Sosialisasi Menanamkan Nilai-Nilai Pancasila Di Desa Marbau Selatan

Rohana Rohana, Junita Junita, Siti Zahara Saragih, Panggih Nur Adi, Puji Rahayu, Anwar Fransisco, Putri Permadini Rasti

Abstract


Mengenal  Pancasila  sejak  dini sangat  penting  untuk  dilakukan  agar  rasa  cinta akan   tanah   air   dapat   ditanamkan   sedari   dini. Sosialisasi Menanamkan Nilai-nilai Pancasila Di Desa Marbau Selatan ini di laksanakan karena  di  latar  belakangi  oleh  banyaknya  anak-anak, remaja, orang tua serta masyarakat  yang  belum  mengerti  tentang nilai-nilai pancasila.  Kegiatan  ini  bertempat di desa Marbau Selatan Kegiatan sosialisasi ini tujuannya agar masyarakat desa Marbau Selatan dapat menerapkan dan menanamkan  nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari mengingat   Pancasila   adalah   Dasar   Negara   Indonesia.   Negara   Indonesia   sendiri merupakan  Negara  yang  bersifat  multikultural,  hal  ini  terbukti  dengan  banyaknya  ragam suku, ras, agama, serta aneka budaya yang ada di dalamnya. Banyaknya ragam budaya ini tercermin  dalam  semboyan  Pancasila  yakni  Bhineka  Tunggal  Ika  yang  artinya  berbeda-beda tetapi tetap satu jua. Pancasila sebagai dasar Negara harus mampu menjadi jiwa bagi setiap  perilaku  pribadi-pribadi bangsa.  Dengan  menanamkan  nilai -nilai  Pancasila  sejak dini, Bangsa Indonesia akan lebih kuat dan tangguh dalam menghadapi permasalahan. Oleh karena itu perlu diwujudkannya Pancasila dalam hidup bermasyarakat untuk menunjukkan identitas bangsa yang lebih bermartabat dan berbudaya tinggi. Hal inilah yang diharapkan dapat diterapkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari. Menanamkan nilai-nilai Pancasila sangat tepat apabila diberikan kepada anak-anak, remaja, orang tua serta masyarakat. Hal ini dimaksudkan agar terbiasa dengan perbuatan dan tingkah laku yang sesuai dengan nilai-nilai Pancasila. Hal ini bisa dilakukan dengan memberikan bimbingan kepada masyarakat dan pembelajaran tentang Pancasila dengan metode dialog,Subjek penelitian merupakan pihak-pihak yang menajadi sasaran penelitian atau sumber yang dapat memberikan informasi yang dipilih secara purposif bertalian dengan tujuan tertentu. Agar memperoleh infomasi yang valid dan kompeten maka sampel penelitian adalah sebagai berikut : Pemerintah (desa), Masyarakat setempat, Akademisi. Dari hasil penelitian diketahui dalam menanamkan nilai-nilai pancasila masih belum banyak dukungan dari masyarakat serta kesadaran akan perilaku yang mencerminkan nilai pancasila sebagai penguatan karakter bangsa. Hal ini perlu adanya dukungan dan dorongan dari berbagai pihak yang berwenang.


Full Text:

PDF

References


Damanhuri, D., Bahrudin, F. A., Legiani, W. H., & Rahman, I. N. (2016). Implementasi Nilai-Nilai Pancasila Sebagai Upaya Pembangunan Karakter Bangsa. Untirta Civic Education Journal, 1(2).

Marhayani, D. A., & Indraswati, D. (2020). Penanaman Nilai-Nilai Pancasila Pada Masyarakat Daerah Perbatasan Indonesia). JurnalRontal Keilmuan Pancasila dan Kewarganegaraan, 6(1), 25-28.

Setyaningsih, E., Wahyuni, N., Canta, D. S., & Hermawansyah, A. (2022). Sosialisasi Implementasi Pancasila Terhadap Perilaku Remaja. Jompa Abdi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 45-50.

Shodiq, M., & Maimunah, S. (2022, January). Menanamkan Nilai-Nilai Pancasila In Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat (Vol. 1, No. 1, pp. 1005-1015).

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Kualitatif. Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Wardana, D. J., Handayani, A., Rahim, A. R., Sukaris, S., & Fauziyah, N. (2021). Sosialisasi Pentingnya Nilai–Nilai Pancasila. DedikasiMU: Journal of Community Service, 3(1), 770-778.




DOI: https://doi.org/10.36987/ikabinaenpabolo.v2i2.3529

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.