Pengaruh Religiusitas Dan Pengetahuan Produk Bank Syariah Terhadap Keputusan Masyarakat Menabung Di Bank Syariah (Studi Kasus Masyarakat Kec. Air Joman)

Nur Rizky Ardianty Harahap, Uswah Hasanah

Abstract


This study aims to examine and determine the effect of religiosity and product knowledge of Islamic banks on people's decisions to save in Islamic banks. Research Methods This thesis is a type of quantitative research. This study uses one independent variable and one dependent variable. The independent variables in this study are religiosity and product knowledge, while the dependent variable in this study is people's interest in saving in Islamic banks. The data collection technique in this study was in the form of questionnaires distributed to 100 respondents. In analyzing the data, the researcher uses data analysis with several steps to test the validity of the data, test the reliability, test the simple regression and test the hypothesis. The results of the hypothesis test carried out show that the significance value for the influence of religiosity (X1) and product knowledge (X2) on people's decisions to save in Islamic banks (Y) is 0.000 <0.05 and fcount 589.875 > ftable value 3.090, so this proves that significantly Simultaneously, religiosity (X1), product knowledge (X2) has a positive and significant effect on people's decisions to save in Islamic banks (Y).


Keywords


Religiosity, Product Knowledge, and People's Decision To Save.

Full Text:

PDF

References


Hasanah, U. (2014). Riba dan Bunga Bank Dalam Prespektif Fiqih. Wahana Inovasi, 14–22.

Hidayat, A. R., & Trisanty, A. (2020). Analisis Market Share Perbankan Syariah di Indonesia. At-Taqaddum, 12(2), 183–200. https://doi.org/10.21580/at.v12i2.6449

Januar, A. (2016). Perbankan Syariah (Studi Pada Mahasiswa Universitas Brawijaya Malang). Jurnal Ilmiah, 24.

Mashuri. (2015). Analisis Keunggulan Produk Pembiayaan Perbankan Syariah. Jurnal Iqtishaduna, 112–122.

Minat, T., Sekolah, P., & Kejuruan, M. (n.d.). Available at : http://journal.uhamka.ac.id/index.php/jei. 10.

Najib, M. A., Sultan, U., Tirtayasa, A., & Banten, S. (n.d.). Penguatan prinsip syariah pada produk bank syariah. 15–28.

Nasrullah, M. (2015). No Title. 13(79), 79–87.

P.Siregar. (2020). No Title. Risiko Keuangan Dan Pengaruhnya Terhadap Profitabilitas Bank Syariah Di Indonesia, 5(1), 120.

Parastika, P., Hartini, T., & Amri, U. (2021). Pengaruh Religiusitas dan Pengetahuan terhadap Keputusan Menabung di Bank Syariah dengan Minat Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Intelektualita: Keislaman, Sosial Dan Sains, 10(1), 177–187. https://doi.org/10.19109/intelektualita.v10i1.8609

Pohan, S. (2016). Peranan Penggunaan Agunan Di Bank Islam Hubungannya Dengan Sistem Operasional Perbankan Syariah Di Medan. Intiqad: Jurnal Agama Dan Pendidikan Islam, 8(2), 102–119. https://doi.org/10.30596/intiqad.v8i2.732

Pradesyah, R. (2017). No Title. Analisis Pengaruh Non Performing Loan,Dana Pihak Ke Tiga ,Terhadap Pembiayaan Akad Mudharabah Dio Bank Syariah, 93–111.

Rahman, M. Z. (2021). Vernakularisasi Tafsir Ayat Suci Lenyepeneun Tentang Jual Beli Dalam QS. Al-baqarah Ayat 275 dan Relevansinya Terhadap Jual Beli Online. Ilmu Alq-Qur’an Dan Tafsir, 1, 68.

Rahmayati, Efri Kurnia, M. K. (2002). Problematika Profit Oriented Dalam Mempengaruhi Kualitas Bank Syariah Dikota Medan. Islamic Banking and Finance, 5 No 2, 480–487.

Ramdani, R. (n.d.). Etika Membelanjakan Harta Yang Benar Menurut Perspektif Surat.

Religiusitas, P., Bank, P., Pelayanan, D. A. N., & Preferensi, T. (2017). Diajukan untuk Memenuhi Salah Satu Syarat Penyelesaian Program Pendidikan Sarjana Program Studi Akuntansi.

RI, M. K. (2019). No TitleΕΛΕÎΗ. In Αγαη (Vol. 8, Issue 5).

Rusdianto, H. (2016). Pengaruh produk bank syariah terhadap minat menabung dengan persepsi masyarakat sebagai variabel moderating di pati. 4, 43–61.

Shakhila, N. (2023). PERMODALAN DI BANK SYARIAH , ANTARA CAPITAL ADEQUACY , NON-. 1, 100–107.

Sunanda, W. D. (2020). Pengaruh kepemimpinan islam dan religiusitas terhadap kinerja karyawan melalui kepuasan kerja karyawan sebagai variabel intervening (Studi kasus pada waroeng spesial sambal). Jurnal Ilmu Manajemen, 17(1), 20–36.

Suprihati, S., Sumadi, S., & Tho’in, M. (2021). Pengaruh Religiusitas, Budaya, Pengetahuan Terhadap Minat Masyarakat Menabung di Koperasi Syariah. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 7(1), 443. https://doi.org/10.29040/jiei.v7i1.1627

Syariah, D. B. (2022). Analisis Pengaruh Pengetahuan Produk dan Religiusits Terhadap Minat Menabung. 4(2).

Wiroso. (2007). Produk perbankan syariah.




DOI: https://doi.org/10.36987/ebma.v4i1.4438

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Hasil gambar untuk committee on publication ethics logo
 

Jurnal ini mengikuti pedoman dari Committee on Publication Ethics (COPE) dalam menghadapi semua aspek etika publikasi dan, khususnya, bagaimana menangani kasus penelitian dan kesalahan publikasi. Pernyataan ini menjelaskan etika perilaku semua pihak yang terlibat dalam proses penerbitan artikel di jurnal ini, termasuk Penulis, Pemimpin Redaksi, Dewan Redaksi, Mitra Bebestari, dan Penerbit (Akademi Kepolisian Republik Indonesia). Ekonomi Bisnis Manajemen dan Akuntansi (EBMA) berkomitmen untuk mengikuti praktik terbaik tentang masalah etika, kesalahan, dan pencabutan. Pencegahan malpraktek publikasi merupakan salah satu tanggung jawab penting dewan redaksi. Segala jenis perilaku tidak etis tidak dapat diterima, dan jurnal tidak mentolerir plagiarisme dalam bentuk apa pun.

 

Ekonomi Bisnis Manajemen dan Akuntansi (EBMA)
Journal URL: https://jurnal.ulb.ac.id/index.php/ebma/index
Journal DOI: 10.36987/ebma
e-ISSN : 2746-2137

p-ISSN : 2746-5330

Alamat Redaksi :
Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Labuhanbatu
Gedung Fakultas Ekonomi dan Bisnis,
Jalan Sisingamangaraja No.126 A KM 3.5 Aek Tapa, Bakaran Batu, Rantau Sel., Kabupaten Labuhan Batu, Sumatera Utara 21418