Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Produk Impor Dengan Religiusitas Sebagai Variabel Moderating (Studi Kasus : Mahasiswa Program Studi Ekonomi Islam UIN Sumatera Utara)

Adila Husna, Nur Ahmadi Bi Rahmani, Muhammad Syahbudi

Abstract


At this time, very many foreign products, especially food,enter Indonesia, according to the BPS, imports of consumer goods in 2021 have increased by 20,182.8 million US dollars. With the increase in the number of imported goods, it affects consumer behavior regarding consumption of goods so that consumer interest in imported products increases. However, the circulation of imported products are still many products that do not have a halal label on the packaging and certainly not guaranteed halal. This study aims to determine how the influence of halal literacy factors, halal labels, and product quality on purchasing decisions of imported products. This study uses a quantitative approach with questionnaire data collection techniques distributed to 75 respondents who are students majoring in Islamic economics UIN North Sumatra. This study used a moderated regression analysis method with the help of SPSS 22. The results of this study showed that the variable halal literacy significant effect on purchasing decisions worth 0.049 < 0.05. Variable halal label significant effect on purchasing decisions worth 0.036 < 0.05. Product quality variables have a significant effect on purchasing decisions worth 0.023 < 0.05. Religiosity was able to moderate the influence of halal literacy on purchasing decisions worth 0.037 < 0.05. Religiosity was able to moderate the influence of halal labels on purchasing decisions worth 0.023 < 0.05. And religiosity was able to moderate the influence of product quality on purchasing decisions worth 0.035 < 0.05.

Keywords


Literacy, Halal Label, Product Quality, Purchase Decision, Religiosity.

Full Text:

PDF

References


Azis, F. A. (2020). Pengaruh Label halal MUI dan Harga terhadap Keputusan Pembelian Produk dengan Religiusitas Sebagai Variabel Intervening (Studi Pembelian Produk di Alfamart oleh Masyarakat Kota Ungaran). IAIN Salatiga.

Badan Pusat Statistik. (2021). Perkembangan Barang Impor Menurut Gol. Barang. https://www.bps.go.id

Badan Pusat Statistik. (2021b). Profil Perdagangan Indonesia. https://www.bps.go.id

Duli, N. (2019). Metodologi Penelitian Kuantitatif: Beberapa Konsep Dasar Untuk Penulisan Skripsi & Analisis Data Dengan SPSS. Deepublish Publisher.

Fadila, C. T. (2019). Analisis Pengaruh Label Halal, Kualitas Produk, dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada Toko Roti Bread Boy Bakery & Cake Shop di Banda Aceh). UIN Ar-Raniry.

Farida, B. S., & Mahfud, Y. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Kualitas Produkterhadap Keputusan Nasabah Dengan Religious Behavior Sebagai Variabel Moderator ( Studi Kasus Pada Produk Tabungan Bank Muamalat Kantor Cabang Pembantu Wonosobo ). Journal of Economic, Business and Engineering (JEBE), 2(2), 348–356.

Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multiviarate Dengan Program IBM SPSS. Badan Penerbit UNDIP.

Harahap, I., Jualiati, Y. S., Marliyah, & Syahriza, R. (2017). Hadis-Hadis Ekonomi. Kencana.

Hardani, Andriani, H., Ustiawat, J., Utami, E. F., Istiqomah, R. R., Fardani, R. A., Sukmana, D. J., & Auliya, N. H. (2020). Metode Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif. Pustaka Ilmu.

Imamuddin, M., Syahrul, S., & Dantes, R. (2020). Pengaruh Label Halal Dimoderasi Religiusitas Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kemasan Oleh Mahasiswa PTKIN Se-Sumatera Barat. KABILAH : Journal of Social Community, 5(1), 14–25. https://doi.org/10.35127/kbl.v5i1.3884

Kurniawan, R., & Yuniarto, B. (2016). Analisis Regresi: Dasar dan Penerapannya dengan R. Kencana.

Marpaung, M., Ridwan, M., Sriani, S., & S, P. R. (2021). Analisis Moderasi Religiusitas Pada Pengaruh Pendidikan, Pengalaman dan Motivasi Terhadap Kinerja Pegawai Pemprov Sumut. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 7(02).

