Analisis Alasan Nasabah Dalam Memilih Pegadaian Syariah Sebagai Solusi Permasalahan Keuangan (Studi Kasus Produk RAHN)

Zainarti Zainarti, Muhammad Syafrizal

Abstract


This study aims to determine and analyze the influence of promotion, loan disbursement procedure, syaria aspect, and location on the interest of customers using rahn products on syaria pawnshops. The research used quantitative research. The population in this research is all customers who used rahn products on syaria pawnshops. The technique of sampling method used convenience sampling and retrieved samples of 100 respondents. For data analysis method, using multiple linear regression analysis with SPSS. The results of this study indicated that promotion, loan disbursement procedure, syaria aspect, and location simultaneously affect the interest. Partially, the result shows that promotion, loan disbursement procedure, syaria aspect, and location have a significant effect on the interest of customers using rahn products at the  Kuala Simpang  Syariah Pawnshop Head Office


Keywords


Interest, Promotion, Loan Disbursement Prosedure, and Syaria Aspect.

Full Text:

PDF

References


Abdullah, M, ma’ruf, manajemen berbasis syariah, aswajapressindo, Yogyakarta 2013.

Arijianto. Agus, etika bisnis bagi pelaku bisnis, edisi ke-3, raja grafindo persada: Depok, 2017.

Ghifari, ahmad, KONTAN.co.id-, jakarta kamis 22 agusus 2019 21:44.

Kasmir, bank dan lembaga keuangan lainnya, Jakarta : PT raja grindo persada 2008.

Kewirausahaan edisi revisi, Jakarta PT raja grisindo persada 2013.

Sa’dah, faridatun, strategi pemasaran produk gadai syariah dalam upaya menarik minat nasabah Al-iqthisad, no Vol 1 No 2 juli 2009.

Tjiptono, Fandy. 1995. Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Andi Offset)

Wasesa, Silih Agung. Strategi Publik Relation, Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Yuriyani, Siti. 2016. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Peningkatan Jumlah Nasabah GadaiSyariah Cabang Serang. Skripsi Sarjana, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.




DOI: https://doi.org/10.36987/ebma.v3i2.3607

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Hasil gambar untuk committee on publication ethics logo
 

Jurnal ini mengikuti pedoman dari Committee on Publication Ethics (COPE) dalam menghadapi semua aspek etika publikasi dan, khususnya, bagaimana menangani kasus penelitian dan kesalahan publikasi. Pernyataan ini menjelaskan etika perilaku semua pihak yang terlibat dalam proses penerbitan artikel di jurnal ini, termasuk Penulis, Pemimpin Redaksi, Dewan Redaksi, Mitra Bebestari, dan Penerbit (Akademi Kepolisian Republik Indonesia). Ekonomi Bisnis Manajemen dan Akuntansi (EBMA) berkomitmen untuk mengikuti praktik terbaik tentang masalah etika, kesalahan, dan pencabutan. Pencegahan malpraktek publikasi merupakan salah satu tanggung jawab penting dewan redaksi. Segala jenis perilaku tidak etis tidak dapat diterima, dan jurnal tidak mentolerir plagiarisme dalam bentuk apa pun.

 

Ekonomi Bisnis Manajemen dan Akuntansi (EBMA)
Journal URL: https://jurnal.ulb.ac.id/index.php/ebma/index
Journal DOI: 10.36987/ebma
e-ISSN : 2746-2137

p-ISSN : 2746-5330

Alamat Redaksi :
Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Labuhanbatu
Gedung Fakultas Ekonomi dan Bisnis,
Jalan Sisingamangaraja No.126 A KM 3.5 Aek Tapa, Bakaran Batu, Rantau Sel., Kabupaten Labuhan Batu, Sumatera Utara 21418