Usaha Keripik Ubi Ungu Dalam Menambah Pendapatan Ekonomi Keluarga Di Desa Kampung Baru Janji

Junita Junita, Toni Toni, Rohana Rohana, Vika Sagita Munthe, Misdani Pohan, Novika Sari, Rahayu Mei Sabrina, Rapita Harahap

Abstract


Ubi jalar ungu merupakan salah satuu bahan baku yang mudah didapatkan di Desa Kampung Baru Janji yang lokasihnya dekat dengan pasar. Tujuan utama dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah untuk menerapkan pemanfaatan ubi jalar yaitu ubi ungu terhadap penjualan aneka produk olahan ubi jalar ungu untuk dapat meningkatkan ekonomi keluarga. Pengabdian kepada masyarakat ino juga diharapkan tidak hanya menambah pengetahuan ibu-ibu dalam pembuatan produk tetapi juga mampu menerapkan strategi pemasaran dengan memperhatikan kualitas produk, kamasan, estetika tampilan kemasan, branding dan labeling. Metode yang digunakan adalah dengan menggunakan metode partipasif, penyuluhan, pendampingan dan pelatihan. Hasil yang diperoleh dari pelaksanaan pengabdian kepada masyarkat ini yaitu mampu memanfaatkan makanan olahan dari ubi jalar ungu menajadi ekonomi tinggi. Pelasanaan kegiatan secara keseluruhan berjalan dengan peserta sangat antusias dalam mengikuti selama kegiatan. Harapan perserta agar kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dapat dilaksanakan secara berkesinambungan oleh Universitas Labuhanbatu, karena melalui kegiatan ini dapat menambah pengetahuan mereka khususnya dalam hal pengembangan makanan olahan.


Full Text:

PDF

References


Anggraeni, N., & Subari, S. (2020). Pendapatan Dan Nilai Tambah Pengolahan Ubi Jalar Ungu Di UdGanesha Kecamatan Pacet Kabupaten Mojokerto. Agriscience, 1(2), 429-447.

Novita, T., Evita, E., & Jasminarni, J. (2021). Pengembangan Hasil Budidaya Ubi Jalar Ungu Organik Berbasis Inovasi Produk Di Desa Jujun. Jurnal Karya Abdi Masyarakat, 5(3), 1-8.

Paramita, M., Muhlisin, S., & Palawa, I. (2018). Peningkatan ekonomi masyarakat melalui pemanfaatan sumber daya lokal. Qardhul hasan: media pengabdian kepada masyarakat, 4(1), 19-30.

Sanjaya, R., Lukito, C. P., & Yusuf, A. (2022). Pengembangan Pangan Olahan Ubi Jalar Bernilai Ekonomi Tinggi Sebagai Peluang Usaha Di Masa Pandemi Covid-19. Batuah: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 2(1), 1-12.

Zain, E. M., Mufti, D., Iriani, L. D., Jamil, A., Amin, M., & Rahayu, A. (2022). Pelatihan Produksi dan Strategi Pemasaran Kripik Ubi Jalar Di Kelurahan Pal Putih Kota Sorong. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 86-95.




DOI: https://doi.org/10.36987/ikabinaenpabolo.v1i1.3500

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.