Mulyati. (2019). Pengaruh Tingkat Literasi Halal dan Tingkat Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Makanan Impor (Studi Pada Mahasiswa Jurusan Ekonomi Syariah UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten). UIN Sultan Maulana Hasanuddin.

Oktavenia, K. A. R., & Ardani, I. G. A. K. S. (2019). Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Handphone Nokia Dengan Citra Merek Sebagai Pemediasi. E-Jurnal Manajemen Unud, 8(3).

Pradana, D., Hudayah, S., & Rahmawati, R. (2018). Pengaruh Harga Kualitas Produk dan Citra Merek Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Motor. Kinerja, 14(1), 16. https://doi.org/10.29264/jkin.v14i1.2445

Rahmani, N. A. B. (2016). Metodologi Penelitian Ekonomi. FEBI UINSU Press.

Raziqi, A. (2022). Pengaruh Label Halal, Religiusitas, Harga dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Makanan dan Minuman dalam Kemasan Pada Mahasiswa S1 Febi UIN Kiai Haji Achmad Siddiq dan Universitas Islam Jember. UIN Kiai Haji Achmad Siddiq.

Rusydi, A. (2012). Religiusitas dan Kesehatan Mental Studi Pada Aktivis Jama’ah Tabligh Jakarta Selatan. Penerbit YPM.

Salehudin, I. (2010). Halal Literacy: A Concept Exploration and Measurement Validation. SSRN Electronic Journal, 2(June 2010). https://doi.org/10.2139/ssrn.2004762

Suroso, A. (2008). Psikologi Islam: Solusi Islam dan Problem-Problem Psikologi. Pustaka Pelajar.

Vristiyana, V. M. (2019). Pengaruh Religiusitas dan Pengetahuan Produk Halal Terhadap Penilaian Produk Halal dan Minat Pembelian Produk Halal. Jurnal EKOBIS, 20(1).

Wahyuni, I. N., Hakim, L., & Wiedy Murtini. (2018). Effectiveness of Education Module Implementation on Increasing Islamic Financial Literacy and Halal Literacy of MSMEs Perpetrators. Jurnal Dinamika Akuntansi, 10(1), 51–58. https://doi.org/10.15294/jda.v10i1.12516

Wibisono, E. S. (2019). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, dan Kepuasan Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen UD. Rizky Barokah di Balongbendo. In Journal of Chemical Information and Modeling (Vol. 53, Issue 9). Universitas Bhayangkara Surabaya.

Zeyf, F. W. (2020). Pengaruh Labelisasi Halal, Religiositas, Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Makanan Dan Minuman Kemasan Impor (Studi Pada Mahasiswa Febi Uin Ar-Raniry Banda Aceh). UIN Ar-Raniry Banda Aceh.




DOI: https://doi.org/10.36987/ebma.v3i2.3660

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Hasil gambar untuk committee on publication ethics logo
 

Jurnal ini mengikuti pedoman dari Committee on Publication Ethics (COPE) dalam menghadapi semua aspek etika publikasi dan, khususnya, bagaimana menangani kasus penelitian dan kesalahan publikasi. Pernyataan ini menjelaskan etika perilaku semua pihak yang terlibat dalam proses penerbitan artikel di jurnal ini, termasuk Penulis, Pemimpin Redaksi, Dewan Redaksi, Mitra Bebestari, dan Penerbit (Akademi Kepolisian Republik Indonesia). Ekonomi Bisnis Manajemen dan Akuntansi (EBMA) berkomitmen untuk mengikuti praktik terbaik tentang masalah etika, kesalahan, dan pencabutan. Pencegahan malpraktek publikasi merupakan salah satu tanggung jawab penting dewan redaksi. Segala jenis perilaku tidak etis tidak dapat diterima, dan jurnal tidak mentolerir plagiarisme dalam bentuk apa pun.

 

Ekonomi Bisnis Manajemen dan Akuntansi (EBMA)
Journal URL: https://jurnal.ulb.ac.id/index.php/ebma/index
Journal DOI: 10.36987/ebma
e-ISSN : 2746-2137

p-ISSN : 2746-5330

Alamat Redaksi :
Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Labuhanbatu
Gedung Fakultas Ekonomi dan Bisnis,
Jalan Sisingamangaraja No.126 A KM 3.5 Aek Tapa, Bakaran Batu, Rantau Sel., Kabupaten Labuhan Batu, Sumatera Utara 21418