Analisis Pengembangan Wisata Kuliner Kota Medan

Vera Yunita Hasibuan, Yusrizal Yusrizal, Nurul Jannah

Abstract


: This study aims to determine the development strategy for the culinary tourism business in Medan City. This research method is field research with a qualitative-descriptive approach. research that emphasizes aspects of in-depth understanding of a problem rather than looking at problems for generalization research. This research method uses in-depth analysis techniques. Based on the results of the research that has been done, the strategy for developing culinary tourism in order to prosper the economy in Medan City is by using a SWOT analysis, namely by using the SO strategy, WO strategy, ST strategy and WT strategy. The results of this analysis are maintaining the taste and uniqueness as well as product quality, increasing partnerships with the government, improving better tourist destinations. The author's suggestions are to improve the facilities and quality of human resources, innovate, involve food bloggers or food vloggers for promotions, and organize events to make them more widely known.


Keywords


Development Analysis, Culinary Tourism.

Full Text:

PDF

References


Abdulwahab, M. H., & Al-damen, R. A. "The Impact of Entrepreneurs'

Characteristics on Small Business Success at Medical Instruments Supplies

Organizations in Jordan". International Journal of Business and Social Science,(2015). 6(8), 164–175.

Alma, Buchari. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: CV Alfabeta. (2014).

Al, Rochmawati et. “Penelusuran Jejak Makanan Khas Semarang Sebagai Aset Inventarisasi Dan Promosi Wisata Kuliner Jawa Tenggah Dipoipteks†(2017): h.7-11.

Annisa Ainun Lestari. “Potensi Pengembangan Kuliner Halal Ditengah Urgensi Pemenuhan Kebutuhan Wisatawan Muslim Di Kabupaten Toraja Utara.†Studi Kasus Pada Mentirotiku Resort (2021).

Arini Wijayanti. “Analisis Peranan Objek Wisata Telaga Gumpit Dalam Meningkatkan Pendapatan Masyarakat Desa Tegalsari Kecamatan Gadingrejo Dalam Perspektif Islam†(2019).

Dita Zakia Rahmah Siahaan. “Analisis Keberadaan Wisata Kuliner Dalam Meningkatkan Pendapatan Masyarakat Di Desa Bagan Percut Kecamatan Percut Sei Tuan†(2021).

Eri Besra. “Potensi Wisata Kuliner Dalam Mendukung Pariwisata Di Kota Padang†(2018).

Fahmi, Irham. Kewirausahaa: Teori, Kasus Dan Solusi. Bandung: Alfabeta, 2013.

Fitriadi Fauzan. “Analisis Potensi Sektor Pariwisata Di Kota Bima Provinsi Nusa†(2019).

Freddy Rangkuti. Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 2003.

Harahap, Isnaini. Ekonomi Pembangunan Pendekatan Transdisipliner. Medan: FEBI UIN-SU Press, 2018.

Imsar, (2023) Analysis of Digital Education Interactions, education Openness, Islamic Human Development Index (I-HDI) and Indonesia's GDE Growth.Jurnal Pendidikan Islan, Vol: 12. DOI: 10.30868/ei.v12i01.4265

Isnanini Harahap, Industri Kreatif UMKM (usaha Mikro Kecil Menengah) di Kota Medan Dalam Perspektif Ekonomi Islam

Hendro. Dasar-dasar Kewirausahaan, Jakarta: Erlangga, 2011

Humaizar. Manajemen Peluang Usaha, Jakarta: Erlangga, 2018.

Icuk Rangga Bawono, dkk. Optimalisasi Potensi Desa Di Indonesia. Jakarta: Grasindo, 2019.

Imsar. Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Tingkat Pengangguran Terbukadi Indonesia Periode 1989-2016. Jurnal, UIN Sumatera Utara, Volume 5.No.1 Januari – Juni 2018.

Jaribah Bin Ahmad Al-Haritsi, Fiqh UMAR Bin Al-Khatab, (Jeddah: Dar Al-

Andalaus Al-Khadra‟, 2003), 135.

Juliana Nasution, Analisis Faktor-Faktor Kepatuhan Membayar Zakat Profesi Serta Dampaknya Terhadap Keberkahan Harta Muzakki (Studi Kasus di Dompet Dhuafa Waspada). Jurnal FEBI UIN Sumatera Utara. 2017

Lubis, AY. “Pengembangan Usaha, Repository.Usu.Ac.Id>bitstream, Pdf,†(n.d.): h. 9.

Lucy M Long. Wisata Kuliner. The University of Kentucky Press, 2014.

Mayasari, Ira. “Analisis Potensi Wisata Kuliner Alam Pengemnagan Pariwisata Di Kota Pontianak Kalimantan Barat†(2021)

Marliyah, dkk. The Effect Of E- Servicy Quality on Satisfaction and Its Impact on Customer Loyalty of Mobile Banking Users (Case Study of Bank Syariah Mandiri KCP Belawan.(2021), Jurnal FEBI UIN Sumatera Utara

Mc Clelland, David. C. 2014. Human Motivation. New York : Cambridge. University Press.

Minta Harsana. “Potensi Makanan Tradisional Sebagai Daya Tarik Wisata Kuliner Di D.I. Yogyakarta†(2018).

Muhammad. Metodologi Penelitian Ekonomi Islam: Pendekatan Kuantitatif. Jakarta: PT, Raja Grafindo Persada, 2016.

