Pengendalian Dari Orang Tua Untuk Anak Tentang Penggunaan Internet Di Balai Desa Bandar Tinggi

Toni Toni, Siti Zahara Saragih, Rahma Muti Ah, Siti Suharni, Sonia Febriyani, Ade Reza Anzeli, Cindy Fatiha Nabila

Abstract


Perkembangan internet memberikan dampak yang luar biasa terhadap penggunanya, internet memberikan kemudahan untuk mendapatkan segala inormasi baik itu positif maupun negatif oleh semua kalangan. Akses internet oleh anak tanpa didampingi oleh orang tua dapat menimbulkan dampak negatif yang lebih besar daripada dampak positifnya. Hal tersebut dapat merusak kehidupan moral dan sosial mereka serta mempengaruhi pandangan hidup mereka sehingga melahirkan perangai yang buruk. Hal pertama yang harus dilakukan untuk mencegah dampak buruk tersebut ialah orang tua harus mengawasi, memberi arahan serta memberikan batasan kepada anak-anak karena orang tua selaku lingkungan terdekat mereka. Kegiatan ini bertujuan untuk mengedukasi para orang tua betapa pentingnya pengawasan penggunaan internet yang sehat dan aman kepada anak agar terhindar dari dampak negatif internet. Kegiatan ini dilakukan dengan menggunakan metode sosialisasi atau penyuluhan kepada para orang tua di Desa Bandar Tinggi.

Full Text:

PDF

References


Adi, Tri Nugroho. 2017. Pola Pengawasan Orang Tua Terhadap Aktivitas Anak di Dunia Maya: Studi Kasus Pada Keluarga dengan Anak Remaja Usia 12-19 Tahun. Vol. 13 No. 02.

Ahmad Tasir, Metodelogi Pengajaran Agama Islam, Bandung: Remaja Rosdakarya, 1997.

Hidayanto, F., & Zidni Ilmi, M. (2015). Pentingnya internet sehat. Jurnal Inovasi Dan Kewirausahaan, 4(1), 21-24.

Hoffman, P. dan Harris, S. 2006. The Tao of IETF: A Novice’s Guide to the Internet Engineering Task Force. Network Working Group. Michigan.

Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka, 2005.

Utami, Pratiwi dan Ali Mubarak. 2018. Model Pengasuhan Anak Terkait Penggunaan Internet Di Asia Jurnal Psikologi. Universitas Islam Bandung

Ybarra ML, Diener-West M and Lea PJ. 2007. Examining the overlap in Internet harassment and school bullying: Implication for school intervention. Dalam Journal of Adolescent Health 41: S42-50.




DOI: https://doi.org/10.36987/ikabinaenpabolo.v1i2.3512

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.