Analisis Minat Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPA Kelas 4 di Sekolah Dasar Negeri 066054 Kec. Medan Denai T.A 2022/2023

Nurul Ramadani, Lala Jelita Ananda, Irsan Rangkuti, Eva Betty Simanjuntak, Imelda Free Unita Manurung

Abstract


This study aims to: (1) find out how students' interest in learning science class IV at SDN 066054 Kec. Medan Denai Field. The type of this research is descriptive research with a qualitative approach. The subjects in this study were 21 grade IV students and the homeroom teacher of grade IV. The research instruments used were questionnaires, interviews and documentation. The results showed that 39% of students felt that they enjoyed learning science, 29% of students were less interested in learning science, 27% of students paid less attention to learning science and 36% of students lacked involvement in learning science. Based on the results of the study that students' interest in learning science with an overall average indicator of interest in learning was 62% in the category of "more than half" students who were interested in learning science learning while "less than half" students felt they lacked interest in learning science learning.


Full Text:

PDF

References


Aan, K. & Djam’an, S. (2014). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Achru, A. 2019. Pengembangan Minat Belajar Dalam Pembelajaran. Jurnal Idaarah Vol. III No. 2.

Ananda, L,J .2016. Aktivitas Menulis Mahasiswa Pgsd Fip Unimed Dalam Proses Pembelajaran IPA. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar. P- ISSN 2407-4926.e-ISSN 2355-1720.

Ananda, L,J. 2017. Peranan Guru Dalam Membangun Dalam Karakter Anak. Jurnal Pgsd Fip Unimed. ISBN 978-602-50622-0-9.

Ananda,R & Hayati, F. 2020. Variabel Belajar Kompilasi Konsep.Medan cvpusdikramitrajaya.

Aprijal & Syarifuddin, A.2020. Pengaruh Minat Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Siswa di Madrasah Ibtidaiyah Darussalam Sungai Salak Kecamatan Tempuling. Jurnal Mitra Pgmi.vol.6 No.1.ISSN 2443-0021.

Arikunto, S. dkk. (2006). Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Djaali.2009. Psikologi Pendidikan.Jakarta. Bumi Aksara, hal. 125-126

Friantini, R, N & Winanta, R. 2019. Analisis Minat Pada Pembelajaran Matematika. Jurnal pendidikan matematika Indonesia. Bol. 4 no. 1. ISSN 2477-5967.

Hamzanwadi.2021. Hubungan Antara Kompetensi Pedagogik Guru dengan Minat Belajar Siswa. Bogor. Guepedia

Hurlock, Elizabeth. 2013. Psiokologi Perkembangan. Jakarta: Erlangga.

Karina, R.M. Dkk. Hubungan antara minat belajar dengan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran IPA pada kelas V SDN Garot Deuceu Aceh Besar. Jurnal Ilmiah Pendidikah Guru Sekolah Dasar FKIP Unsyiah.Vol.2 no 1-6.

Khairani Makmun. 2017. Psikologi Belajar. Yogyakarta. Aswaja Pressindo

Kompri. 2018. Motivasi Pembelajaran Persepektif Guru dan Siswa. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Kumala,F.N.2016. Pembelajaran IPA SD. Malang . Ediide Infografika.

Lestari. 2019. Analisis Peran Media Video Pembelajaran Dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPA di SMP. Jurnal Pendidikan. Vol.1 No. 2. ISSN : 2746-6191.

Lusidawaty. Dkk. 2021. Analisis Hubungan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Daring IPA Siswa Kelas III Sekolah Dasar. Jurnal Mimbar PGSD Undiskha. Vol. 9 No. 3. ISSN: 2614-4735.

Manalu, A, C.Jumiati, Y., & Setiawan, W. 2019. Analisis Minat Belajar Matematika Siswa SMP Kelas VIII pada Materi Persamaan Garis Lurus Berbantuan Aplikasi Geogebra. Journal On Education, 2(1), 63-69.

Marleni. 2016. Faktor – Faktor yang Mempengaruhi Minat Belajar Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Bangkinang. Jurnal pendidikan Matematika. 1(1), 149 – 159.

Moleong, L.J. (2007). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Moleong, L.J. (2010). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Muakhirin, A. 2014. Peningkatan Belajar IPA Melalui Pendekatan Pembelajaran Inkuiri Pada Siswa SD. Jurnal Ilmiah Guru.

