Pengembangan Media Video Animasi Berbasis Aplikasi Powtoon Pada Tema 7 Subtema 2 di Kelas V SDN 101610 Purbabangun T.A 2022/2023
Abstract
This research is motivated by the use of media in the learning process that is less skilled and creative and only uses makeshift media. This study aims to produce a valid, practical and effective powtoon-based animated video media in supporting learning success. This research is research and development using the 4D development model (define, design, development and dissemination). The subjects of this study were fifth grade students at SD Negeri 101610 Purbabangun and the object of this research was the animated video media based on the powtoon application. The results showed that the validation by material experts in stage I before revision obtained a percentage of 56.9% in the "Quite Adequate" category with revisions, then in stage II it obtained a percentage of 89.2% in the "Very Eligible" category without revisions and the design validation results obtained a percentage of 85 .3% in the category “Very Eligible. Practical tests by educational practitioners get a percentage of 91.7% "Very Practical". The results of the media effectiveness test through the pre-test obtained an average of 40.42% with the "Not Complete" completeness criteria while in the post-test obtained an average of 88.125 with the "Completed" completeness criteria. It can be concluded that the product being developed is very feasible, practical and effective for use in learning in elementary schools.
Full Text:
PDFReferences
Ananda L J, dan Nuraini (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Multi Media Interaktif Dengan Pendekatan Saintifik Pada Tema Indahnya Keragaman Di Negeriku Di Kelas IV SD Negeri 101969 Purba. School Education Journal. 9(1).
Arsyad, Azhar. (2017). Media Pembelajaran. Jakart: Rajawali Pers.
Asyhar, Rayandra.(2012). Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran.Jakarta: Gp Press.
Arikunto, Suharsimi. (2012). Dasar- Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta. Bumi Aksara
(2014). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Astria Rahayu. Pengembangan Media Pembelajaran Menggunakan Aplikasi Powtoon Pada Pembelajaran PPKN Materi Pancasila Kelas V Di SD Swasta 101830 Eka Pandawa Sakti T.A 2020/2021.(Skripsi).Universitas Negeri Medan.
Diyah, R & Syah.(2022). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Powtoo Dalam Materi Membaca Dongeng Dikelas III SDN Cijeruk Kabupaten Serang.PGSD FKIP Universitas Esa Unggul.Jurnal Of Social Science Research.Vol 2.
Dani Alexander Malau. Pengembangan Media Video Animasi Pembelajaran Berbasis Powtoon Pada Tema 6 Panas Dan Perpindahannya Kelas V Sdn 28 Parlondut T.A 2020/2021.(Skripsi).Universitas Negeri Medan.
Faisal & Lova.(2018). Pembelajaran Tematik Di Sekolah Dasar. Medan: Cv. Harapan Cerdas.
Fitriyani, Nina. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Audio-Visual Powtoo Tentang Konsep Diri Dalam Bimbingan Kelompok Untuk Peserta Didik Sekolah Dasar.Jurnal Tugas Bangsa. Vol 6.
Id Ayu Sekar Putri.Pengembangan Media Video Animasi Menggunakan Aplikasi Powtoon Pada Tema Peristiwa Kebangsaan Masa Penjajahan Untuk Siswa Kelas V Sd 067953 Tanjung Mulia T.A 2019/2020. (Skripsi).Universitas Negeri Medan.
Ismawati, Esti. (2012). Telaah Kurikulum dan Pengembangan Bahan Ajar. Jogyakarta: Ombak.
Lestari, Ika. (2013). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Kompetensi. Jakarta: Akademia Permata.
Maryanto, dkk. Buku Guru Kelas V, Tema 7: Peristiwa Dalam Kehidupan. Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 (Revisi 2017). Jakarta: Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan.
, dkk. Buku Siswa Kelas V, Tema 7: Peristiwa Dalam Kehidupan. Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 (Revisi 2017). Jakarta: Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan.
Made, Wena. (2011). Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer: Suatu. Tinjauan. Konseptual Operasional. Jakarta: Bumi Aksara. Nasution, S
Murfiah, Uum. (2017). Model Pembelajaran Terpadu di sekolah dasar.Jurnal Pesona Dasar. Vol. 1, No 5, ISSN: 2337-9227, 57-69.
