Strategi Guru Pada Mata Pelajaran Bahasa Arab Dalam Membangkitkan Minat Belajar Siswa di MTS Nurul Afifah Aceh Tenggara

Adi Gunawan, Ibrahim Hasan

Abstract


This study describes students' interest in learning, teachers' teaching strategies, and inhibiting factors in learning Arabic at MTs Nurul Afifah Aceh Tenggara. Qualitative methods were used through observation, interviews, and documentation. the results of this study show that1.) variations in students' interest in learning, with some showing high levels of enthusiasm, while others experience a lack of motivation. 2) Teachers apply diverse teaching strategies, including lectures, discussions and project-based learning to keep students engaged. 3)The inhibiting factors involve a lack of environmental support and limited awareness of the importance of Arabic.This study provides an in-depth insight into the conditions of Arabic language learning at MTs Nurul Afifah Aceh Tenggara. Conclusions highlight challenges and potential for development, with constructive suggestions to improve learning effectiveness and student interest.


Full Text:

PDF

References


Afrizal. (2014). Metode Penelitian Kualitatif: Sebuah Upaya Mendukung Penggunaan Penelitian Kualitatif Dalam Berbagai Disiplin Ilmu. PT. Raja Grafindo Persada.

AH, H. F., Arief, Z. A., & Muhyani, M. (2019). Strategi Motivasi Belajar Dan Minat Belajar Dengan Hasil Belajar Bahasa Arab. Tawazun: Jurnal Pendidikan Islam, 12(1), 112. https://doi.org/10.32832/tawazun.v12i1.1843

Akrim. (2022). Buku Ajar Strategi Pembelajaran. UMSU Press.

Arikanto, S. (2017). Metode Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta. Ariyanti, H., & Syarifah. (2021). Strategi Pembelajaran Bahasa Arab dalam

Aslihah, N. (2023). Peran Orang Tua dan Guru Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa. Pusat Pengembangan Pendidikan dan Penelitian Indonesia.

Astawa, I. B. M., & Adnyana, I. G. A. P. (2018). Belajar dan Pembelajaran. PT Raja Grafindo Persada.

Asyrofi, S., & Pransiska, T. (2021). Strategi Pembelajaran Elemen Bahasa Arab.

Balaka, M. Y. (2022). Metode penelitian Kuantitatif. Metodologi Penelitian Pendidikan Kualitatif, 1, 130.

Buan, Y. A. L. (2020). GURU DAN PENDIDIKAN KARAKTER: Sinergitas

Demak. Lisanul Arab: Jurnal Of Arabic Learning and Teaching, 4, 56.

Dewi, R., & Saudah. (2021). Minat Belajar dan Kompetensi Mahasiswa Dalam Penerapan Praktik Kebidanan. Penerbit Nem.

Dinamika dan Proyeksi Pembelajaran Bahasa Arab. (n.d.).

Farhani, C. (2020). Strategi Guru Bahasa Arab Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa di MAN 2 Ciamis. Institut Agama Islam Negeri Purwokerto.

Fransiska, F., & Elmubarok, Z. (2015). Efektifitas Metode Reading Guide Terhadap Keterampilan Membaca Bahasa Arab Siswa Kelas XII IPS MAN

Gasong, D. (2018). Belajar dan Pembelajaran. PENERBIT DEEPUBLISH (Grup Penerbitan CV. Budi Utama.

Gora, W., & Sunarto. (2010). PAKEMATIK: Strategi Pembelajaran Inovasi Berbasis TIK. PT. Elex Media Kamputindo.

Hakim, T. (2000). Belajar Secara Efektif. Puspa Swara.

Hardani, Andriani, H., Ustiawaty, J., & Istiqomah, R. R. (2020). Metode Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif. CV. Pustaka Ilmu Group.

Hasanah, H. (2016). Teknik-Teknik Observasi. Jurnal Al-Taqaddum, 8, 26. Isbah, F., Taufiq, A., Jamaludin, A., & Munir, M. (2022). Jurnal asghar. 2, 26–37.

Kaukab, M. E. (2021). Penilaian Autentik Dalam Pembelajaran Bahasa Arab.

Kusumastuti, A., Khoiron, A. M., & Ahmadi, T. A. (2020). Metode Penelitian Kualitatif (Cet. 1). PENERBIT DEEPUBLISH (Grup Penerbitan CV. Budi Utama.

Meningkatkan Minat Belajar Bahasa Arab Siswa Kelas VII MTs Nurul Muttaqin Simpang Tiga. Al-Mu’arrib: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 1(1), 7.