Nugrahani, F. 2014. Metode Penelitian Kualitatif. Surakarta

Piska Ayu Andira, Andriani Utami, Mirli Astriana, Ahmad Walid. 2022. Analisis Minat Siswa terhadap Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran IPA. Jurnal Pendidikan Vol. 11 No. ISSN: 2339-2495. E- ISSN:2549-6611.

Putri,F,A & Ananda, L,J. 2020. Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Kearifan Lokal Untuk Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Sekolah Pgsd Fip Unimed Vol 4(4) No. ISSN : 2548-8856, e-ISSN :2549-127X.

Ramadhani, S,P. 2019. Konsep Dasar IPA. Jawa Barat. Yayasan Yiesa rich.

Rozil, F, dkk.2019. Pengembangan Bahan Ajar E-Leraning Berbasis Edmodo Pada Mata Kuliah Pendidikan IPA Sd Kelas Tinggi Mahasiswa Prodi Pgsd Fip Unimed. Elementary School Journal. Volumen 9 no 3.

Samatowa, U.2016. pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jakarta Barat: PT Indeks

Sari, E,W. 2020. Analisis minat belajar siswa pada pembelajaran matematika di SD Negeri 37 Kaur.

Sefira, A. 2013 . Deteksi Minat Bakat Anak. Yogyakarta: Media Pressindo.

Siadari,C & Ananda, L.J. 2020. Media Pembelajaran Kogerbe (Kotak Gerak Benda) Pada Materi Gerak Benda Mata Pelajaran IPA Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Guru Sekolagh Dasar Vol. 4 No. ISSN : 2548-883 e-ISSN : 2549-1288

Slameto. 2015. Belajar dan Faktor – Faktor yang Mempengaruhi. Jakarta:Rineka Cipta.

Slameto. 2017. Psikologi dengan Pendekatan Baru. Bandung: PT. Remaja. H.136

Sugiono. 2015 . Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung:Alfabeta.

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif , Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Susanto, Ahmad. 2015. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenadamedia Group.

Susanto. 2013. Teori Belajar Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: PT charisma Putra Utama

Tembang,Y. dkk 2019. Peningkatan Hasil Belajar IPA Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar Vol. 3 No. ISSN : 2579-3276 e-ISSN : 2549-6174.

Wiradarma, K,S, dkk. 2021. Analisis Hubungan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Daring IPA Siswa Kelas III Sekolah Dasar. Jurnal Mimbar PGSD Vol. 9 No. ISSN : 2614-4727 e- ISSN : 2414-4735.

Wisudawati, A, Sulistyowati, A. 2014. Metodologi Pembelajaran IPA. Jakarta: Bumi Aksara.




DOI: https://doi.org/10.36987/josdis.v3i2.4676

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Hasil gambar untuk committee on publication ethics logo
 

Jurnal ini mengikuti pedoman dari Committee on Publication Ethics (COPE) dalam menghadapi semua aspek etika publikasi dan, khususnya, bagaimana menangani kasus penelitian dan kesalahan publikasi. Pernyataan ini menjelaskan etika perilaku semua pihak yang terlibat dalam proses penerbitan artikel di jurnal ini, termasuk Penulis, Pemimpin Redaksi, Dewan Redaksi, Mitra Bebestari, dan Penerbit (Akademi Kepolisian Republik Indonesia). Journal of Student Development Information System (JoSDIS) berkomitmen untuk mengikuti praktik terbaik tentang masalah etika, kesalahan, dan pencabutan. Pencegahan malpraktek publikasi merupakan salah satu tanggung jawab penting dewan redaksi. Segala jenis perilaku tidak etis tidak dapat diterima, dan jurnal tidak mentolerir plagiarisme dalam bentuk apa pun.

 

Journal of Student Development Information System (JoSDIS)
Journal URL: https://jurnal.ulb.ac.id/index.php/JoSDIS/index
Journal DOI: 10.36987/josdis
E-ISSN: 2774-7948

Alamat Redaksi :
Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas Labuhanbatu
Gedung Fakultas Sains dan Teknologi,
Jalan Sisingamangaraja No.126 A KM 3.5 Aek Tapa, Bakaran Batu, Rantau Sel., Kabupaten Labuhan Batu, Sumatera Utara 21418