Analisis SWOT Strategi Pemasaran Produk Unit Link Asuransi Syariah (Studi Kasus Pada PT. Sun Life Financial Unit Syariah Cabang Medan)

Anysa Putri, Marliyah Marliyah, Zainarti Zainarti

Abstract


This study aims to determine the Marketing Strategy for Unit Link Sharia Insurance Products at PT. Sun Life Financial Sharia Unit Medan Branch. This study uses qualitative methods, data collection techniques with interview techniques and literature studies. Data were analyzed using the SWOT method to find out the right steps to market Unit Link products to prospective customers. The results of this study indicate that the Medan branch of Sun Life Syariah Unit has dared to compete in a competitive market competition. This can be proven by the existence of a marketing strategy, especially the marketing of Unit Link products implemented by the Sun Life Syariah Unit Medan Branch which includes several strategies, namely personal selling, building a network, providing excellent service or providing satisfactory facilities to increase customer trust and satisfaction, so that Existing customers will not run away from insurance. Based on the results of the SWOT analysis conducted, the company is in quadrant I, which means it must maintain growth and development of the company and not pose a threat to the company itself.


Keywords


Marketing Strategy, SWOT Analysis and Unit Link.

Full Text:

PDF

References


Al-Qur'an Yayasan Penyelenggara Penerjemah Penafsir, Al-Qur’an Dan Terjemahnya, DEPAG, Jakarta, 1989.

CNBC, My Money, https://www.cnbcindonesia.com/mymoney/20220118131517-74-308336/pengamat-unit-link-topang-pertumbuhan-premi-asuransi-2022. Pengamat : Unit Link Topang Pertumbuhan Premi Asuransi CNBC, Jakarta, 2022 diakses pada 17 April 2022.

Fred R. David Manajemen Strategis Konsep, Edisi 10, Salemba Empat, Jakarta, 2006.

Hermawan Kartajaya dan Muhammad Syakir Sula, Syariah Marketing, Mizan, Bandung, 2006.

Lie D, Et.al. Pengantar Bisnis, Medanatera, Medan, 2019.

Muri Yusuf, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif & Penelitian Gabungan,

Prenedamedia Group, Jakarta, 2014.

Nur Kholis, Asuransi Unit Link Syariah : Konsep dan Aplikasinya Dalam Perspektif Kepatuhan Syariah dan Benefit Bagi Nasabah Dengan ANP (Analytic Network Process) Di Yogyakarta. Medan: Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, 2019.

Thorik Gunara Sudibyo, Marketing Muhammad: Strategi Andal dan Jitu Praktis Bisnis Nabi Muhammad Saw. Madania Prima, Bandung.

Zainarti, Muhammad Syafrizal, Analisis Alasan Nasabah Dalam Memilih Pegadaian Syariah Sebagai Solusi Permasalahan Keuangan (Studi Kasus Produk RAHN) ), Ekonomi Bisnis Manajemen dan Akuntansi (EBMA), Medan, 2022.




DOI: https://doi.org/10.36987/ebma.v4i1.4332

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Hasil gambar untuk committee on publication ethics logo
 

Jurnal ini mengikuti pedoman dari Committee on Publication Ethics (COPE) dalam menghadapi semua aspek etika publikasi dan, khususnya, bagaimana menangani kasus penelitian dan kesalahan publikasi. Pernyataan ini menjelaskan etika perilaku semua pihak yang terlibat dalam proses penerbitan artikel di jurnal ini, termasuk Penulis, Pemimpin Redaksi, Dewan Redaksi, Mitra Bebestari, dan Penerbit (Akademi Kepolisian Republik Indonesia). Ekonomi Bisnis Manajemen dan Akuntansi (EBMA) berkomitmen untuk mengikuti praktik terbaik tentang masalah etika, kesalahan, dan pencabutan. Pencegahan malpraktek publikasi merupakan salah satu tanggung jawab penting dewan redaksi. Segala jenis perilaku tidak etis tidak dapat diterima, dan jurnal tidak mentolerir plagiarisme dalam bentuk apa pun.

 

Ekonomi Bisnis Manajemen dan Akuntansi (EBMA)
Journal URL: https://jurnal.ulb.ac.id/index.php/ebma/index
Journal DOI: 10.36987/ebma
e-ISSN : 2746-2137

p-ISSN : 2746-5330

Alamat Redaksi :
Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Labuhanbatu
Gedung Fakultas Ekonomi dan Bisnis,
Jalan Sisingamangaraja No.126 A KM 3.5 Aek Tapa, Bakaran Batu, Rantau Sel., Kabupaten Labuhan Batu, Sumatera Utara 21418