Pengaruh Pengembangan Usaha Terhadap Peningkatan Penjualan Dengan Kreativitas Bisnis Angkringan Sebagai Variabel Moderating (Studi Kasus Pada Bisnis Angkringan Kaum Millenial di Kecamatan Medan Barat Sumatera Utara)

Azizul Hakim Nugraha

Abstract


Angkringan, which is classified as a micro, small, and medium enterprise (MSME), has the potential to contribute to economic growth. Due to its low startup costs and relatively high revenue, angkringan can significantly enhance the economy. This research utilized a quantitative approach, employing the independent variable of Business Development (X), the moderating variable of Business Creativity (Z), and the dependent variable of Sales Improvement (Y). The sample consisted of 32 purposively selected angkringan businesses that had been operating for a minimum of one year. Primary data was collected through the distribution of questionnaires to the respondents. The data analysis techniques included validity tests, reliability tests, descriptive analysis, hypothesis testing, and Moderated Regression Analysis (MRA). The aim of this study was to determine the extent of the impact of business creativity on angkringan sales, providing motivation and insights for future endeavors. The results indicated that business development, moderated by business creativity, had a significantly positive influence on sales improvement. Therefore, it can be concluded that opening a business with creativity holds great potential for increasing sales.


Keywords


Angkringan, Business Development, Business Creativity, Sales Improvement, MRA.

Full Text:

PDF

References


Abbas Djamila, 2018, Pengaruh Modal Usaha, Orientasi Pasar, Dan Orientasi Kewirausahaan Terhadap Kinerja UKM Kota Makassar, Maluku Utara : Universitas Muhammadiyah Maluku Utara

Amirullah, 2015, Populasi Dan Sampel (pemahaman, jenis dan Teknik), Malang : Bayumedia Publishing

Ayu Sadriana, 2020, Uji Reliabilitas Instrumen Penggunaan SPADA(Sistem Pembelajaran dalam Jaringan), Jurnal ilmiah fakultas keguruan dan ilmu pendidikan, Universiti Teknologi Malaysia vol 6 No 1

Azizah Risyda, 2015, Angkringan Sebagai Unsur Tradisional Tempat Interaksi Sosial Masyarakat Perkotaan, Jakarta: UIN Jakarta

diakses dari liputan-medan.com/cerita-sebenarnya-medan-itu pada 09 desember 2021 pukul 20.45 WIB

Ernawati Andi, 2021 , Pengaruh Pajak Daerah Dan Dana Alokasi Khusus Terhadap Alokasi Belanja Modal Pemerintah Kota Palopo. Universitas Muhammadiyah Palopo

Harmis Anjan Restiana, 2020, Kreativitas Pengembangan Agrowisata Berbasis Regenerasi Petani Guna Meningkatkan Perekonomian Desa, Purwokerto : Institut Agama Islam Negeri Purwokerto

Hendrawan Andi, 2019, Dimensi Kreativitas dan Pengembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), Akademi Maritim Nusantara, Universitas Janabadra, Universitas Jenderal Soedirman

Husein Umar, 2005, Riset Pemasaran dan Perilaku Konsumen, Jakarta: Gramedia Pustaka Utama

Imsar,SEI, M.Si, 2018, Analisis Strategi Pengembangan Usaha Ucok Durian Medan, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Kota medan

Janna Nilda Miftahul, 2021, Konsep Uji Validitas Dan Reliabilitas Dengan Menggunakan SPSS, Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Darul Dakwah Wal-Irsyad (DDI) Kota Makassar, Indonesia

Juliasty Sari, 2009, Cerdas Mendapatkan Dan Mengelola Usaha, PT balai Pustaka.

Kabasarang Dian Christiani , Adi Setiawan, Bambang Susanto,2012, Uji Normalitas dengan menggunakan Statistik Jarque-Bera Yogyakarta: Seminar Nasional Pendidikan Matematika Ahmad Dahlan

Madiistriyatno Harries, 2020, Tantangan Membangun Komitmen Kerja/Bisnis dan Adversity quotient (AQ), Bandung: Widina Bhakti Persada

Martha Ongky, 2015, Pengaruh Produk, Harga, Tempat, Promosi Ritel Modern Terhadap Keberlangsungan Usaha Ritel Tradisional Di Gresik, Jawa Timur: Universitas Airlangga

Muhammad Syahbudi, Ekonomi Kreatif Indonesia Strategi Daya Saing UMKM Industri Kreatif Menuju Go Global, Medan : Merdeka kreasi Group

Muhammad yafiz, 2022, Analisis Pengaruh Pembiayaan, Pembinaan Promosi Terhadap Kemampuan Usaha Mikro Dan Peningkatan Kesejahteraan Usaha Mikro Pada Anggota Koperasi Syariah, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

Mustafa khamal rokan, 2013, Bisnis ala Nabi : teladan Rasulullah dalam berbisnis, PT. Bentang pustaka.

