Pentingnya Penanaman Nilai Dan Prinsip Anti Korupsi Pada Perangkat Desa Di Desa Bandar Kumbul

Muhammad Khoirul Ritonga, Rohana Rohana, Nadia Aulia, Pertiwi Munthe, Isni Majidah, Ayu Hantika, Nurhayati Nurhayati

Abstract


Korupsi di Indonesia seperti lumut yang tumbuh subur di musim hujan. Tidak hanya di sektor pemerintahan saja, bahkan korupsi di Indonesia juga terjadi dalam berbagai sektor. Sosialisasi ini dilatar belakangi oleh banyaknya para masyarakat yang belum mengerti tentang pentingnya penanaman nilai dan prinsip anti korupsi. Target pengabdian pada masyarkat adalah masyarkat di desa Bandar Kumbul Kecamatan Bilah Barat, Kabupaten Labuhanbatu, Pelaksanaan sosialisasi ini di lakukakan di Desa Bandar Kumbul, Kecamatan Bilah Barat, Kabupaten Labuhanbatu yang melibatkan dosen /staf pengajar dan mahasiswa/I Universitas Labuhanbatu. Bertujuan agar masyarakat setidaknya paham akan dampak yang ditimbulkan dari perbuatan korupsi ini. Kegiatan sosialisasi pengabdian masyarakat ini diharapkan adalah menambahnya pengetahuan tentang nilai dan prinsip apa saja yg ada di anti korupsi Dengan demikian, masyarakat bisa mengembangkan sikap dan perilaku yang didasari oleh nilai dan prinsip anti korupsi, diharapkan juga kepada masyarakat agar dapat mengembangkan nilai dan prinsip anti korupsi ini maka diperlukan pembiasaan, penyadaran, pengamalan dan keteladanan.


Full Text:

PDF

References


Burhanuddin, A.A. (2021). Strategi Penanaman Nilai-Nilai Anti Korupsi Pada Mahasiswa. SALIMIYA : Jurnal Studi Ilmu Keagamaan Islam, 2(2).

Faizah, S.N & Shaleh, F.R. (2018). Penanaman Nilai Anti Korupsi Melalui Sosialisasi Pendidikan Anti Korupsi Di Mi Bustanut Thalabah. Abdimas Berdaya : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2).

Kristiono, N. (2018). Penanaman Nilai Antikoroupsi Bagi Mahasiswa Fis Unnes Melalui Mata Kuliah Pendidikan Anti Korupsi. REFLEKSI EDUKATIKA : Jurnal Ilmiah Kependidikan, 9(1).

Kurniawan, MW & Lutfiana, RS. (2021). Strategi Penanaman Nilai-Nilai Antikorupsi. Bhineka Tunggal Ika : Kajian Teori dan Praktik Pendidikan PKN, 8(1).

Suryani, I. (2013). Penanaman Nilai Anti Korupsi Di Perguruan Tinggi Sebagai Upaya Preventif Pencegahan Korupsi. Jurnal Visi Komunikasi, 12(2).




DOI: https://doi.org/10.36987/ikabinaenpabolo.v2i1.3528

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.