EDUKASI PADA IBU HAMIL DAN IBU MENYUSUI TENTANG INISIASI MENYUSU DINI (IMD) DAN KEBERHASILAN ASI EKSKLUSIF DI POSYANDU NIAT MULIA BERHATI LAPANG KAMPUNG MELAYU KOTA PEKANBARU

Elly Susilawati, Septi Indah Permata Sari, Agus Anjar

Abstract


Menyusui merupakan investasi terbaik untuk kelangsungan hidup serta meningkatkan kesehatan, perkembangan sosial, ekonomi individu dan bangsa. Berbagai studi melaporkan bahwa pelaksaan IMD akan meningkatkan keberhasilan ASI eksklusif. Dampak dari rendahnya cakupan IMD akan berlanjut kepada rendahnya cakupan ASI eksklusif dan meningkatkan kejadian diare, penyakit infeksi saluran pernafasan (ISPA) dan juga kurang gizi pada masa balita dan kematian balita. Secara umum terdapat berbagai faktor penyebab kegagalan praktek IMD dan ASI eksklusif seperti ibu bekerja, tidak dukungan keluarga, tidak adanya pendampingan dari bidan, rendahnya pengetahuan dan  sikap ibu, budaya yang turun temurun, gencarnya promosi susu formula, kelainan putting susu ibu, dan lain-lain. Pengabdian kepada masyarakat ini dilakukan untuk mengedukasi dan menambah pengetahuan ib hamil dan ibu menyusui tentang pentingnya IMD demi keberhasilan dalam pemberian ASI Eksklusif pada bayi dan balitanya.


Full Text:

PDF

References


Balitbangkes. 2019. Target Peningkatan Pemberian ASI Eksklusif.

https://www.google.com/search?client=firefox-b d&q=Balitbangkes.+2019.+++Target+Peningkatan+Pemberian+ASI+Eksklusif.

Promkes Kemenkes RI. 2019. Pekan ASI Sedunia Tahun 2019.

https://promkes.kemkes.go.id/pekan-asi-sedunia-tahun-2019

Noer, Ratna Etika; Muis, Siti Fatimah; Aruben, Roni. 2011. Praktik IMD dan Pemberian ASI Eksklusif, studikualitatif pada dua Puskesmas , Kota Semarang. Media Medika Indonesiana. Volume 45 No 3 Tahun 2011.

Yanto, Nopri; Verawati, Besti. 2022. PKM Peningkatan Pengetahuan Ibu Tentang Inisiasi Menyusun Dini Desa Simpang Kubu. Community Development Journal. Vol.3, No. 1 Februari 2022, Hal. 47-49.




DOI: https://doi.org/10.36987/ikabinaenpabolo.v2i1.2510

Refbacks

  • There are currently no refbacks.