Efektivitas Pemanfaatan Lingkungan Sekolah Sebagai Sumber Belajar Terhadap Hasil Belajar IPA Tema 6 Subtema 1 Kelas IV SD Negeri 122349 Pematang Siantar T.A 2022/2023

Nasya Noviawanda, Lala Jelita Ananda, Wildansyah Lubis, Irsan Rangkuti, Fahrur Rozi

Abstract


The background to research at SDN 122349 Pematang Siantar found several problems, namely 1) The teacher only relied on textbooks as a learning resource, 2) Students quickly felt bored in teaching and learning activities using the lecture method, so this became one of the learning factors become less effective and learning outcomes are less than optimal, 3) Science learning outcomes of students in class IV A are still in the low category, 4) Teachers still do not maximize the quality of learning by using various learning resources in the teaching and learning process. The purpose of this study was to find out 1) The effectiveness of using the school environment as a learning resource on learning outcomes in Science Theme 6 Sub-theme 1 Learning 1 in Class IV A SDN 122349 Pematang Siantar T.A 2022/2023. 2) Student science learning outcomes in Theme 6 Sub-theme 1 Learning 1 in class IV A SDN 122349 Pematang Siantar T.A 2022/2023. This type of research is correlational research. The subjects in this study were 28 students in class IV A. The research instrument used was multiple choice tests and learning observation sheets. The percentage results show that 1) The results obtained increased from the pre-test value of 14% to 100%. It can be concluded that by utilizing the school environment as a learning resource it can improve learning outcomes Science Theme 6 Sub-theme 1 Learning 1 Class IV SDN 122349 Pematang Siantar T.A 2022/2023. 2) From the calculation of the t test obtained tcount = 4.65 and ttable = 2.056. So it can be concluded that tcount > ttable, then H1 is accepted and H0 is rejected.


Full Text:

PDF

References


Ahdar, Wardana. (2019). Belajar Dan Pembelajaran ( 4 Pilar Peningkatan Kompetensi Pedagogis). Jakarta: CV. Kaaffah Learning Center.

Ananda & Annisa. (2020). Pengembangan Media Monopoli Tematik Berbasis Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray Pada Tema Indahnya Keragaman Di Negeriku Untuk Siswa Kelas IV SDN 104204 Sambirejo Timur. SEJ : School Education Journal, 131-140.

Ananda & Nuraini. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif Dengan Pendekatan Saintifik Pada Tema Indahnya Keragaman di Negeriku di Kelas IV SD Negeri 101969 Tanjung Purba. SEJ : School Education Journal, 8-16.

Arifin Zainal. (2016). Evaluasi Pembelajaran. Bandung : PT REMAJA ROSDAKARYA.

Arikunto, Suharsimi. (2012). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rineka Cipta.

Arikunto, Suharsimi. (2014). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rineka Cipta.

Arikunto, Suharsimi. (2016). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan (Edisi 2). Jakarta : Bumi Aksara.

Arikunto, Suharsimi. (2017). Pengembangan Instrumen Penelitian dan Penilaian Program. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Asih, Eka. (2015). Metodologi Pembelajaran IPA. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Cahyadi, Ani. (2019). Pengembangan Media Dan Sumber Belajar : Teori dan Prosedur. Serang : Laksita Indonesia.

Dalyono. (2009). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta : Rineka Cipta.

Dimyanti & Mudjiono. (2012). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : Rineka Cipta.

Djamaluddin Ahdar, dkk. (2019). Belajar dan Pembelajaran. Sulawesi Selatan : CV. KAAFFAH LEARNING CENTER.

Fatmawati & Yusrizal. (2021). Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Alam Dan Gaya Belajar Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Di Era Pandemi Covid-19. ESJ ( Elementary School Journal). Vol. 11, No. 3, hlm 275-283, (ISSN 2407-4934).

Darwis Firawati. (2018). Efektivitas Pemanfaatan Lingkungan Sekolah Sebagai Sumber Belajar Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran IPA Kelas IV SD Negeri 6 Paruntu Sinjai Utara. Skripsi. Sinjar : Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan. IAI Muhammadiyah Sinjai.

Hamzah, Mohamad. (2014). Belajar dengan Pendekatan PAILKEM. Jakarta : Bumi Aksara.

Haryati, D. (2016). Efektivitas Pemanfaatan Lingkungan Sekolah Sebagai Sumber Belajar Terhadap Hasil Belajar IPA Peserta Didik Kelas IV SD Inpres BTN IKIP I Makasar. Jurnal Pendidikan Dasar Islam. Vol. 3, No. 2, hlm 80-96, ( p-ISSN 2407-2451).

Haryati, D. (2016). Efektivitas Pemanfaatan Lingkungan Sekolah Sebagai Sumber Belajar Terhadap Hasil Belajar IPA Peserta Didik Kelas IV SD Inpres BTN IKIP I Makasar. Skripsi. Makasar : Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan. Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar.

