Meningkatkan Taraf Ekonomi Masyarakat Dengan Manajemen Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Di Desa Pinang Damai

Agus Anjar, Toni Toni, Nuriansyah Hasibuan, Sari Putri Handayani, Bunga Yuliana

Abstract


Kegiatan usaha mikro  kecil dan menengah (UMKM) merupakan salah satu bidang usaha yang dapat berkembang dan konsisten dalam perekonomian nasional. Usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) menjadi wadah yang baik bagi penciptaan lapangan pekerjaan yang direncanakan baik oleh pemerintah, swasta dan pelakunya usaha perorangan. usaha mikro kecil menengah (UMKM) merupakan kegiatan usaha yang mampu memperluaslapangan kerja,memberikan pelayanan ekonomi secara luas kepada masyarakat,berperan dalam proses pemerataan dan peningkatan pendapat masyarakat, mendorong pertumbuhan ekonomi,dan berperan dalam mewujud kan stabilitas nasional peran penting tersebut telah mendorong desa pinang damai untuk terus berupaya meningkat kan daya saing dalam menghadapi masyarakat ekonomi. Namun beberapa pengusaha terkendala dengan meningkatnya harga bahan baku, keterbatasan sumber daya manusia, memiliki permasalahan dalam permodalan, kurangnya sarana dan prasarana serta kurangnya akses pemasaran produk.


Full Text:

PDF

References


Abdul Halim. 2020. Pengaruh Pertumbuhan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah Terhadap Pertumbuhan Ekonomi di desa pinang damai.

Ariani & Utomo, M. N. 2017. Kajian Strategi Pengembangan Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (UMKM) Di Kota Tarakan. Jurnal Organisasi dan Manajemen, Volume 13, Nomor 2

Barney, 2009.Industri Kreatif Usaha Mikro, Kecil dan Menengah. ITBBandung: Inkubator Industri dan Bisnis

Erwin Rijanto. 2015. Profil Bisnis, Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah (Umkm), Jakarta : Lembaga Pengembangan Perbankan Indonesia

Ghalib Agfa (Polnaya), 2015 Strategi Pengembangan Ekonomi Lokal Untuk Meningkatkan Daya Saing Pada Ukm Ekonomi Kreatif Batik Bakaran Di Pati, Jawa Tengah. Fakultas Ekonomika Dan Bisnis Universitas Diponegoro Semarang.




DOI: https://doi.org/10.36987/ikabinaenpabolo.v1i1.3508

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.