Sosialisasi Pembuatan Handsanitizer Pada Masa Pandemi Covid 19 di Desa Tanjung Medan Kabupaten Labuhanbatu

Siti Zahara Saragih, Rahma Muti Ah, Junita Junita, Rohana Rohana

Abstract


Hand sanitizer adalah cara praktis untuk membersihkan tangan dari kuman yang menempel, namun kebiasaan ini tidak dilakukan oleh masyarakat luas dikarenakan harga yang tinggi dan banyaknya permintaan. Hand sanitizer merupakan bahan yang sudah menjadi kebutuhan di masyarakat dalam pandemi covid-19. Perilaku hidup sehat dan bersih adalah upaya dalam mencegah penularan covid-19, dengan menggunakan masker, sabun cuci tangan serta cairan antibakterial sebagai proteksi untuk mencegah virus masuk ke dalam tubuh. Pengabdian masyarakat ini bertujuan sebagai salah satu upaya dalam pencegahan virus covid-19 pada masa pandemic di Desa Tanjung Medan Kabupaten Labuhanbatu. Hal ini disebabkan karena pada kenyataannya, masih terdapat masyarakat yang abai terhadap peraturan pemerintah seperti tidak menggunakan masker, tidak mencuci tangan dan tidak menggunakan Hand sanitizer. Oleh karena itu sosialisasi Hand sanitizer dari bahan alam ini dapat menjadi trobosan baru dalam pemanfaatan sumber daya alam serta menumbuhkan kebiasaan mencuci tangan di masyarakat, terkhusus masyarakat Desa Tanjung Medan Kabupaten Labuhanbatu. Metode sosialisasi yang digunakan adalah metode langsung yang disampaikan dengan pemaparan materi dan simulasi praktek pembuatan Hand sanitizer. Apresiasi dan antusias masyarakat cukup baik sehingga dapat dikatakan sosialisasi berjalan dengan lancar serta keefektifan fungsi Hand sanitizer dalam membunuh bakteri juga sangat diperhitungkan sesuai dengan anjuran Organisasi Kesehatan Dunia atau WHO (World Health Organization) yaitu mengandung alkohol dengan konsentrasi kurang lebih 70%.


Full Text:

PDF

References


Kurang, R.Y., Dollu, E.A. dan Alelang, I.F. (2020). Pelatihan Pembuatan Hand sanitizer dari Bahan Alami di Desa Otvai. Jurnal Abdimas Bina Bangsa. 1 (1). 137-142.

Utami, P.R. dan Octavia, D.R. (2020). Pelatihan Pembuatan Handsanitizer dan Pembagian “Siaga Kit’ Sebagai Upaya Pencegahan Covid-19 di Lamongan. JPM (Jurnal Pemberdayaan Masyarakat). 5(2), 477 – 485.

Yanti, Etri, Nova Fridalni, dan Harmawati. 2020. Mencegah Penularan Virus Corona.

jurnal Abdimas Saintika Vol. 2 No.1, 33-39.

Yamali, F. R., & Putri, R. N. (2020). Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Ekonomi Indonesia. Ekonomis: Journal of Economic and Business, 4 (2) 384–388.

Yunus, N. R., dan Rezki, A. (2020). Kebijakan Pemberlakuan Lockdown Sebagai Antisipasi Penyebaran Corona Virus Covid-19. SALAM: Jurnal Sosial Dan Budaya Syar-I, 7(3),227–238




DOI: https://doi.org/10.36987/ikabinaenpabolo.v2i1.3527

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.