Pengaruh Konten Media Sosial Dan Electronic Word Of Mouth (EWOM) Terhadap Perilaku Konsumtif Dengan Keamanan Bertransaksi Sebagai Variabel Moderating (Studi Kasus Pengguna Tiktok di Kalangan Mahasiswa FEBI UINSU)

Rifta Alvira

Abstract


The aim of this research is to analyze the influence of social media and Electronic Word of Mouth (EWOM) on consumer behavior with transaction security as a moderating variable. This study uses a quantitative approach. The sample in this study was 98 respondents who were students at the Faculty of Economics and Islamic Business, North Sumatra State Islamic University. The research instrument used a questionnaire which was analyzed using Moderated Regression Analysis (MRA). The research results show: (1) social media content has a positive and significant effect on consumptive behavior, which means that social media content can influence someone to behave consumptively; (2) Electronic Word of Mouth (EWOM) has a positive and significant effect on consumptive behavior, which means that Electronic Word of Mouth can influence someone to behave consumptively; (3) social media content and Electronic Word of Mouth (EWOM) together (simultaneously) have a positive and significant effect on consumer behavior; (4) transaction security is unable to moderate the influence of social media and Electronic Word of Mouth (EWOM) on the consumer behavior of students at the Faculty of Economics and Islamic Business, North Sumatra State Islamic University.


Full Text:

PDF

References


Afiah, N. (2018). Pengaruh Keamanan, Reputasi Dan Pengalaman Terhadap Trust Pengguna Internet Untuk Bertransaksi Secara Online. JEKPEND: Jurnal Ekonomi dan Pendidikan, 1(2), 58–65.

Arif, A. N., & Imsar.(2022). Pengaruh Literasi Keuangan, Norma Subjektif, Dan Gaya Hidup Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa Uin Su Medan Pengguna Electronic Money Dengan Pengendalian Diri Sebagai Moderasi. Jurnal Darma Agung, 30(1), 736–760.

Ayu Oktaviani, A., & Komsiah, S. (2022). Uses And Gratification: Uji Pengaruh Konten dalam Fitur Tiktok Shop Terhadap Perilaku Konsumtif Belanja. IKRAITH HUMANIORA, 6(1), 100–107.

Ayusyah, L. F. (2022). Selebgram Sebagai Pendorong Perilaku Konsumtif Mahasiswi Untuk Melakukan Pembelanjaan Digital. Politikom Indonesiana: Kajian Ilmu Pemerintahan, Ilmu Politik dan Ilmu Komunikasi, 7(1), 17–18.

Cahyadinata, S. (2015). Implikasi Pendidikan Q.S Al-Maidah Ayat 87-88 Tentang Halal dan Haram Terhadap Bermua’malah (Mencari Rezeki). Sosial dan Humaniora, 1–7 Heni Suhaeni, 2010.Tipologi Kawasan Perumahan Dengan Kepadatan Penduduk Tinggi dan Penanganannya.Pusat Litbang Permukiman, Juni 2010.

Indiani, N. L. P., & Fahik, G. A. (2020). Conversion of online purchase intention into actual purchase: The moderating role of transaction security and convenience. Business: Theory and Practice, 21(1), 18–29.

Izzaturrahim, B. F., Khambali, & Tsaury, A. M. (2020).Implikasi Pendidikan Q.S.Al-Isra Ayat 26-27 tentang Larangan Tabdzir terhadap Upaya Menghindari Perilaku Mubazir.Prosiding Pendidikan Agama Islam, 6(2), 36– 39.

Kamilah, L. N. (2020). Skripsi Pengaruh Electronic Word Of Mouth (Ewom) Pada Minat.Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.

Santi, I. M. (2020).Pengaruh Electronic Word Of Mouth (E-Wom) Terhadap Purchase Intention Pada Produk Bank Syariah Mandiri.Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

Sihura, A. S. N., Hasibuan, E. J., & Hidayat, T. W. (2022).Pengaruh Konten Tiktok Dr. Yessica Tania Terhadap Keputusan pembelian Produk Skincare Wanita. Ilmu Komunikasi (JIPIKOM), 4(1), 8–16.

Sitanggang, F., & Nasution, J. (2023).Urgensi Pemanfaatan E-Marketing Pada Keberlangsungan Umkm Di Kota Medan. CEMERLANG: Jurnal Manajemen dan Ekonomi Bisnis, 3(1).

Sugiyanto, S., Mulyana, M., & Ramadhan, M. V. (2021). Pengaruh Keamanan, Kemudahan Transaksi dan Persepsi Resiko terhadap Minat Beli. Jurnal Informatika Kesatuan, 1(1), 23–30.

Tarigan, A. A. (2019). Tafsir Ayat-Ayat Ekonomi.FEBI UIN-SU PRESS.

Triyanti, M. D., Merah, E. L. K., Gratia, G. P., Paringa, T., & Primasari, C. H. (2022).Fenomena Racun TikTok Terhadap Budaya Konsumerisme Mahasiswa di Masa Pandemi COVID-19. KONSTELASI: Konvergensi Teknologi dan Sistem Informasi, 2(1).

Tyas, M. C. (2021). Pengaruh Gaya Hidup Terhadap Perilaku Konsumtif Fashion Blouse.IAIN Kediri.

Wibawa, N. I., Basuni, A., & Aeni, N. (2022). Pengaruh Terpaan Konten Video #Racunshopee Di Tiktok Terhadap Perilaku Konsumtif. JPRMEDCOM: Journalism, Public Relation and Media Communication Studies Journal, 4(1).

Yolanda, R. (2022). Pengaruh Perputaran Kas Dan Perputaran Persediaan Terhadap Profitabilitas (Studi Kasus Di Bumdes Sumber Rezeki Tambusai Timur). Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis, 04(01).




DOI: https://doi.org/10.36987/josdim.v3i2.5084

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Hasil gambar untuk committee on publication ethics logo
 

Jurnal ini mengikuti pedoman dari Committee on Publication Ethics (COPE) dalam menghadapi semua aspek etika publikasi dan, khususnya, bagaimana menangani kasus penelitian dan kesalahan publikasi. Pernyataan ini menjelaskan etika perilaku semua pihak yang terlibat dalam proses penerbitan artikel di jurnal ini, termasuk Penulis, Pemimpin Redaksi, Dewan Redaksi, Mitra Bebestari, dan Penerbit (Akademi Kepolisian Republik Indonesia). Journal of Student Development Informatics Management (JoSDIM) berkomitmen untuk mengikuti praktik terbaik tentang masalah etika, kesalahan, dan pencabutan. Pencegahan malpraktek publikasi merupakan salah satu tanggung jawab penting dewan redaksi. Segala jenis perilaku tidak etis tidak dapat diterima, dan jurnal tidak mentolerir plagiarisme dalam bentuk apa pun.

 

Journal of Student Development Informatics Management (JoSDIM)
Journal URL: https://jurnal.ulb.ac.id/index.php/JoSDIM/index
Journal DOI: 10.36987/josdiM
E-ISSN: 2774-8219

Alamat Redaksi :
Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas Labuhanbatu
Gedung Fakultas Sains dan Teknologi,
Jalan Sisingamangaraja No.126 A KM 3.5 Aek Tapa, Bakaran Batu, Rantau Sel., Kabupaten Labuhan Batu, Sumatera Utara 21418