KEGUNAAN APLIKASI SPSS PADA MAHASISWA MANAJEMEN INFORMATIKA PADA MATA KULIAH STATISTIKA

Sanny Sanny, Tiara Tiara, Zakia Zakia, Rohan Pasaribu

Abstract


SPSS banyak digunakan dalam berbagai riset pemasaran, pengendalian dan perbaikan mutu (quality improvement), serta riset-riset sains. SPSS pertama kali muncul dengan versi PC (bisa dipakai untuk komputer desktop) dengan nama SPSS/PC+ (versi DOS). Tetapi, dengan mulai populernya system operasi windows. SPSS mulai mengeluarkan versi windows (mulai dari versi 6.0 sampai versi terbaru sekarang).Salah satu kompetensi yang harus dimiliki oleh mahasiswa adalah mampu melakukan penelitian. Hal ini karena mahasiswa adalah sebuah profesi yang menuntut peningkatan pengetahuan dan keterampilan terus menerus sejalan dengan perkembangan pendidikan di lapangan. Setiap bidang pekerjaan selalu dihadapkan pada permasalahan yang selalu berkembang, baik berupa fenomena yang mengundang tanda tanya, maupun kesenjangan antara yang diharapkan dengan kenyataan. Permasalahan tersebut menuntut jawaban dan solusi yang dapat dipertanggung jawabkan. Data yang telah dikumpulkan tidak akan berarti apa-apa bila tidak diolah dan dianalisis, untuk menghasilkan kesimpulan. Salah satu alat penelitian yang digunakan dalam proses pengolahan data penelitian mahasiswa digunakannya SPSS. Hasil dari kegiatan pelatihan pengolahan data memberikan pengetahuan ilmu, meningkatkan keterampilan, melatih pemikiran kreatif mahasiswa dan memudahkan dalam menentuan uji statistika yang digunakan dalam penelitian. Pemilihan menggunakan SPSS karena memiliki kelebihan dibandingkan dengan microsoft excel yaitukemudahan dalam memasukan data, kemudahan dalam melakukan pengolaan data, dan cepat menampilkan output

Full Text:

PDF

References


F. Fauziah and R. S. Karhab, “Pelatihan Pengolahan Data Menggunakan Aplikasi SPSS Pada Mahasiswa,†J. Pesut Pengabdi. Untuk Kesejaht. Umat, vol. 1, no. 2, pp. 129–136, 2019.

M. M. Kooperatif, “Edu Science MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF INKUIRI DENGAN KONVENSIONAL PADA POKOK BAHASAN SISTEM PERSAMAAN LINEAR TIGA VARIABEL ( SPLTV ) DI KELAS X SMA NEGERI 1 BILAH HULU Edu Science,†vol. 4, no. 1, pp. 1–7, 2017.

A. Kusuma and A. Rakhman, “Peningkatan Keterampilan Olah Data (SPSS) Pada Mahasiswa DIII Akuntansi Politeknik Harapan Bersama Tegal,†J. Pengabdi. Masy. Progresif Humanis Brainstorming, vol. 1, no. 1, pp. 49–54, 2017, doi: 10.30591/japhb.v1i1.688.

Y. Wawan, “Lebih Besar Dari Nilai T,†Pengaruh Partisipasi Anggota Terhadap Keberhasilan Kop. Serba Usaha “Kharisma†Desa Loyang Kec. Cikedung Kabupaten Indramayu, vol. 1, no. 1, pp. 147–152, 2018.

J. R. Rojas-Solano, R. W. Light, and A. Brenes-Dittel, “Líquido pleural de color negro,†Arch. Bronconeumol., vol. 45, no. 2, pp. 103–104, 2009, doi: 10.1016/j.arbres.2008.09.002.

Junaidi, “Processing Data Penelitian Menggunakan SPSS,†Pus. Kaji. Dan Pendidik. Dan Pelatih. Apar. IV Lemb. Adm. Negara Republik Indones., vol. 53, no. 9, pp. 1–22, 2010.

Muhammad Saputra and Viola De Yusa, “Pelatihan pengolahan dan penyajian data menggunakan Program SPSS pada Siswa/I dan Guru SMKN 1 Bandar Lampung,†J. Innov. Community Empower., vol. 1, no. 1, pp. 15–20, 2019, doi: 10.30989/jice.v1i1.200.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.