Ngenda Dkk. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video Animasi Powtoon Pada Konsep Tumbuhan Lumut Dan Paku-Paku Kelas X SMA. Jurnal Inovasi Pendidik Sains.Vol.12.
Prastowo, Andi. (2013). Pengembangan Bahan Ajar Tematik. Jogyakarta: Diva Press
Pribadi, B. A. (2017). Teknologi Dalam Pembelajaran. Jakarta: Kencana
(2014). Pengembangan Bahan Ajar Tematik Tinjauan Teoritis DanPraktik.Jakarta: Kencana.
Ponza Dkk. (2018).Pengembangan Media Video Animasi Pada Pembelajaran Siswa Kelas IV Disekolah Dasar. Jurnal EDUTECH.Vol 6(1): 9-19.
Rahmawati, A. (2022). Kelebihan Dan Kekurangan Powtoon Sebagai Media Pembelajaran. Letera: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 17(1), 1-8.
Rudi Susilana & Cepi Riyana.(2008). Media Pembelajaran. Bandung: CV.
Rusman.(2014). Model-Model Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pres.
Saputro, Budiyono. (2017). Manajemen Penelitian Pengembangan. Yogyakarta: Asjawa Pressindo.
Sadiman, Arief S, dkk. 2014. Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan, dan
Pemanfaatannya. Jakarta: Rajawali Pers.
Salim&Haidir.2019.PenelitianPendidikan:Metode,Pendekatan,danJenis. Jakarta:Kencana.
Setyosari, P. (2015). Metode Penelitian Pendidikan Dan Pengembangan Edisi keempat. Jakarta: Kencana.
Simanungkalit, Erlinda. (2019). Pemanfaatan Information And Communication Technology (ICT) Untuk Meningkatkan Pembelajaran Membaca Dan Berbicara Pada Siswa Kelas V SD Negeri 106811 Bandar Setia. Jurnal Sekolah PGSD FIP UNIMED. 3(2),140-147.
Sugiyono.(2017). Metode penelitian dan pengembangan research and development.Bandung: CV wawancara prima.
(2020). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sukiman.(2019). Pengembangan Media Pembelajaran. Jakarta: Rajagrafindo
Persada.
Trianto. (2014).ModelPembelajaranTerpadu:Konsep,Strategi,DanImplementasinyaDalamKurikulumTingkatSatuanPendidikan(KTSP).Jakarta:Bumi Aksara.
DOI: https://doi.org/10.36987/josdis.v3i2.4628
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal ini mengikuti pedoman dari Committee on Publication Ethics (COPE) dalam menghadapi semua aspek etika publikasi dan, khususnya, bagaimana menangani kasus penelitian dan kesalahan publikasi. Pernyataan ini menjelaskan etika perilaku semua pihak yang terlibat dalam proses penerbitan artikel di jurnal ini, termasuk Penulis, Pemimpin Redaksi, Dewan Redaksi, Mitra Bebestari, dan Penerbit (Akademi Kepolisian Republik Indonesia). Journal of Student Development Information System (JoSDIS) berkomitmen untuk mengikuti praktik terbaik tentang masalah etika, kesalahan, dan pencabutan. Pencegahan malpraktek publikasi merupakan salah satu tanggung jawab penting dewan redaksi. Segala jenis perilaku tidak etis tidak dapat diterima, dan jurnal tidak mentolerir plagiarisme dalam bentuk apa pun.
Â
Journal of Student Development Information System (JoSDIS)
Journal URL:Â https://jurnal.ulb.ac.id/index.php/JoSDIS/index
Journal DOI:Â 10.36987/josdis
E-ISSN:Â 2774-7948
Alamat Redaksi :
Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas Labuhanbatu
Gedung Fakultas Sains dan Teknologi,
Jalan Sisingamangaraja No.126 A KM 3.5 Aek Tapa, Bakaran Batu, Rantau Sel., Kabupaten Labuhan Batu, Sumatera Utara 21418