Sosialisasi Penting Akte Kelahiran Bagi Penduduk Warga Negara Indonesia di Desa Bandar Kumbul

Muhammad Khoirul Ritonga, Mila Nirmalasari Hasibuan, Rohana Rohana, Siska Andriani, Enni Ersari, Elvi Salviani

Abstract


Peran Pemerintah Daerah sangat dibutuhkan dalam peningkatan pelayanan dan peningkatan kesadaran keluarga untuk peningkatan pemenuhan cakupan kepemilikan akta kelahiran.Sudah menjadi rutinitas pemerintah Desa Bandar Kumpul melalui Dinas Kependudukan dan catatan sipil (Dispenduk-capil) Kabupaten Labuhanbatu untuk melakukan sosialisasi guna memberikan informasi kepada masyarakat mengenai pentingnya dokumen kependudukan. Berdasarkan keterangan yang ada, bahwa dalam desa Bandar Kumpul yang berada di Kabupaten Labuhanbatu ini dalam segi pendidikan dapat dikategorikan cukup baik, karena terbukti dengan bnyaknya lulusan-lulusan sekolah tinggi. Namun, masih ada sebagian masyarkat yang dikategorikan tidak mampu yang belum bisa melanjutkan sekolahnya ke tingkat tinggi, karena keterbatasan biaya yang ada. Berdasarkan hal tersebut, meskipun tingkat pendidikan dalam desa Bandar Kumpul dapat di katakan cukup baik, namun setelah ditelusuri, masih banyak masyarakat-masyarakat yang belum mempunyai dokum-dokumen penting tersebut. Setelah dilakukan observasi yang lebih jauh, ternyata kendalanya itu terdapat ketidaktahuan masyarakat mengenai pentingnya dokumen-dokumen tersebut untuk dirinya, ada juga yang berasalan karena malas mengurusnya karena jauh. Pengumpulan data dan informasi dilakukan melalui wawancara mendalam (indepth-interview) dengan informan yang berasal dari Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu serta aparat Desa Bandar Kumpul. Selain itu dilakukan studi literatur dan telaahan dokumen yang relevan dengan permasalahan penelitian. 


Full Text:

PDF

References


Alwany, T. (2020). Strategi Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Dalam Pelayanan Kepemilikan Akta Kelahiran Bagi Anak-Anak Panti Asuhan Di Kota Makasar. Jurnal Ilmu Pemerintahan Suara Khatulistiwa, 5(1), 69-80.

Bachruddin, D. T., Fernanto, G., Darma, B. A., & Oktaviana, O. (2020). Kebijakan Pemerintah Provinsi Banten Dalam Peningkatan Cakupan Akta Kelahiran Di Wilayah Kabupaten Serang Dan Kota Serang. Jurnal Kebijakan Pembangunan, 15(2), 151-162.

Haerudin, H., & Wiradisastra, W. (2022). Sosialisasi Pentingnya Dokumentasi Negara Pada Warga Desa Kampung Sawah. Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Dan Pengabdian Universitas Buana Perjuangan Karawang, 2(1), 2358-2365.

Nurdin, M. (2018). Problematika Yuridis Pencatatan Kelahiran Bagi Warga Keturunan Tionghoa dan Arab di Binjai (Studi Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Binjai).

Setiawan, H. H. (2017). Akte Kelahiran Sebagai Hak Identitas Diri Kewarganegaraan Anak. Sosio Informa: Kajian Permasalahan Sosial dan Usaha Kesejahteraan Sosial, 3(1).




DOI: https://doi.org/10.36987/ikabinaenpabolo.v1i1.3509

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.