Nur Eko, 2016, Pengaruh Pemilihan Lokasi Terhadap Kesuksesan Usaha Berskala Mikro/Kecil Di Komplek Shopping Centre Jepara, Jawa Tengah: Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara.

Oktaviana Nita, 2017, Peluang Bisnis Angkringan di Kota Palangka Raya, Palangka Raya : Institut Agama Islam Negeri Palangkaraya

Peningkatan Positif COVID-19 di Medan Dalam Sebulan 52 Kasus Perhari - Regional Liputan6.com sw

Purnomo Rochmat Aldy, 2016, Ekonomi Kreatif Pilar Pembangunan Indonesia, Ziyad Visi Media.

Rohmiyati Yuli, 2018, Model Perilaku Pencarian Informasi Generasi Milenial, Semarang: Universitas Diponegoro,

Sri Ramadhani, 2019, Analisa Strategi Pemasaran Produk Asuransi dalam Meningkatkan Jumlah Nasabah Asuransi Jiwa Syariah Bumi Putera Medan, UINSU, Kota medan.

Subanti Sri dan Arif Rahman Hakim, 2014, Ekonometri, Yogyakarta: Graha Ilmu

Surya Dewi Luh , 2019, Angkringan sebagai Daya Tarik Generasi Baby Boomers, Jurnal Manajemen dan Bisinis, Volume 16, No. 1, Januari

Wibowo Dimas Hendika, 2015, Analisis Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Daya Saing UMKM, Malang : Universitas Brawijaya

Yusuf Muri, 2017, metode penelitian : kualitatif, kuantitatif, dan gabugan, interpratama mandiri, Kencana : Jakarta.

Diakses dari liputan-medan.com/cerita-sebenarnya-medan-itu pada 09 desember 2021 pukul 20.45 WIB

Diakses dari Peningkatan Positif COVID-19 di Medan Dalam Sebulan 52 Kasus Perhari - Regional Liputan6.com

Dikutip dari https://www.pariwisatasumut.net/2021/05/kesawan-city-walk-angkringan-medan.html

Dikutip dari https://konsistensi.com/2015/05/analisis-regresi-variabel-moderating.html

Dikutip dari https://bbs.binus.ac.id/business-creation/2017/07/kreatifitas-dalam-berbisnis.

Dikutip dari https://www.gramedia.com/literasi/pengertian - pertumbuhan - ekonomi /#Pengertian_ Pertumbuhan_Ekonomi.




DOI: https://doi.org/10.36987/ebma.v4i1.4338

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Hasil gambar untuk committee on publication ethics logo
 

Jurnal ini mengikuti pedoman dari Committee on Publication Ethics (COPE) dalam menghadapi semua aspek etika publikasi dan, khususnya, bagaimana menangani kasus penelitian dan kesalahan publikasi. Pernyataan ini menjelaskan etika perilaku semua pihak yang terlibat dalam proses penerbitan artikel di jurnal ini, termasuk Penulis, Pemimpin Redaksi, Dewan Redaksi, Mitra Bebestari, dan Penerbit (Akademi Kepolisian Republik Indonesia). Ekonomi Bisnis Manajemen dan Akuntansi (EBMA) berkomitmen untuk mengikuti praktik terbaik tentang masalah etika, kesalahan, dan pencabutan. Pencegahan malpraktek publikasi merupakan salah satu tanggung jawab penting dewan redaksi. Segala jenis perilaku tidak etis tidak dapat diterima, dan jurnal tidak mentolerir plagiarisme dalam bentuk apa pun.

 

Ekonomi Bisnis Manajemen dan Akuntansi (EBMA)
Journal URL: https://jurnal.ulb.ac.id/index.php/ebma/index
Journal DOI: 10.36987/ebma
e-ISSN : 2746-2137

p-ISSN : 2746-5330

Alamat Redaksi :
Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Labuhanbatu
Gedung Fakultas Ekonomi dan Bisnis,
Jalan Sisingamangaraja No.126 A KM 3.5 Aek Tapa, Bakaran Batu, Rantau Sel., Kabupaten Labuhan Batu, Sumatera Utara 21418