Moleong, L. J. (2011). Metode Penelitian Kualitatif. PT. Remaja Rosda karya. Nasution, Z. (2020). Strategi Pembelajaran Quran Hadis Dalam Memaksimalkan

NIVEDANA : Jurnal Komunikasi Dan Bahasa, 2(1), 60–75. https://doi.org/10.53565/nivedana.v2i1.282

Nurtika, L. (2021). Strategi Meningkatkan Minat Baca Pada Masa Pandemi.

Pada Keterampilan Berbicara Bagi Siswa Kelas VII Mts. Journal of Arabic Learning and Teaching, 1, 2.

Peran Guru Dalam Menanamkan Nilai-Nilai Pendidikan Karakter di Era Milenial. Penerbit Adab (CV. Adanu Abitama).

Piqri, M. H. (2021). Implementasi Bahasa Arab Sebagai Bahasa Internasional.

Pratama, R., Arqam, M. L., & Bustam, B. M. R. (2021). Inovasi Metode Pembelajaran Bahasa Arab (Konsep dan Penerapan). Jejak Pustaka.

Proses Pembelajaran Al-Qur‟an Hadis. Al-Fatih: Jurnal Pendidikan Dan Keislaman, 3(2).

Pustaka Ilmu.

Rosaliza, M. (2015). Wawancara, Sebuah Interaksi Komunikasi Dalam Penelitian Kualitatif. Jurnal Ilmu Budaya, 11.

Salim, A. (2006). Teori dan Paradigma Penelitian Sosial. Tiara Wacana. Sanjaya, W. (2017). Perencanaan & Desain Sistem Pembelajaran (8th ed.). Kencana.

Sawitri, E. R. (2022). Model Discovery Learning Berbantuan Komik Untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar. Uwais Inspirasi Indonesia.

Setyo, A. A., Fathurahman, M., & Anwar, Z. (2020). Strategi Pembelajaran Problem Based Learning. Yayasan Barcode.

Siregar, J. R. (2022). Perkembangan dan Pengasuhan Anak Hingga Remaja. Penerbit Alumni.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta. Sulastri. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Arabic Thematic Video

Sumiati. (2018). Peranan Guru Kelas dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 3(2), 150.

Sunhaji. (2014). Konsep Manajemen Kelas Dan Implikasinya Dalam Pembelajaran. Jurnal Kependidikan, 2(2).

Suryani, P., Cahyono, Y., & Utami, B. D. (2020). Pengaruh Motivasi dan Gaya Kepemimpinan Terhadap Produktivitas Kerja pada Karyawan Bagian Produksi di PT Tuntex Garment Indonesia. Journal of Industrial Engineering & Management Research, 1(1), 70–82. https://jiemar.org/index.php/jiemar/article/view/28

Sutikno, S. (2021). STRATEGI PEMBELAJARAN. CV. Adanu Abimata.

Sutrisno. (2021). Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar TIK Materi Topologi Jaringan Dengan Media Pembelajaran. Ahlimedia Press.

Switri, E. (2020). Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab di PTU. CV. Penerbit Qiara Media.

Thoha, M. (2012). Pembelajaran Bahasa Arab Dengan Pendekatan Manajemen Berbasis Sekolah. Okara, 1, 83. Wekke, I. S. (2019). Strategi pembelajaran bahasa Arab madrasah minoritas muslim. 8.




DOI: https://doi.org/10.36987/josdis.v4i1.5451

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Hasil gambar untuk committee on publication ethics logo
 

Jurnal ini mengikuti pedoman dari Committee on Publication Ethics (COPE) dalam menghadapi semua aspek etika publikasi dan, khususnya, bagaimana menangani kasus penelitian dan kesalahan publikasi. Pernyataan ini menjelaskan etika perilaku semua pihak yang terlibat dalam proses penerbitan artikel di jurnal ini, termasuk Penulis, Pemimpin Redaksi, Dewan Redaksi, Mitra Bebestari, dan Penerbit (Akademi Kepolisian Republik Indonesia). Journal of Student Development Information System (JoSDIS) berkomitmen untuk mengikuti praktik terbaik tentang masalah etika, kesalahan, dan pencabutan. Pencegahan malpraktek publikasi merupakan salah satu tanggung jawab penting dewan redaksi. Segala jenis perilaku tidak etis tidak dapat diterima, dan jurnal tidak mentolerir plagiarisme dalam bentuk apa pun.

 

Journal of Student Development Information System (JoSDIS)
Journal URL: https://jurnal.ulb.ac.id/index.php/JoSDIS/index
Journal DOI: 10.36987/josdis
E-ISSN: 2774-7948

Alamat Redaksi :
Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas Labuhanbatu
Gedung Fakultas Sains dan Teknologi,
Jalan Sisingamangaraja No.126 A KM 3.5 Aek Tapa, Bakaran Batu, Rantau Sel., Kabupaten Labuhan Batu, Sumatera Utara 21418