PELATIHAN PENINGKATAN KEMAMPUAN KADER POSYANDU DALAM MEMBERIKAN PENYULUHAN MP-ASI DI DESA TANAH MERAH KABUPATEN KAMPAR

Yanti Yanti, Lailiyana Lailiyana, Siska Helina

Abstract


Kegiatan pengabdian masyarakat ini merupakan salah satu upaya untuk mewujudkan Tri Dharma perguruan tinggi. Pelaksanaan kegiatan telah dilaksanakan pada bulan Agustus sampai dengan Desember tahun 2020 (5 bulan), yang berlokasi di Desa Tanah Merah Kecamatan Siak Hulu Kabupaten Kampar Riau. Sasaran pengabmas adalah kader Posyandu Desa Tanah Merah yang berjumlah 32 orang peserta dari 10 Posyandu yang berada wilayah kerja Puskesmas Siak Hulu. Bentuk pengabmas yang telah dilakukan berupa pelatihan bagi kader, kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan dan kemampuan kader dalam memberikan penyuluhan MP-ASI pada ibu bayi Balita. Kegiatan yang sama telah dilakukan pada kader Desa Tanah Merah tahun 2019, yang menjadi pelatihan tahap 1. Besar harapan Kepala Desa pada tim pengabmas untuk dapat terus bekerja sama dalam rangka pemberdayaan masyarakat, berdasarkan hal tersebut maka pelaksanaan pengabmas ini dilanjutkan pada tahun 2020. Pelaksanaan kegiatan pelatihan dalam bentuk pembekalan materi, demonstrasi membuat MP-ASI, praktik penyuluhan di Posyandu dan evaluasi penerapan di lapangan. Tempat pelatihan telah dilaksanakan di aula kantor desa dan kegiatan praktik penyuluhan di Posyandu. Dari evaluasi yang dilakukan melalui uji pre-post tes dan observasi penyuluhan kader, didapatkan hasil peningkatan pengetahuan dan kemampuan kader dalam memberikan penyuluhan MP-ASI sebagai upaya pencegahan stunting di Kabupaten Kampar. Pemberian ASI Eksklusif yang adekuat dan MP-ASI yang tepat sesuai usia bayi akan dapat memenuhi kecukupan nutrisi bayi Balita, sehingga angka kejadian stunting di Riau dapat di turunkan.


Full Text:

PDF

References


Arisman. (2011). Perbaikan Gizi Anak.Jakarta: EGC

Bennu, dkk. (2012). Hubungan Pemberian MP-ASI dengan Status Gizi Bayi 6-12 Bulan di Posyandu Kurusumange Kab Maros. Poltekkes Kemenkes Makasar Vol.1 No.4 Tahun 2012 ISSN:2302-1721.

Dep Kes RI (2010). Pemberian MP-ASI. Direktorat Gizi Masyarakat, Direktorat Jenderal Kesehatan Masyarakat. Jakarta.

Handayani. (2012). Posyandu untuk Anak.Jakarta : Erlangga

Nurastrini, Vania Retno. (2014). Jenis MP-ASI, Frekuensi dan Waktu Pemberian MP-ASI Sebagai Faktor Risiko Kejadian Gizi Lebih pada Bayi Usia 6-12 Bulan di Kota Magelang. Journal of Nutrition College Vol.3 No.1 Tahun 2014.

Mufida, dkk. (2015). Prinsip Dasar MP-ASI untuk Bayi Usia 6-24 Bulan. Jurnal Pangan dan Agroindustri Vol.3 No.4 p.1646-1651 September 2015.

Muthmainnah, Fithriatul. (2010). Faktor-faktor yang Berhubungan dengan Ibu dalam Memberikan MP-ASI di Puskesmas Pamulang. Prodi Ilmu Keperawatan Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan, Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah. Jakarta.

Riskesdas. (2013). Riset Kesehatan Dasar. Jakarta: Kemenkes

Riskesdas. (2018). Riset Kesehatan Dasar. Jakarta: Kemenkes

WHO. (2003). Global Strategy for Infant and Young Child. World Health Organization. Geneva.




DOI: https://doi.org/10.36987/ikabinaenpabolo.v2i1.2546

Refbacks

  • There are currently no refbacks.