Sosialisasi Kewirausahaan Terhadap Kemampuan Enterpreneurship Mahasiswa PPKn Universitas Labuhanbatu

Junita Junita, Siti Zahara Saragih, Toni Toni, Agus Anjar, Panggih Nur Adi, Rohana Rohana, Wenny Mahliana, Liza Ardayani, Tasya Hariska

Abstract


Sosialisasi kewirausahaan merupakan salah satu bentuk Pengabdian Kepada Masyarakat yang dilakukan di Universitas Labuhanbatu dan targetnya adalah Mahasiswa Prodi PPKn. Salah satu upaya yang dilakukan oleh Pemerintah adalah dengan menyelenggarakan Program Kewirausahaan sebagai bentuk implementasi dari Kebijakan Mandiri Belajar-Kampus Mandiri (MBKM). Tujuan dari program ini adalah untuk memberikan kesempatan seluas-luasnya bagi Mahasiswa untuk terlibat dalam kegiatan wirausaha sehingga diharapkan dapat terbentuk karakter yang mandiri. Adapun tujuan kegiatan pengabdian ini yaitu untuk mengembangkan kemampuan Mahasiswa dalam bidang kewirausahaan. Hasil yang diharapkan dari kegiatan ini adalah untuk menambah pengetahuan dan juga  memberikan informasi kepada Mahasiswa terhadap pengetahuan dalam berwirausaha yang diperoleh selama kegiatan. Hasil pengabdian menggambarkan bahwa: 1) Pemahaman Mahasiswa Program Studi PPKn Universitas Labuhanbatu tentang kewirausahaan di umum relatif rendah 2) proses internalisasi nilai kewirausahaan dalam pembentukan pembentukan karakter mandiri peserta didik dilakukan melalui berbagai jalur pendidikan 3) mendukung faktor internalisasi nilai kewirausahaan kepada siswa.


Full Text:

PDF

References


Alma, B. 2010. Kewirausahaan. Bandung: Alfabeta.

Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi. 2010. Panduan Program Mahasiswa Wirausaha.

Kasmir (2004). Ke-wirausahaan Edisi Revisi. Jakarta: PT Jakarta: PT. Raja Grafindo.

Suharti, L & Sirine, H. 2011' "Faktor-faktor yang Berpengaruh terhadap Niat Kewirausahaan (Studi terhadap Mahasiswa Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga)". Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan, 2. September 2012.

Trianto (2010). Mendesain Model Pembelajaran: Konsep, Landasan, dan Implementasinya pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana Prenada.




DOI: https://doi.org/10.36987/ikabinaenpabolo.v2i1.3526

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.