EDUKASI PENGELOLAAN LIMBAH RUMAH TANGGA MENJADI PUPUK ORGANIK CAIR DI DESA PEMATANG JOHAR KECAMATAN LABUHAN DELI KABUPATEN DELI SERDANG- SUMATERA UTARA

Sri Wahyuni, Nur’Ain Harahap, Anny Sartika Daulay, Leni Handayani

Abstract


Potensi limbah rumah tangga  yang dihasilkan masyarakat di Desa Pematang Johar cukup tinggi. Limbah merupakan sesuatu yang sudah dianggap tidak berguna yang berasal dari sisa kegiatan manusia yang dibuang ke lingkungan. Limbah rumah tangga sudah menjadi persoalan serius bagi masyarakat perkotaan maupun pedesaan , keterbatasan lahan, kemampuan pemerintah daerah dan keengganan masyarakat dekat dengan tempat pembuangan sampah merupakan kendala persoalan sampah di perkotaan. Penumpukan limbah dalam jangka panjang akan berakibat pada pencemaran lingkungan. Permasalahan utama dalam kegiatan pengabdian masyarakat adalah Kurangnya pengetahuan tentang pemanfaatan limbah rumah tangga menjadi pupuk organik cair, belum memiliki pengetahuan tentang langkah-langkah pembuatan pupuk organic cair, kurangnya motivasi dalam melakukan kegiatan pengolahan limbah rumah tangga, menjadi pupuk  organik cair.   Metode yang diterapkan dalam kegiatan ini berupa workshop dan pendampingan praktik pembuatan pupuk organik cair berbahan Limbah Rumah Tangga serta aplikasinya pada tanaman . Hasil pendampingan menunjukkan bahwa petani memahami pengetahuan tentang pupuk organik cair , cara pembuatannya dan aplikasinya dan dari hasil kuisioner yang diperoleh terjadi peningkatan wawasan pengetahuan dari 10 % menjadi 80%.


Full Text:

PDF

References


Dewanto, FG., J.J.M.R. Londok., R.A.V. Tuturoong., W.B. Kaunang. 2013. Pengaruh Pemupukan Anorganik dan Organik terhadap Produksi Tanaman Jagung sebagai Sumber Pakan. Jurnal Zootek. (32) 5: 4 – 10.

Dinas Pertanian Kabupaten Boalemo. 2013.Luas Lahan Pertanian di DesaPermata Kecamatan Paguyaman Tahun 2013.Pemda Kabupaten Boalemo.

Fikrinda, Iswandi A, Tresnawati P, Dwi A. 2000. Isolasi dan seleksi bakteri penghasil selulase ekstremofil dari ekosistem air hitam. Jurnal MikrobiologiIndonesia, 5(2): 48-53.

Gaur AC. 1981. A Manual of Rural Composting. InImproving Soil Fertility Through Organic Recycling. Indian Agricultural Research Institute.New Delhi.

Simanungkalit, RDM., Rasti Saraswati., Diah Setyorini., Iwik Hartatik. 2013. Pupuk Organik dan Pupuk Hayati. Balai Besar Litbang Sumberdaya LahanPertanian. Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian. Bogor.




DOI: https://doi.org/10.36987/ikabinaenpabolo.v2i1.2392

Refbacks

  • There are currently no refbacks.