Analisis Penyebab Tunggakan Pembayaran Rekening Air Pelanggan pada Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Sari Binjai

Mutiara Mutiara, Saparuddin Siregar

Abstract


PDAM Tirta Sari Binjai is a company engaged in the provision and service of clean water for the people of Binjai and its surroundings. PDAM Tirta Sari Binjai's operations finance itself from PDAM Tirta Sari's revenue for customers who use PDAM Tirta Sari's services. However, the revenue received by PDAM Tirta Sari is not optimal due to the high level of customer arrears at PDAM Tirta Sari Binjai. The purpose of this study is to find out what factors can cause arrears in customer water payments at the Tirta Sari Binjai Regional Drinking Water Company (PDAM). This study uses a descriptive method with a qualitative approach. This research was also conducted through interviews/interviews, observation and analysis of documents when conducting research. The results showed that the factors that led to arrears were: 1) The customer's water meter was buried, 2) The door or fence of the customer's house was locked, 3) The customer's water was small or completely turned off, 4) Notification of arrears was not delivered by the officer, 5 ) The habit of customers to delay payments, 6) Lack of officers to make terminations, 7) Per capita income of customers has decreased due to the covid-19 pandemic.


Keywords


Water Account Payment Arrears, Customers, Customer Satisfaction, PDAM.

Full Text:

PDF

References


Adriansyah. M. Nurwani. (2022). Analisis Faktor-Faktor yang Menyebabkan Tunggakan Pembayaran Rekening Air Pelanggan pada Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirtanadi Cabang Medan Kota. 9067-9075.

Akbar, Andri. (2010). Gambaran Umum PDAM di Indonesia, Google, Diunduh melalui: andiakbar.blogspot.com/2018/gambaran-umum-pdam-di-indonesia.html., pada Mei 2023.

Dewi. V. I., (2006), Perkembangan Sistem Pembayaran di Indonesia. 10 (2) : 1 – 128.

Narasumber. (2023). Faktor-faktor Penyebab Tunggakan Pembayaran Rekening Air.

Sambuaga, J. (2015), Pengaruh Perilaku Konsumen Terhadap Tunggakan Rekening Listrik pada PT. PLN (PERSERO) wilayah Suluttenggo Area Manado. Politeknik Negeri Manado.

Utara, U.-U. N. 3 T. 2018. T. P. D. A. M. T. P. S. (2018). Peraturan Daerah Sumatera Utara Nomor 3 Tahun 2018 Tentang Perusahaan Daerah Air Minum Tirtanadi Provinsi Sumatera Utara (Issue 3).




DOI: https://doi.org/10.36987/ebma.v4i1.4568

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Hasil gambar untuk committee on publication ethics logo
 

Jurnal ini mengikuti pedoman dari Committee on Publication Ethics (COPE) dalam menghadapi semua aspek etika publikasi dan, khususnya, bagaimana menangani kasus penelitian dan kesalahan publikasi. Pernyataan ini menjelaskan etika perilaku semua pihak yang terlibat dalam proses penerbitan artikel di jurnal ini, termasuk Penulis, Pemimpin Redaksi, Dewan Redaksi, Mitra Bebestari, dan Penerbit (Akademi Kepolisian Republik Indonesia). Ekonomi Bisnis Manajemen dan Akuntansi (EBMA) berkomitmen untuk mengikuti praktik terbaik tentang masalah etika, kesalahan, dan pencabutan. Pencegahan malpraktek publikasi merupakan salah satu tanggung jawab penting dewan redaksi. Segala jenis perilaku tidak etis tidak dapat diterima, dan jurnal tidak mentolerir plagiarisme dalam bentuk apa pun.

 

Ekonomi Bisnis Manajemen dan Akuntansi (EBMA)
Journal URL: https://jurnal.ulb.ac.id/index.php/ebma/index
Journal DOI: 10.36987/ebma
e-ISSN : 2746-2137

p-ISSN : 2746-5330

Alamat Redaksi :
Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Labuhanbatu
Gedung Fakultas Ekonomi dan Bisnis,
Jalan Sisingamangaraja No.126 A KM 3.5 Aek Tapa, Bakaran Batu, Rantau Sel., Kabupaten Labuhan Batu, Sumatera Utara 21418