Meningkatkan Taraf Ekonomi Masyarakat dengan Managemen Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Desa Pinang Damai

Agus Anjar, Toni Toni, Juli Asmini, Muhammad Andre Syahputra, Novika Vebriana, Rahmadoniati Sinaga

Abstract


Usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) menjadi wadah yang baik bagi penciptaan lapangan pekerjaan yang direncanakan baik oleh pemerintah, swasta dan pelakunya usaha perorangan. Kegiatan ini bertujuan untuk melihat peningkatan ekonomi masyarakat sekitar Desa Pinang Damai dengan adanya usaha UMKM, memberikan kesadaran akan pentingnya melakukan tata kelola persediaan, pemasaran dan pembukuan sederhana pada berbagai UMKM di beberapa sektor. Kegiatan sosialisasi pengabdian masyarakat ini dilakukan di lokasi Desa Pinang Damai, Kecamatan Torgamba, Kabupaten Labuhanbatu Selatan, Sumatera Utara. Dalam kegiatan pengabdian pada masyarakat ini, memberikan penyuluhan kepada masyarakatt tentang, Meningkatkan Taraf Perekonomian Masyarakat dengan Managemen Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di Desa Pinang Damai. pengabdian masyrakat ini meng gunakan metode wawancara dan sosialisasi langsung di Desa Pinang Damai, Kecamatan Torgamba, Kabupaten Labuhanbatu Selatan. Ada beberapa tahapan dalam rencana melakukan kegiatan sosialisasi pengabdian masyarakat di Desa Pinang Damai ini yaitu : Melaksanakan survey lapangan dan koordinasi dengan perangkat desa, Melakukan persiapan dan menetapkan jadwal pelaksanaan kegiatan pengabdian masyarakat, Menyampaikan materi pengelolaan persediaan dan melakukan pendampingan terhadap proses pengelolaan persediaan, Menyampaikan materi pemasaran dan pembukuan. Hasil yang diharapkan dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah menambahnya pengetahuan tentang UMKM.


Full Text:

PDF

References


Anggraeni Dkk. Pengembangan Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah (Umkm) Melalui Fasilitasi Pihak Eksternal Dan Potensi Internal. Jurnal Administrasi Publik (Jap). 1(6). (Hal. 1286 & 1289).

Asmawati, T. & Supriyono. Pemberdayaan Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah Sebagai Upaya Peningkatan Pertumbuhan Ekonomi Pedesaan Di Masyarakat Kecamatan Manyaran Kabupaten Wonogiri. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Akuntansi Dan Keuangan. (Hal. 254 & 255).

Suci, Yr. Percepatan Pembangunan Ekonomi Melalui Pengembangan Umkm. Jurnal Development. (Hal. 72).

Suryawirawan Dkk. (2021). Pelatihan Pengelolaan Persediaan, Pemasaran Dan Pembukuan Sederhana Untuk Umkm Desa Pakis Kecamatan Kunjang Kabupaten Kediri. Jurnal Abadimas Adi Buana. 4(02). (Hal.122 & 123).

Wahyudi Dkk. (2022). Peningkatan Ekonomi Masyarakat Sekitar Trini Kecamatan Gamping Sleman Dengan Adanya Usaha Umkm Art Strawberry Jogja. 9(1). (Hal.31).

Yakin, Ma. Percepatan Pembangunan Ekonomi Melalui Pengembangan Umkm. Diakses Pada )19 November 2022).




DOI: https://doi.org/10.36987/ikabinaenpabolo.v1i2.3516

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.