Pengaruh Citra Dan Keramahan Karyawan Terhadap Kenyamanan Tamu Pada Grand Sahada Hotel Aek Batu

Ismayana Ismayana, Pristiyon Pristiyon, Zufrie Zufrie

Abstract


This study aims to examine the effect of image and friendliness of employees on guest comfort at Grand Sahada Hotel AEK Batu, South Labuhanbatu Regency. Data collection was carried out by distributing questionnaires and distributed to 60 research samples, namely grand sahada hotel guests. Data analysis in this study using the help of SPSS version 20. Data testing techniques conducted in this study include validity and reliability test, classical assumption test, multiple linear regression analysis, and partial and simultaneous testing. The analysis showed that the image of a positive effect on the comfort of guests it is seen from the value of t count > t table (2.697>2.002), and the hospitality of employees a positive effect on the comfort of guests it is seen from the value of t count > t table (4.318>2.002), image, atmosphere, quality and friendliness of employees a positive effect on the comfort of guests it is seen from the value of F count > F table (13.558>2.77).

Keywords


Image, Employee Friendliness And Customer Satisfaction

Full Text:

PDF

References


Anjelina, A. (2018). PERSEPSI KONSUMEN PADA PENGGUNAAN E-MONEY. JOURNAL OF APPLIED MANAGERIAL ACCOUNTING. https://doi.org/10.30871/jama.v2i2.934

Handayati, R. (2016). PENGARUH KARAKTERISTIK INDIVIDU TERHADAP KINERJA KARYAWAN DI BANK JATIM CABANG LAMONGAN ( Suatu Studi Pada Bank Jatim Cabang Lamongan ). Jurnal Penelitian Ekonomi Dan Akuntansi, I(2), 127–140.

Indriani, I. (2018). Pengaruh Saluran Distribusi Terhadap Volume Penjualan Pada Pt. Sinar Kalimantan Berau Tanjung Redeb. Pengaruh Saluran Distribusi Terhadap Volume Penjualan Pada Pt. Sinar Kalimantan Berau Tanjung Redeb, 2(1), 116–126. http://jurnal.stiemtanjungredeb.ac.id/index.php/camjournal/article/download/131/91/

Iswanto, B., Yacob, S., & Erida. (2011). Analisis Persepsi Konsumen Pengguna Jasa Medis Non kejiwaan Rumah Sakit Jiwa Daerah Jambi. Jurnal Manajemen Pemasaran Modern, 3(1), 1–5. https://doi.org/10.1007/s13398-014-0173-7.2

Julianti, N. L., Nuridja, M., & Meitriana, M. A. (2014). Pengaruh Suasana Toko ( Store Atmosphere ) Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Toserba Nusa Permai di Kecamatan Nusa Penida Tahun 2014. 1.

Miauw, K. Y. H. (2016). Motivasi Konsumen Dan Sikap Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Di Wild. Jurnal Manajemen Dan Start-Up Bisnis, 1(5), 567–575.

Papeo, A., Kalangi, J., & Punuindoong, A. (2018). Pengaruh Komunikasi Pemasaran Terhadap Citra Perusahaan PT. Telkom Indonesia Manado. Jurnal Administrasi Bisnis, 6(003), 269330. https://doi.org/10.35797/jab.6.003.2018.20291.

Produksi, B. (n.d.). : Biaya Distribusi; Biaya Produksi; Volume Penjualan.

Rachmawati, R., Jasa, J. T., Produksi, D., & Semarang, U. N. (2011). Peranan Bauran Pemasaran (Marketing Mix) terhadap Peningkatan Penjualan (Sebuah Kajian terhadap Bisnis Restoran). Jurnal Kompetensi Teknik, 2(2), 143–150.

Rustami, P., Kirya, I. K., & Cipta, W. (2014). Pengaruh Biaya Produksi, Biaya Promosi, dan Volume Penjualan Terhadap Laba Pada Perusahaan Kopi Bubuk Banyuatis. E-Jurnal Bisma Universitas Pendidikan Ganesha, 2(1), 1–9.

Saputra, R., & Semuel, H. (2013). Analisa Pengaruh Motivasi, Persepsi, Sikap Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Daihatsu Xenia di Sidoarjo. JURNAL MANAJEMEN PEMASARAN.

Saragih, H. (2017). Analisis Faktor Pendorong Pemasaran Ekspor Dan Pengaruhnya Terhadap Peningkatan Volume Penjualan Pada Pt. Perkebunan Nusantara Ii (Persero) Medan. Jurnal Ilmiah Methonomi, 3(2), 149–163.

Sidiq, A., & Sukardi, D. (2018). PROGRAM PEMASARAN ONLINE MELALUI MEDIA SOSIAL KERRONG . CO DIBANDING DENGAN BATIK PASTEL INDONESIA. 3.

Subianto, T. (2007). Jurnal Ekonomi MODERNISASI IMPLIKASINYA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN Totok Subianto. Jurnal Ekonomi MODERNISASI, 3, 165–182.

Sumampouw, H. J., & Sambul, S. A. P. (2016). KEPUTUSAN PEMBELIAN KENDARAAN RODA DUA HONDA NURUL HIDAYAH A RAHMAN JURNAL ADMINISTRASI BISNIS 2016 JURNAL ADMINISTRASI BISNIS 2016. 3, 1–11.

Viliaus, C., & Tobing, R. L. (2017). Pengaruh Komunikasi Pemasaran Terpadu Terhadap Minat Beli Konsumen Pond s Yang Dimediasi Oleh Brand Equity. Jurnal Manajemen Bisinis, 12(2), 129–142.

Wardhani, W., Sumarwan, U., & Yuliati, L. N. (2016). Pengaruh Persepsi dan Preferensi Konsumen terhadap Keputusan Pembelian Hunian Green Product. Jurnal Manajemen Dan Organisasi, 6(1), 45. https://doi.org/10.29244/jmo.v6i1.12183.




DOI: https://doi.org/10.36987/ebma.v2i1.3139

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Hasil gambar untuk committee on publication ethics logo
 

Jurnal ini mengikuti pedoman dari Committee on Publication Ethics (COPE) dalam menghadapi semua aspek etika publikasi dan, khususnya, bagaimana menangani kasus penelitian dan kesalahan publikasi. Pernyataan ini menjelaskan etika perilaku semua pihak yang terlibat dalam proses penerbitan artikel di jurnal ini, termasuk Penulis, Pemimpin Redaksi, Dewan Redaksi, Mitra Bebestari, dan Penerbit (Akademi Kepolisian Republik Indonesia). Ekonomi Bisnis Manajemen dan Akuntansi (EBMA) berkomitmen untuk mengikuti praktik terbaik tentang masalah etika, kesalahan, dan pencabutan. Pencegahan malpraktek publikasi merupakan salah satu tanggung jawab penting dewan redaksi. Segala jenis perilaku tidak etis tidak dapat diterima, dan jurnal tidak mentolerir plagiarisme dalam bentuk apa pun.

 

Ekonomi Bisnis Manajemen dan Akuntansi (EBMA)
Journal URL: https://jurnal.ulb.ac.id/index.php/ebma/index
Journal DOI: 10.36987/ebma
e-ISSN : 2746-2137

p-ISSN : 2746-5330

Alamat Redaksi :
Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Labuhanbatu
Gedung Fakultas Ekonomi dan Bisnis,
Jalan Sisingamangaraja No.126 A KM 3.5 Aek Tapa, Bakaran Batu, Rantau Sel., Kabupaten Labuhan Batu, Sumatera Utara 21418