Pengaruh Harga, Kualitas, Dan Merek Terhadap Permintaan Minyak Goreng Menurut Perspektif Ekonomi Islam (Studi Kasus Ibu-ibu Rumah Tangga Di Sei Kera Hilir I Kec. Medan Perjuangan)

Alma Azahra, Tri Indha Fadhila Rahma, Reni Ria Armayani Hasibuan

Abstract


This study aims to determine the price has a positive and significant effect on the demand for cooking oil products. Which means that if the price of an item increases, people will reduce the quantity of the item demanded. Vice versa, people will increase the quantity of goods demanded if the price decreases. Quality has a positive and significant effect on the demand for cooking oil products. Which means the quality of goods to be one of the factors that affect the amount of demand for goods. Goods with good quality will be easily accepted in the market so that the demand for these goods increases, while goods with poor quality are difficult to accept in the market and the number of requests for these goods tends to decrease. Consumers are more interested in goods with good quality, compared to poor quality. Brand has a partial and significant effect on the demand for cooking oil products. Which means if a product brand matches the tastes or habits of consumers, then the demand for a product brand will increase. Increased tastes, followed by product brand trends that follow tastes, will increase the demand for these goods. Price, quality, and brand have a simultaneous and significant effect on the demand for cooking oil products. This is evidenced by the Fcount value of (5.442) greater than Ftable (2.73) and a sig value of 0.038 <0.05.


Keywords


Price, quality, Brand, Demand.

Full Text:

PDF

References


Aisyah Sriwahyuni, “Pengaruh Harga, Citra Merek, Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Samsung Pada Mahasiswa Uin Raden Fatah Palembang†(Uin Raden Fatah Palembang, 2018). h. 17.

Chris H Timotius, Pengantar Metodologi Penelitian (Yogyakarta: Andi, 2017). h. 16.

Dea Aurani Qiana dan Yenny Lego, “Pengaruh Kualitas Produk, Citra Merek, Dan Persepsi Harga Terhadap Keputusan Pembelian Masker Sensi Di Tangerang,†Jurnal Manajerial Dan Kewirausahaan 3, no. 3 (2021): 649–660.

Fera Fera dan Charisma Ayu Pramuditha, “Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Promosi, Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Handphone Xiaomi Di Kota Palembang,†Publikasi Riset Mahasiswa Manajemen 3, no. 1 (2021): 1–13.

Ikhlas, M., Hasid, Z., & Noor, A. (2021).Faktor–Faktor Yang MempengaruhiPermintaanAyamPedagingRas.JurnalIlmuEkonomiMulawarman (Jiem), 6(3).

Iswardono SP, “Teori Ekonomi Mikro†(Jakarta: Gunadarma, 2013). h. 89

Izzaty, “Kebijakan Pemerintah Dalam Mengatasi Panic Buying Akibat COVID-19,†Info Singkat 12, no. 1 (2020): 20–30.

Nandan Limakrisna J Supranto, “Perilaku Konsumen dan Strategi Pemasaran: untuk memenangkan persaingan bisnis†(2011). h. 77

Nur Ahmadi Bi Rahmani, Metodologi Penelitian Ekonomi (Medan: Febi Press UINSU, 2016). h. 7.

Philip Kotler dan Gary Amstrong, “Prinsip-prinsip Pemasaran, edisi kedelapan,†Jakarta: Erlangga 197 (2001). h. 345.




DOI: https://doi.org/10.36987/ebma.v4i1.4363

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Hasil gambar untuk committee on publication ethics logo
 

Jurnal ini mengikuti pedoman dari Committee on Publication Ethics (COPE) dalam menghadapi semua aspek etika publikasi dan, khususnya, bagaimana menangani kasus penelitian dan kesalahan publikasi. Pernyataan ini menjelaskan etika perilaku semua pihak yang terlibat dalam proses penerbitan artikel di jurnal ini, termasuk Penulis, Pemimpin Redaksi, Dewan Redaksi, Mitra Bebestari, dan Penerbit (Akademi Kepolisian Republik Indonesia). Ekonomi Bisnis Manajemen dan Akuntansi (EBMA) berkomitmen untuk mengikuti praktik terbaik tentang masalah etika, kesalahan, dan pencabutan. Pencegahan malpraktek publikasi merupakan salah satu tanggung jawab penting dewan redaksi. Segala jenis perilaku tidak etis tidak dapat diterima, dan jurnal tidak mentolerir plagiarisme dalam bentuk apa pun.

 

Ekonomi Bisnis Manajemen dan Akuntansi (EBMA)
Journal URL: https://jurnal.ulb.ac.id/index.php/ebma/index
Journal DOI: 10.36987/ebma
e-ISSN : 2746-2137

p-ISSN : 2746-5330

Alamat Redaksi :
Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Labuhanbatu
Gedung Fakultas Ekonomi dan Bisnis,
Jalan Sisingamangaraja No.126 A KM 3.5 Aek Tapa, Bakaran Batu, Rantau Sel., Kabupaten Labuhan Batu, Sumatera Utara 21418