(1), 168-171.

Munzir, M. (2019). Pengaruh Lingkungan Belajar danKesiapan Belajar Terhadap Prestasi Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial. Faktor: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 6(3), 247-254.

Nidawati,Belajar dalam Perspektif Psikologi dan Agama‟, Jurnal Pionir, 1.1 (2013), 14–28

Oktiani, I. (2017). Kreativitas guru dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik. Jurnal kependidikan, 5(2), 216-232.

Pramono, A. (2020). Analisis Kesulitan Belajar IPA dan Cara Mengatasinya Pada Siswa Kelas IV SDN Demangan 2. Prosiding Nasional Pendidikan: LPPM IKIP PGRI Bojonegoro, 1(1).

Prastowo, Dwi dan Julianty, Rifka, 2015, Analisis Laporan Keuangan (Konsep Dan Aplikasi), YPKN, Yogyakarta.

Slameto. 2015. Belajar dan Faktor-faktor yang mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta

Sudjana Nana. 2016. Penilaian Hasil Belajar Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sukardi. (2013). Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Suprijono Agus. (2012). CooperativeLearning. Yogyakarta : Pustaka Belajar.

Supriyanto, Setiawati, Elis,Analisis Kesulitan Belajar Peserta didik dalam Pembelajaran Sejarah (Peserta didik Kelas X IPS SMA Muhammadiyah 1 Metro dalam Materi Manusia Purba di Indonesia)‟, Jurnal Swarnadwipa, 2.1 (2018), 27–44

Susanto Ahmad. 2016. Teori belajar dan pembelajaran di SD. Jakarta. Kencana

Yulianti, H., Iwan, C. D., & Millah, S. (2018). Penerapan Metode GivingQuestionAndGettingAnswer Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam,[SL], 6(2), 197-216.

Zainal. Arifin. 2011. Evaluasi Pembelajaran. Bandung: Rosdakarya.




DOI: https://doi.org/10.36987/josdim.v3i2.5081

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Hasil gambar untuk committee on publication ethics logo
 

Jurnal ini mengikuti pedoman dari Committee on Publication Ethics (COPE) dalam menghadapi semua aspek etika publikasi dan, khususnya, bagaimana menangani kasus penelitian dan kesalahan publikasi. Pernyataan ini menjelaskan etika perilaku semua pihak yang terlibat dalam proses penerbitan artikel di jurnal ini, termasuk Penulis, Pemimpin Redaksi, Dewan Redaksi, Mitra Bebestari, dan Penerbit (Akademi Kepolisian Republik Indonesia). Journal of Student Development Informatics Management (JoSDIM) berkomitmen untuk mengikuti praktik terbaik tentang masalah etika, kesalahan, dan pencabutan. Pencegahan malpraktek publikasi merupakan salah satu tanggung jawab penting dewan redaksi. Segala jenis perilaku tidak etis tidak dapat diterima, dan jurnal tidak mentolerir plagiarisme dalam bentuk apa pun.

 

Journal of Student Development Informatics Management (JoSDIM)
Journal URL: https://jurnal.ulb.ac.id/index.php/JoSDIM/index
Journal DOI: 10.36987/josdiM
E-ISSN: 2774-8219

Alamat Redaksi :
Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas Labuhanbatu
Gedung Fakultas Sains dan Teknologi,
Jalan Sisingamangaraja No.126 A KM 3.5 Aek Tapa, Bakaran Batu, Rantau Sel., Kabupaten Labuhan Batu, Sumatera Utara 21418