Sosialisasi Pentingnya Adiministrasi Penduduk di Desa Bandar Kumbul

Muhammad Khoirul Ritonga, Toni Toni, Agus Anjar, Panggih Nur Adi, Cindy Dwi Ritonga, Muhammad Al-Qori, Dwi Yuliana

Abstract


Kegiatan Sosialisasi tentang Pentingnya Administrasi Penduduk ini merupakan bagian dari kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat yang dilaksanakan di Desa Bandar Kumbul, Kecamatan Bilah Barat, Kabupaten Labuhanbatu. Pengabdian kepada masyarakat ini dilakukan oleh Dosen dan Mahasiswa Universitas Labuhanbatu dibantu oleh perangkat Desa. Target pengabdian kepada masyarakat ini yaitu kelompok masyarakat di Desa Bandar Kumbul.Permasalahan yang dihadapi Pemerintah Desa Bandar Kumbul yaitu kurangnya pengetahuan warga akan pentingnya memiliki dokumen-dokumen kependudukan, kurangnya informasi tentang bagaimana cara pengurusan kepemilikan dokumen-dokumen kependudukan, dan adanya informasi yang salah bahwa mengurus dokumen-dokumen kependudukan itu mahal dan sulit. Tujuan dilaksanakannya kegiatan sosialisasi ini adalah agar masyarakat memahami dan menyadari akan pentingnya kepemilikan dokumen-dokumen kependudukan bagi warga negara.


Full Text:

PDF

References


Ali, Faried. 2011. Teori dan Konsep Administrasi: Dari Pemikiran Paradigmatik Menuju Redefinisi. Jakarta: Rajawali Press.

Anggara, Sahya. 2012. Ilmu Administrasi Negara (Kajian Konsep, Teori dan Fakta Dalam Upaya Menciptakan Good Governance). Bandung: CV. Pustaka Setia.

Undang-UndangNomor 23 Tahun2013tentangAdministrasiKependudukan

Undang-Undang Nomor 24 tentang Administrasi Kependudukan

Undang-UndangNomor 12 Tahun 2006tentang Kewarganegaraan Republik Indonesia

UndangUndang Dasar1945 Pasal 26 ayat1tentangStatus Kewarganegaraan RepubikIndonesia




DOI: https://doi.org/10.36987/ikabinaenpabolo.v2i2.3532

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.