Muhammad Fahri Farid, HRD Syariah Teori dan Implementasi SDM Berbasis Syariah(Jakarta: Gramedia Pustaka Utama,2020), 202

Mudzakar, dkk. Eksplorasi Profil Demografik dan Psikografik. Kewirausahaan (Entrepreneurship) Mahasiswa Bandung. Seminar Nasional (2011)

Nurul Amalia. “Peran Kuliner Dalam Meningkatkan Citra Destinasi Pariwisata Pantai Lmpuuk Di Aceh Besar†(2019).

M.Zacky Mubarak Lubis, “Prospek Destinasi Wisata Halal Berbasis Ovop (One VillageOne Product)â€. Jurnal Kajian Ekonomi Islam .3, No.1 ( Januari – Juni 2018)

Prof. Dr. Hj. Aisjah Girinda “Dari Sertifikat Menuju Labelisasi Halal†(Jakarta:PustakaJurnal Halal, 2008), h. 25

R, David dan Fred. Manajemen Strategi: Konsep-Konsep. Jakarta: INDEKS Kelompok Gramedia, 2006.

Rahma, Susilowati, & Purwanti. “Minat Wisatawan Terhadap Makanan Lokal Kota Semarang Tourists’ Interest to Local Food in Semarang. Jurnal Ekonomi Dan Pembangunan Indonesia†(2017): 53-74.

Rahmani, Nur Ahmadi Bi. “Metodologi Penelitian Ekonomi.†(Medan: FEBI UINSU PRESS (2016).

Rahmi Syahriza. “Pariwisata Berbasis Syariah (Telaah Makna Kata Sara Dan Devisanya Dalam Al-Quran), Human Falah Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Islam†(2014): 1 (2) : 135-145.

RI, Departemen Agama. Alquran Dan Terjemahan. Jakarta: Media Publishing, 2022.

Rimsky K. Judisseno. Branding Destinasi Dan Promosi Pariwisata. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 2019.

Sajilan, Sulaiman dan Tehseen, Shehnaz. (2015). Cultural Orientations,

Entrepreneurial Competencies and SMEs Business Succes: The Contingent

Roles of Environmental Turbulence and Network Competence. Mediterranean

Journal of Social Sciences. Vol 6 No 1. January 2015. Page 20-35. ISSN :

-1013.

Sanjaya, Wina. Penelitian Pendidikan. Jakarta: Preda Media Grup, 2013.

Soenardi, Y Tuti. Teori Dasar Kuliner. Jakarta: Gramedia Pustaka Umum, 2013.

Sri Wahyuningsih. “Starategi Pengembangan Potensi Kuliner Lokal Dalam Menunjang Kegiatan Pariwisata Di Kawasan Ekonomi Khusu Mandalika Kabupaten Lombok Tengah†(2019).

Statistik, Badan Pusat. Kota Medan Dalam Angka. Medan, 2022.

Subagyo, Ahmad. Studi Kelayakan teori dan Aplikasi, Jakarta: Gramedia . 2016

Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2007.

Suryadana dan Bayu 2015. Pengantar Pemasaran Pariwisata. Bandung: Alfabeta

Syahbudi, Muhammad. UMKM Dan Digital Entrepreneurshi. Depok: Rajawali Pres, 2020.

Syiva Fauziah. “Pengembangan Potensi Wisata Kuliner Dan Belanja Provinsi Jawa Tengan†(2019).

Tarigan, Azhari Akmal. “Metodologi Penelitian Ekonomi Islam.†Medan: La-Tansa Press (2011).

Widyatmaja, Suwena &. Pengetahuan Dasar Ilmu Pariwisata. Denpasar: Pustaka larasan, 2017.

“Kamus Besar Bahasa Indonesia†(n.d.): h. 538.

“Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 18 Tahun 2002†(n.d.).

Yusrizal. Strategi Pengembangan Pariwisata halal Di Propinsi Sumatera Utara. Jurnal FEBI UINSU, 2018.




DOI: https://doi.org/10.36987/ebma.v4i1.4325

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Hasil gambar untuk committee on publication ethics logo
 

Jurnal ini mengikuti pedoman dari Committee on Publication Ethics (COPE) dalam menghadapi semua aspek etika publikasi dan, khususnya, bagaimana menangani kasus penelitian dan kesalahan publikasi. Pernyataan ini menjelaskan etika perilaku semua pihak yang terlibat dalam proses penerbitan artikel di jurnal ini, termasuk Penulis, Pemimpin Redaksi, Dewan Redaksi, Mitra Bebestari, dan Penerbit (Akademi Kepolisian Republik Indonesia). Ekonomi Bisnis Manajemen dan Akuntansi (EBMA) berkomitmen untuk mengikuti praktik terbaik tentang masalah etika, kesalahan, dan pencabutan. Pencegahan malpraktek publikasi merupakan salah satu tanggung jawab penting dewan redaksi. Segala jenis perilaku tidak etis tidak dapat diterima, dan jurnal tidak mentolerir plagiarisme dalam bentuk apa pun.

 

Ekonomi Bisnis Manajemen dan Akuntansi (EBMA)
Journal URL: https://jurnal.ulb.ac.id/index.php/ebma/index
Journal DOI: 10.36987/ebma
e-ISSN : 2746-2137

p-ISSN : 2746-5330

Alamat Redaksi :
Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Labuhanbatu
Gedung Fakultas Ekonomi dan Bisnis,
Jalan Sisingamangaraja No.126 A KM 3.5 Aek Tapa, Bakaran Batu, Rantau Sel., Kabupaten Labuhan Batu, Sumatera Utara 21418