Jihad Asep, dkk. (2013). Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta : Multi Pressindo.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2016). Buku Guru Tema 6 "Cita-Citaku". Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2016). Buku Siswa Tema 6 "Cita-Citaku". Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Kumala, Farida N. (2016). Pembelajaran IPA SD. Malang: Ediide Infografika.

Kustanto, F. (2015). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Melalui Metode Participatory Learning Pada Materi Keliling Dan Luas Bangun Datar. . Jurnal Ilmiah Mitra Swara Ganesha. Vol. 2, No. 2, hlm 63-76, ( ISSN 2356-3443).

Lisnawati. (2022). Hubungan Antara Lingkungan Belajar Dengan Minat Belajar Siswa Kelas V Pada Masa New Normal SDN 024 Cindur Mahato Kec. Tembusai Utara Kab. Rokan Hulu Provinsi Riau T.P 2020/2021. Skripsi. Medan : Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Medan.

Nasution. (2011). Metode Research Penelitian Ilmiah. Jakarta : PT Bumi Aksara.

Nugraheni, Tri D. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Menggunakan Articulate Storyline Pada Mata Pelajaran Sejarah Indonesia Kelas X Di SMK Negeri 1 Kebumen. Skripsi. Semarang : Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Semarang.

Ramadhani, Sulistyani P. (2019). Konsep Dasar IPA. Depok: Yayasan Yiesa Rich.

Rokhyati, T. (2017). Hubungan Lingkungan Sekolah Dan Minat Belajar Dengan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IV SDN Gugus Cendrawasih Kecamatan Mlonggo Kabupaten Jepara. Skripsi. Semarang : Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Semarang.

Roulina. Permata E. (2021). Pengembangan Media Video Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. ESJ ( Elementary School Journal). Vol. 11, No. 2, hlm 170-178, ( ISSN 2407-4934).

Sari Eliana. (2019). Manajemen Lingkungan Pendidikan. Jakarta : Uwais Press.

Setyaningrum, Oktorini D. (2017). Pemanfaatan Lingkungan Sebagai Sumber Belajar Pada Pembelajaran Sains Di Kelas IV B SD Negeri No. 64/I Muara Bulian. Skripsi. Jambi : Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan. Universitas Jambi.

Sinurat, Gestina H. (2022). Hubungan Lingkungan Sekolah Terhadap Minat Belajar Siswa Kelas V SDN 101964 Jaharun A Kecamatan Galang T.A 2020/2021. Skripsi. Medan : Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Medan.

Slameto. (2013). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta : Rineka Cipta.

Slameto. (2016). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Hasil Belajar.

Sonia, G. (2021). Pengaruh Pemanfaatan Lingkungan Sekolah Sebagai Sumber Belajar Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri 1 Kabupaten Empat Lawang. Skripsi. Bengkulu : Fakultas Tarbiyah Dan Tadris. IAIN.

Sudjana, Nana. (2009). Penelitian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung : Remaj Rosdakarya.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: ALFABETA.

Sujarwo, dkk. (2018). Pengelolaan Sumber Belajar Masyarakat.

Sukmara, Dian. (2007). Implementasi Life Skill Dalam KTSP Melalui Model Manajemen Potensial Qodrat I (cet. I ; Bandung : Mughni Sejahtera).

Sukmadinata & Nana Syaodih. (2009). Landasan Psikologi Proses Pendidikan. Bandung : Remaja Rosdakarya.

Syah, Muhibbin. (2011). Psikologi Belajar. Jakarta : Rajawali Pers

Syah, Muhibbin. (2013). Psikologi Belajar. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada.

Widoyoko, Eko Putro. (2014). Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.




DOI: https://doi.org/10.36987/josdis.v3i2.4712

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Hasil gambar untuk committee on publication ethics logo
 

Jurnal ini mengikuti pedoman dari Committee on Publication Ethics (COPE) dalam menghadapi semua aspek etika publikasi dan, khususnya, bagaimana menangani kasus penelitian dan kesalahan publikasi. Pernyataan ini menjelaskan etika perilaku semua pihak yang terlibat dalam proses penerbitan artikel di jurnal ini, termasuk Penulis, Pemimpin Redaksi, Dewan Redaksi, Mitra Bebestari, dan Penerbit (Akademi Kepolisian Republik Indonesia). Journal of Student Development Information System (JoSDIS) berkomitmen untuk mengikuti praktik terbaik tentang masalah etika, kesalahan, dan pencabutan. Pencegahan malpraktek publikasi merupakan salah satu tanggung jawab penting dewan redaksi. Segala jenis perilaku tidak etis tidak dapat diterima, dan jurnal tidak mentolerir plagiarisme dalam bentuk apa pun.

 

Journal of Student Development Information System (JoSDIS)
Journal URL: https://jurnal.ulb.ac.id/index.php/JoSDIS/index
Journal DOI: 10.36987/josdis
E-ISSN: 2774-7948

Alamat Redaksi :
Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas Labuhanbatu
Gedung Fakultas Sains dan Teknologi,
Jalan Sisingamangaraja No.126 A KM 3.5 Aek Tapa, Bakaran Batu, Rantau Sel., Kabupaten Labuhan Batu, Sumatera Utara 21418