Indexing metadata

THE EFFECT OF COOPERATIVE DISCOVERY LEARNING MODEL ASSISTED BY LEARNING VIDEO ON STUDENTS' CRITICAL THINKING ABILITY


 
Dublin Core PKP Metadata Items Metadata for this Document
 
1. Title Title of document THE EFFECT OF COOPERATIVE DISCOVERY LEARNING MODEL ASSISTED BY LEARNING VIDEO ON STUDENTS' CRITICAL THINKING ABILITY
 
2. Creator Author's name, affiliation, country Irwan Febryan; Universitas Triatma Mulya; Indonesia
 
2. Creator Author's name, affiliation, country I Made Aditya Dharma; Universitas Triatma mulya; Indonesia
 
2. Creator Author's name, affiliation, country Made Padmarani Sudewiputri; Universitas Triatma Mulya; Indonesia
 
2. Creator Author's name, affiliation, country Ni Made Ignityas Prima Astuti; Universitas Triatma Mulya; Indonesia
 
3. Subject Discipline(s)
 
3. Subject Keyword(s)
 
4. Description Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh yang signifikan penggunaan model pembelajaran discovery learning (DL) berbantuan video pembelajaran terhadap kemampuan berpikir kritis mahasiswa pada mata kuliah pengantar Pendidikan. setelah disampaikan model discovery learning berbantuan video pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (quasi experimental) dengan desain the non equivalentcontrol grup design. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa PGSD semester 1 universitas Triatma Mulya tahun akademik 2022/2023. Sampel diambil dengan menggunakan teknik random sampling yaitu kelas A sebagai kelas kontrol dan kelas B sebagai kelas eksperimen. analisis data Dalam penelitian ini menggunakan uji-t yang dianalisis menggunakan spss versi 16. Instrument dalam penelitian ini berupa lembar observasi dan soal pre-test post-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Model discovery learning (DL) berbantuan video pembelajaran Terdapat pengaruh yang signifikan dalam matakuliah pengantar Pendidikan menggunakan model discovery learning (DL) berbantuan video pembelajaran. Hal Ini Terlihat Dari Hasil Uji Independentsample T-test Yang Menunjukkan Nilai Sig. (2-tailed) Kurang Dari 0,05 yaitu 0,000 < 0,05.

 
5. Publisher Organizing agency, location Universitas Labuhanbatu
 
6. Contributor Sponsor(s)
 
7. Date (YYYY-MM-DD) 2023-04-17
 
8. Type Status & genre Peer-reviewed Article
 
8. Type Type
 
9. Format File format PDF
 
10. Identifier Uniform Resource Identifier https://jurnal.ulb.ac.id/index.php/eduscience/article/view/3576
 
10. Identifier Digital Object Identifier (DOI) https://doi.org/10.36987/jes.v10i1.3576
 
11. Source Title; vol., no. (year) JURNAL EDUSCIENCE; Vol 10, No 1 (2023): Jurnal Eduscience (JES), (Authors from Algeria and Indonesia)
 
12. Language English=en en
 
13. Relation Supp. Files
 
14. Coverage Geo-spatial location, chronological period, research sample (gender, age, etc.)
 
15. Rights Copyright and permissions Copyright (c) 2023 Irwan Febryan, I Made Aditya Dharma, Made Padmarani Sudewiputri, Ni Made Ignityas Prima Astuti
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.